10 Kiat Bisnis Lewat Sosial Media

Beikut ini kami berikan ulasan tips dalam berbisnis di sosial media :

Syarat pertama pastikan Anda telah mempunyai akun sosial media yang terkenal, saat ini ( misal : Facebook, twitter, dsb).

1) Facebook telah memiliki fasilitas “ Check-in”, yang sangat tepat untuk bisnis, contohnya cafe, restaurant. Pastikan calon pelanggan Anda dapat menandai chcek-in tersebut. Serta Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut pada Facebook Page bisnis Anda supaya bisnis semakin dikenali banyak orang.

2) Foursquare (http://id.foursquare.com/), dapat membantu Anda dalam mengakses nama-nama orang yang telah check-in, maka Anda dapat mengetahui beberapa kebiasaan mereka sebagai pelanggan serta memudahkan tugas Anda dalam menjadikannya pelanggan setia.

3) Anda dapat mempersiapkan bisnis Anda dengan “Facebook Graph Search” dimana orang dapat menemukan semua bisnis lokal sesuai dengan yang mereka sukai.

4) Keaktifan Anda memposting kegiatan bisnis Anda di twitter secara rutin. Misalnya saat pelanggan bisnis Anda, event yang Anda lakukan, promosi, produk Anda, dsb. Anda dapat  berpromosi dengan memberikan insentif atau voucher diskon pada followers yang bersedia men-tweet atau memposting di Facebook tentang bisnis Anda. Maka teman – teman followers juga akan mengenal bisnis Anda.

5) Membuat Akun di Linkedin.com. profil Anda di Linkedin dapat mempengaruhi bisnis Anda karena mesin pencarian seperti Google.com memberikan ranking profil Linkedin lebih tinggi dibandingkan dengan media sosial lainnya. Pastikan Anda memiliki akun di Linkedin dan tetap update di media sosial itu, serta jangan lupa agar terhubung pada bisnis lain yang sejenis dengan industri bisnis Anda.

6) You Tube, situs milik Google ini juga dapat dikatakan sebagai mesin pencari terbesar ke-2 setelah Google, jadi sangat direkomendasikan untuk Anda. Anda dapat membuat video mengenai pengalaman bisnis Anda dan meng-upload ke channel youtube.

7) Daftarkan bisnis Anda pada Yelp.com. situs ini  dapat menggabungkan ulasan terkait bisnis Anda dengan fitur sosial yang jauh lebih besar. Anda perlu melakukan pelacakan percakapan di Yelp tentang bisnis Anda, dan memastikan pengunjung di masa yang akan datang menyukai apa yang mereka baca.

8) Mengatur Agenda pertemuan Anda. Lalu promosikan kegiatan Anda tersebut di media sosial seperti Facebook, Twitter, dsb. Biasanya orang-orang akan merasa senang untuk menghadiri kegiatan yang Anda buat jika mereka merasa bisa mendapatkan informasi, nilai tambah, akses, diskon atau jaringan.

9) Postinglah gambar – gambar atau foto kegiatan yang berhubungan dengan bisnis Anda ke media sosial. Jangan lupa tandai orang – orang yang ada dalam foto – foto tersebut, dengan begitu mereka juga akan mau membagi foto-foto bisnis Anda ke teman-teman mereka juga.

10) Posting artikel juga dapat berisi tentang kegiatan bisnis Anda, pengalaman Anda, event yang Anda adakan, berita atau informasi yang dapat berhubungan dengan topik bisnis Anda. Tetaplah berfokus pada isi yang kaya informasi dan pengoptimalan judul posting, tags dalam setiap postingan yang Anda tampilkan.

Semoga 10 tips untuk membangun bisnis lewat sosial media ini, dapat bermanfaat bagi usaha atau bisnis Anda, serta menarik pembaca untuk menjadikan media sosial tidak hanya untuk bersilaturahmi, namun juga menjadi sarana untuk berbisnis.  Salam sukses.

sumber : http://www.bisnisdariinternet.com/10-kiat-bisnis-lewat-sosial-media/

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *