7 alasan pelajar memberikan contekan

Beberapa alasan Siswa memberi contekan

1. Peduli
Dalam posisi ini agan ingin menolong atau membantu temen agan yang tidak bisa dalam mengerjakan soal-soal. Mungkin jika hanya tugas agan bisa membantu dengan mengajarkannya. Jika posisinya saat ulangan atau ujian, mungkin agan-agan akan merasa kasihan dan memberi jawaban agan kepada orang tersebut. Biasanya sih ke temen deket atau pacar

 2. Ingin Sombong
Nah kalau yang ini mungkin agan-agan semua pernah mengalami/ pernah melihat temen yang sombong.

“Yang mana yang ga bisa?”
“Yang ini mah gampang, gitu aja ga bisa”
Dengan nada yang menentang, agan-agan bisa merasakan sendiri bahwa orang tersebut ingin dipandang hebat oleh temennya.

3. Sistem Kerja Sama 
Ini kategori yang bisa saling menguntungkan. “Eh lo kerjain no 1 sampai 5, gue 6 sampai 10”. Di posisi ini dapat menghemat waktu untuk mengerjakannya. Menjadikan keuntungan antara 1 sama lain.Tapi ada juga kerugiannya misalnya kerja sama 10 orang (kurang lebih 3-4 orang yang kerjain, sisanya nyalin)

4. Takut Disangka Pelit 
Wah bisa ga enak nih sama temen kalo gue ga ngasih jawaban. Nanti disangka pelit gara-gara ga mau ngasih, alias ngasih jawaban dengan “Terpaksa”. Kalau ga ngasih nanti banyak omongan tentang gue yang jelek-jelek. “Pelit dia mah” dan sebagainya. Ohh nooo…gimana dong?? Mau tetep ngasih apa ga itu sih terserah agan

5. Takut Pada Orang Tersebut
Biasanya hal ini terjadi karena adanya penindasan atau juga pada orang yang suka dibully.
Alhasil orang yang dibully diminta untuk membantunya. Secara terpaksa mau ga mau memberi contekan karena adanya rasa takut pada orang tersebut.. “Yah dari pada gue nanti dijailin, yaudah deh gue kasih aja” (ngomong dalam hati )

6. Dibayar
“Bantuin gue bro, nanti gue traktir baso”. Atau bisa juga ngebantuin dia nanti agan dibayar uang cash, kan enak juga tuh buat nambah-nambah uang jajan. Biasanya sih orang yang royal yang ga pelit, yang mau traktir agan karena udah kasih contekan. Tapi ada juga nih nanti kalau minta uang/ minta traktir soalnya udah dikasih contekan, malah disangka itungan sama temen Harus pinter-pinternya agan juga gimana ngomong sama temen agan.

7. Menjadikan Investasi
Hmm ini sih sebenernya gabungan dari no 1-6. Sekalinya baik ngasih contekan, nanti ada pandangan sendiri dari temen agan. “Nanti gue duduk sama lu ya pas ulangan Matematika” Kalau sekalinya dibayar kan enak, tiap dia nyontek ditrantir mulu. Pokoknya orang akan melihat bagaimana agan menyikapinya jika ada yang ingin nyontek ke agan.

 

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/5311a657c2cb1704568b458a
http://asalasah.blogspot.com/2014/04/7-hal-penyebab-pelajar-memberi-contekan.html
You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *