akan ada internet dengan kecepatan 160Gbps ?

Merdeka.com – Sebuah inovasi besar tengah dikembangkan oleh para peneliti dari California Institute of Technology. Memanfaatkan cahaya dari sinar laser, mereka mencoba menciptakan sambungan internet paling cepat di dunia.

Seperti yang dilansir oleh Washington Post (17/3), para peneliti itu mengaku telah menemukan sebuah jenis sinar laser yang mampu melipatgandakan bandwidth dari sambungan internet paling cepat yang ada saat ini. Dengan begitu, kecepatan internet yang mampu dialirkan lewat kabel serat optik akan kalah telak dengan teknologi ini.

Memangnya, bisakah laser digunakan untuk mengaliri internet? Jawabannya bisa.

Di masa sekarang, data lebih mudah dialirkan lewat cahaya ketimbang sinyal listrik. Di jaringan dengan backbone kabel tembaga, alur jaringan akan kalah cepat dan biasanya mengalami penurunan kualitas jika jaraknya jauh. Tidak begitu dengan backbone cahaya.

Hal ini telah dibuktikan oleh Amnon Yariv yang memenangkan National Medal of Science atas temuannya. Dirinya menyatakan bahwa sinar laser ternyata meningkatkan aliran internet empat kali lebih cepat dari backbone yang ada saat ini.

“Dengan channel tunggal yang ada saat ini, misalnya, 40Gbps, akan meningkat jadi 160Gbps,” katanya.

Sementara itu, peneliti China sebelumnya telah menemukan terobosan baru dalam hal internet murah. Disebutkan, peneliti tersebut mampu mengalirkan internet tidak lagi dengan Wi-Fi, namun lewat bohlam lampu.

Seperti yang dilansir ZDNet (18/10), kabar ini pertama kali dilaporkan oleh harian China, Xinhua News. Dituliskan, dengan teknologi yang kemudian dinamakan Li-Fi ini, ternyata sinyal wireless bisa dikirimkan lewat bohlam lampu.

Sebuah lampu LED dengan daya 1 watt disebutkan mampu mengaliri hingga empat komputer dengan internet. Prinsipnya, cahaya LED tersebut menggantikan gelombang radio tradisional untuk mengirimkan data.

http://www.merdeka.com/teknologi/terobosan-baru-internet-tercepat-dengan-gunakan-sinar-laser.html

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *