anda flu? mbeler terus? Mengetahui Kondisi Kesehatan Berdasarkan Warna Ingus

Jakarta – Saat ingus mulai keluar terus-menerus dari hidung dan Anda menyekanya dengan tisu, jangan langsung membuang tisu tersebut. Perhatikan dengan saksama warna lendir yang keluar. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di dalam saluran pernapasan Anda tersebut.

Berikut informasi mengenai jenis warna dan risiko penyakit yang mungkin dialami, seperti dikutip dari Men’s Health, Senin (17/3/2014):

1. Kuning kehijauan

Ingus yang berwarna kuning kehijauan menandakan Anda sedang mengalami infeksi. Warna hijau pada lendir muncul akibat enzim yang diproduksi sel darah putih, yang berfungsi melawan infeksi. Meskipun demikian, dibutuhkan pemeriksaan lebih detail untuk menentukan apakah itu virus atau bakteri.

“Sebagian besar infeksi sinus akut berhubungan dengan infeksi pernapasan yang disebabkan oleh virus,” ujar Erin K. O’Brien, MD, ahli dari Mayo Clinic Rochester.

Jika lendir tersebut semakin banyak, bahkan dalam waktu lebih dari sepekan, ada kemungkinan infeksi virus telah berkembang menjadi infeksi bakteri. Jika gejala tidak membaik setelah 10 hari maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan lebih lanjut.

2. Bening

Jika muncul lendir berwarna bening dan jernih, maka kemungkinan Anda mengalami alergi. Alergi memicu selaput lendir untuk menghasilkan histamin, yang kemudian menyebabkan sel-sel tubuh Anda memproduksi lebih banyak lendir. Anda bisa mengonsumsi obat anti-histamin untuk membantu menghentikan produksi lendir yang berlebihan.

3. Merah atau berdarah

Darah atau ingus kemerahan kemungkinan besar disebabkan oleh udara kering. “Seperti bibir pecah-pecah, jaringan tipis di celah-celah hidung juga bisa luka,” ungkap O’Brien.

Oleh sebab itu, Anda mungkin perlu meningkatkan kelembaban ruangan di sekitar Anda.

4. Kuning keabuan

Menurut O’Brien, lendir hidung yang berwarna kuning keabuan mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki polip hidung. Polip adalah pertumbuhan daging kecil yang kemungkinan besar disebabkan oleh selaput lendir yang rusak.

Gejala polip di antaranya mati rasa di salah satu lubang hidung, sumbatan, dan hilangnya indra penciuman. Polip biasanya terbentuk dari pembengkakan atau iritasi jangka panjang di jaringan hidung akibat alergi atau asma.

5. Abu-abu

Jika Anda memiliki ingus berwarna abu-abu dan mencium adanya aroma yang tak enak, bisa jadi Anda mengalami infeksi sinus jamur. Infeksi sinus jamur dapat terjadi karena cedera sebelumnya pada hidung atau adanya peradangan pada hidung dalam jangka panjang. Selain itu, kondisi ini juga bisa muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah.

http://health.detik.com/read/2014/03/17/113205/2527732/763/1/beda-warna-ingus-beda-pula-kondisi-kesehatannya?l992202755

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *