bagaimana hukum pajak di indonesia bib menurut islam ?

  1. Uang jasa

Assalamu’alaikum
Smga habib selalu diberi kshatan,keberkahan dan selalu dirahmati Allah swt
Bib saya mau tanya ,sblmnya mnt mav kalau telah mengganggu istrht habib
1. kan Ada seorang yg pinjam uang ke KAS RT ,tapi dengan syarat jasa 5% stiap bulannya ,kalau blm bisa mengembalikan harus ngasih jasa 5% stiap bulanya smpai lunas,,apakah ini termasuk riba dan berdosa bib?
Karena ada tambahan pengembaliannya
2.Apakah sama bib
Bunga dengan jasa itu?
Dan mh0n doanya bib agar kami bisa membantu ortu kami untuk melunaskan hutang
,Terima kasih bib smga habib sehat wal ‘afiat.
Wassalamu’alaikum

 

Habib Munzir Menjawab

 

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
selamat datang di web para pecinta Rasul saw, kita bersaudara dalam kemuliaan
1. hal itu bukan riba saudaraku, ia adalah jasa, namun islam melarang fihak piutang memberatkan fihak penghutang, ia tidak boleh menagih dg paksa dan harus memberi kebijaksanaan, walaupun harus mengembalikan lebih dari pinjaman, hal itu jasa jika ada kata bunga dalam perjanjian, bagaimana hal itu disebut jasa?

contohnya begini, amir ingin meminjam uang pada budi 10 juta, budi berkata : uang ini uang modal usaha saya, uang sejumlah ini setiap bulannya menghasilkan 500 ribu keuntungan saya, kalau kamu mau pinjam maka sanggupkah kamu melebihkannya 500 ribu setiap bulan?, karena jika saya pinjamkan tanpa keuntungan, saya rugi..
maka amir menyetujui.

ini contoh uang jasa.

namun budi tidak punya hak menagih budi dan mendesaknya dg tambahan tambahan lagi mempersulit amir, kecuali ada kesepakatan dari amir, yg misalnya berkata : saya pinjam uang 10 juta ini dari kamu, saya siap membayar jasanya 500 ribu setiap bulan sampai bisa melunasinya, jika saya telat membayar 1 hari maka saya siap menambah 50 ribu perharinya.

maka ini masih dalam lingkupan jasa, tidak termasuk riba.

2. jasa dg riba hampir sama, cuma berbeda di lafadz perjanjian saja, karena bunga bukan hanya simpan pinjam, tapi jual emas dg emas hukumnya riba, jual perak dg perak hukumnya riba, jual uang dg uang hukumnya riba, kecuali jika beda mata uang, atau ada jasa tertentu.

misalnya 100 ribu pecahan seribuan dijual 110 ribu, ini bukan riba, karena sipenjual butuh waktu dan tenaga untuk mengumpulkan pecahan seribuan, ini uang jasanya, maka itu bukan riba, tapi jasa.

tiga hal yg menjadi riba, penjualan emas dengan emas, perak dg perak, dan yg terakhir uang dg uang.yaitu simpan pinjam yg ada pada perjanjiannya kalimat bunga sekian persen.

untuk hutang perbanyaklah doa ini
Wahai Allah sungguh aku berlindung kepada-Mu dari kegundahan dan kesedihan, aku berlindung kepada-MU dari kelemahan dan kemalasan, dan aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan sifat kikir, dan aku berlindung kepada-Mu dari terjebak oleh hutang-hutang dan didholimi oleh penguasa.

ketika Rasul saw masuk ke masjid, maka terlihatlah seorang lelaki dari Anshar yg bernama Abu Umamah ra, maka bersabda Rasulullah saw : Wahai Abu Umamah, mengapa kulihat maku duduk di masjid di selain waktu shalat..?”, ia menjawab : “gundah.. aku dijerat hutang wahai Rasulullah..”, maka bersabda Rasulullah saw : ”maukah kau kuajari kalimat yg jika kau ucapkan maka Allah akan menghilangkan gundahmu dan terselesaikan hutangmu?”, maka Abu Umamah ra : “ajari aku wahai Rasulullah..”, maka Rasul saw bersabda : “Jika di pagi harimu dan sore harimu ucapkanlah : Allahumma inniy…dst.

Maka berkata Abu Umamah ra : kulakukan itu maka Allah menghilangkan gundahku dan dan terselesaikan hutangku” (Hadits hasan). (Al Adzkar Imam Nawawi)

semoga Allah swt menggantikan segala musibah itu dg anugerah, wahai Allah sungguh firman Mu adalah sumpah Mu yg Kau sampaikan pada kami, bahwa : SUNGGUH BERSAMA KESULITAN ADALAH KEMUDAHAN, DAN SUNGGUH BERSAMA KESULITAN AKAN DATANG KEMUDAHAN (Al Insyirah 6-7)

maka Demi sumpah Mu itu Wahai Allah segerakanlah bergantinya musibah mereka dg kemudahan dan anugerah, amiin.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a’lam

 

  1. 2.       puasa sunah, pajak pertanyaan lainnya

assalamualaikum habib ..
semoga habib sehat selalu di panjangkan umurnya oleh Allah ..
amiin ..

bib sebelumnya saya dan teman2 saya minta ijin di jadikan murid sebelumnya saya sering hadir di majelis di cidodol tapi rasanya tidak enak hadir dimajelis tanpa dapat ijin atau tanpa sepengetahuan dari gurunya.

ada beberapa pertanyaan ..

bib saya mau tanya apa benar ada puasa sunah sebulan rasulullah puasa selama 3 hari ? kalo benar tanggal berapa saja bib ? apa harus pakai tanggal islam ?

karena saya kuliah jurusan akuntansi pajak . saya sering dilema bib ragu dalam belajar di satu sisi saya harus kuliah akuntansi yang disitu saya belajar tentang riba. disisi lain riba itu haram . saya setengah hari dalam belajar. apa dosa bib belajar akuntansi yang didalamnya belajar menghitung bunga ??

bib bagaimana hukum pajak di indonesia bib menurut islam ? krn ada yg bilang pajak itu haram krn tdk sesuai dgn islam ..
dn apa hukumnya yang bekerja di pajak ?

 

 

Habib Munzir Menjawab

 

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
selamat datang di web para pecinta Rasul saw, kita bersaudara dalam kemuliaan

saudaraku tercinta, saya belum pantas menjadi murid yg baik, bagaimana saya menjadi guru, kita bersaudara dan saling menasihati karena Allah, namun sanad keguruan anda telah berpadu dg sanad keguruan saya hingga kepada Rasul saw.

1. betul saudaraku, salah satu sunnah Rasul saw adalah puasa 3 hari setiap bulannya, dan banyak riwayat berbeda akan waktunya dan kesemuanya banyak yg shahih, namun kite merujuk kesimpulannya, bahwa berkata Hujjatul Islam Al Imam Nawawi bahwa boleh tanggal berbeda beda asal sebulan 3 hari, boleh/ada riwayat pd tanggal 14,15,16 saja setiap bulannya, boleh 1 hari diawal, 1 hari ditengah, dan 1 hari diakhir, namun mudahnya kita bisa memilih, asal 3 hari sebulannya, sebagaimana sabda Rasul saw bahwa yg berpuasa 3 hari setiap bulannya sama dg puasa sepanjang tahun.

dari hadits shahih diatas tentunya terikat dan diperkuat oleh hadits shabih bahwa setiap amal pahala ummat Muhammad saw dilipat gandakan 1-x hingga 700x lipat (Shahih Bukhari), bahkan pd riwayat shahih Muslim dilipatgandakan 10x lipat hingga 700 dan lebih.

maka 1 hari puasa, minimal pahalanya spt 10 hari, maka 3 hari berarti seperti sebulan, maka 3 hari tiap bulan sama dg setahun penuh.

dan penanggalannnya dg penaggalan hijryah (qamariyyah)

2. pekerjaan sbg akuntan itu ada baiknya dan ada buruknya sdrku, baiknya dihindari jika tidak terjebak pd kebutuhan primer, atau anda beralih kuliah pd bidang lainnya, namun jika terjebak dg kebutuhan primer, atau tak memungkinkan anda menghindari kuliah dibidang itu, maka teruslah sementara anda mendalami ilmu dan kuliah sambil mencari cara bagaimana menciptakan akuntan islami, sesuai dg syariah, maka kuliah anda pahala

dan semasa anda masih dalam pekerjaan itu maka berdakwahlah pada teman teman, ajak ke majelis, mengenalkan mereka kemuliaan shalat, keluhuran ibadah, tentunya dg santai tanpa terlalu berlaku fanatis hingga membuat teman temannya malah menghindari anda, jadilah sangat ramah, membantu teman, bergaul dan akrab, tapi terus mengenalkan keluhuran, maka keberadaannya ditempat itu menjadi pahala,

sampai waktu yg dikehendaki Allah swt anda akan mendapat pertolongan Nya yg Luhur, dan pekerjaan yg baik, dan tuntunan anda, nasihat2 anda, kebaikan2 anda, akan membekas pada teman teman anda

3. mengenai pajak, tidak wajib, namun boleh saja dibayarkan selama diniatkan untuk membantu pembangunan bangsanya, ummat manusia, hewan dan tumbuhan, semua makhluk Allah swt yg jika kita membantu penghidupannya kita mendapat pahala.

namun jika menghundari pajak akan membawa musibah bagi kita, penjara dan atau membahayakan orang lain, maka jangan kita hindari

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a’lam

 

 

 

 

  1. Amal Jariah u/ Pembangunan

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam rindu pada Habibana Munzir, Smoga Allah SWT terus melimpahkan kesehatan yang sempurna dan keberkahan di dunia dan akhirah…amiin.

Habib, saya ada pertanyaan sbb :
– kami mempunyai sebuah yayasan pendidikan Islam dimana dipadu dengan adanya Masjid didalamnya. yang menjadi pertanyaan Apakah diperbolehkan amal jariah dari Masjid dipergunakan untuk pembangunan Sarana Sekolah (misal ruang sanitasi), Mohon penjelasan dari habib.

– Salam rindu dari jamaah Masjid Al-Hikmah, yang tanggal 20 Maret 2011, yang lalu kami mengundang Majelis Rasulullah SAW namun habib berhalangan hadir…

Salam

 

Habib Munzir Menjawab

 

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda dg kesejahteraan,

Saudaraku yg kumuliakan,
selamat datang di web pecinta Rasulullah saw, kita bergabung dg keluhuran,
saudaraku, selama hal itu dimaksudkan untuk keuntungannya pada maslahat asjid maka seabagian ulama memperbolahkan, maka mejadi mustahab fiih (baik dilakukan) jika masjid kurang dana untuk membenahinya, maka dibuatlaha usaha/badan usaha untuk mrmakmurkan masjid.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a’lam

 

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *