Beberapa jenis buah mengandung komponen yang membantu mencerahkan kulit

Kompas.com – Warna kulit wajah yang tampak kusam dan belang akibat sering terpapar sinar matahari, bisa membuat penampilan jadi kurang maksimal. Siasati dengan cara alami untuk mencerahkan kulit.

Beberapa jenis buah mengandung komponen yang membantu mencerahkan kulit dan mengurangi bintik-bintik kecokelatan. Berikut adalah beberapa jenis buah yang dapat dijadikan masker pencerah kulit.

Untuk hasil maksimal, gunakan masker secara teratur dan lanjutkan dengan melembabkan kulit menggunakan pelembab sehingga kulit tetap terhidrasi.

Lemon
Lemon mengandung vitamin C dan asam nitrat, dua komponen penting pencerah keulit. Peras jeruk lemon sebanyak setengah sendok teh, lalu celupkan kapas atau handuk kecil dan gunakan di wajah. Biarkan sekitar 10 menit lalu bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk sampai kering.

Jika Anda memiliki bintik-bintik hitam di wajah, tutupi dengan potongan lemon selama 10-15 menit. Bilas wajah dengan air hangat dan tepuk-tepuk perlahan. Ulangi setiap dua atau tiga kali seminggu.

Bilberries
Bilberries, buah dalam keluarga berries, mengandung tannin yang memiliki komponen antioksidan dan antiperadangan. Zat ini sangat penting untuk mengatasi hiperpigmentasi pada wajah.

Lumatkan 4-8 ons blilberries menggunakan blender. Kemudian gunakan sebagai masker di wajah selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi dua sampai tiga kali seminggu.

Pepaya
Buah pepaya mengandung papain, enzim yang bisa menghilangkan sel kulit mati dan mengurangi bintik hitam di wajah. Pepaya juga sudah banyak dipakai dalam produk pencerah kulit. Namun membuat masker pepaya sendiri di rumah akan memberikan hasil yang tak kalah.

Untuk membuat masker pepaya, potong pepaya kecil-kecil lalu blender sampai lumat. Gunakan masker pada wajah selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi dua sampai tiga kali seminggu.

Alternatif masker lainnya, haluskan setengah mangkuk pepaya, nanas, dan labu. Tambahkan sedikit gelatin tanpa rasa dan panaskan sampai gelatin lumer. Biarkan sampai dingin. Pakaikan ke wajah dan biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Sumber :

 

Editor :
Lusia Kus Anna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *