belajar webdesain

diberi amanat mengajar webdesain, tetapi tidak tahu apa2, juga tidak punya basic, akhirnya cuman hasil autodidac saja,
rencananya
diawali pengenalan tentang HTML, beberapa element-element yang ada kemudian siswa diminta mencoba nya dengan sedikit juga variasi.
kemudian dikenalkan dengan dreamwever, sedkit mengenalkan fungsi tool (setahu saya) kemudian memberikan sedikit demo gimana membuat website sederhana. Anak-anak ditugaskan membuat web sederhana.
Karena kondisi lab yang bergantian dengan kelas lain, maka ketika di kelas anak-anak diberi tugas untuk menyicil content ataupun gambar-gambar yang digunakan dalam web nantinya.
Tugas membuat web sederhana diberi waktu beberapa minggu, dan kemudian anak2 diberi template hasil download untuk mereka edit sehingga setidaknya mendapat inspirasi bagaimana desain web yang bagus.

kemudian di semester berikutnya, rencananya, anak-anak dikenalkan dengan blog, blogger saja karena saya biasa pake blogger. mulai daftar hingga publish post. biar mereka mengutak-atik dan memberikan content sesuai tema mereka serta menambahkan widget-widget untuk mempercantiknya, suka-suka saja, asal dalam batas sopan.
kemudian punya bayangan, anak-anak diberi template blogger untuk toko online (hasil download) kemudian diminta memasukkan barang-barang yang benar-benar bisa di jual, punya rencana coba beli untuk ngetesnya. Barang-barang tersebut bisa dari dagangan mereka bila punya usaha sendiri atau oarang tua, atau jeprat-jepret di toko dekat lingkungan, tapi nanti di web harganya dimarkup lebih tinggi agar tidak rugi, ngajarin usaha juga, pikir saya

Dilanjutkan selanjutnya mengenalkan yang namanya hosting dan domain, walau nanti cuman hanya mencoba yang gatisan saja. Dan klo sudah, maka coba instal wordpress, kok kelihatannya wordpress lagi booming di Indonesia, di utek-utek
Walau sebenarnya ingin pakai xammp saja, pakai pc sebagai localhostnya, tapi kok susah banget di pakainya, karena PC di lab sudah di defreze.
Tapi apakah akan abanyak yang mengerjakan ya? karena tentu saja ini akan menjadi tugas luar.

Semoga semakin tahun semakin baik, dan ilmu saya selalu bertambah,
dan sungguh menyedihkan juga, ketika Pak Thoyyib meminta bantuan dalam menyusun web untuk beliau jualan pulsa, eh bingung juga buatnya, dan salah satu kesalahan adalah, belum menanyakan kebutuhan dan keinginan klient, padahal setelah ditanya-tanya, eh sebenarnya yang diminta cukup sederhana, Hanya saya saja yang malas,
Ampuuuuunnnnn

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *