Berapa ukuran satu sha’ ?

  1. ZAKAT TIJAROH2005/12/04 20:38 Barang yang dihitung untuk zakat tijaroh itu barang yang ada di akhir tahun, atau di awal tahun? brdasarkan harga beli atau harga jual?

 

Habib Munzir Menjawab

 

 

Zakat Tijarah dikeluarkan setelah sempurna satu tahun sejak memulai Tijarah, ketika sudah sempurna setahun dg syarat barang yg diperdagangkan itu nilainya melebihi batas Nishab, (seharga 87 gram emas), maka wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5%.

Contohnya saya memulai tijarah dengan bermodalkan sebuah pensil, tepatnya 1 januari 2004, dan ketika 31 desember 2004 (sempurna setahun), maka barang dagangan saya nilainya 100 juta rupiah (diatas nilai 87 gram emas), maka saya harus mengeluarkan 2,5% dari 100 juta rupiah itu pada tanggal 1 Januaru 2005.
Wallahu a?lam

  1. Zakat Anak Dalam Kandungan2006/10/13 02:29 Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Semoga Cahaya Lailatul Qadr menaungi Habib dan para pecinta Rasulullah SAW.

    Dari Ibnu Umar Radliyallahu Anhuma. Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu Sha’ kurma ata satu sha’ gandum baik atas hamba dan orang merdeka, kecil dan besar dalam kalangan kaum muslimin. Rasulullah memerintahkan untuk mengeluarkannya sebelum orang keluar dari lapangan. (HR Bukhari Muslim)

    Dari Hadits diatas ada beberapa pertanyaan dari saya:

    1. Apa yang dimaksud perkataan Ibnu umar yang mana beliau mengatakan bahwa “Rasulullah memerintahkan untuk mengeluarkannya sebelum orang keluar dari lapangan”?
    2. Berapa ukuran satu sha’ ?
    3. Apakah anak dalam kandungan (janin) wajib dizakatkan menurut madzhab Imam Syafi’i?

    Oh ya ada pertanyaan titipan dari teman saya. pertanyaannya adalah bilamana seseorang disebut dengan anak zina? apakah cukup dengan bahwa anak yang terlahir dari perbuatan zina (diluar nikah) saja?

    demikian pertanyaan saya. terima kasih
    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Habib Munzir Menjawab

 

 

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya kemuliaan Lailatulqadar semoga selalu melimpah pada anda dan keluarga,

1. maksudnya sebelum selesainya shalat Idul Fitri.
2. satu sha? adalah 4 Mudd, Mudd adalah genggaman kedua telapak tangan, maka 1 Mudd Nabi saw diperkirakan 1,5 genggaman kedua tangan kita, maka diperkirakan 3,4 liter, dan sebaiknya dilebihkan agar tak kurang dalam zakat fitrah, maka 3,5 sebagaimana dikatakan oleh Depag.
3. anak yg masih dalam kandungan tidak dizakati, karena yg kena wajib zakat fitrah adalah mereka yg hidup di bulan ramadhan dan hingga malam 1 syawal, misalnya orang itu meninggal di bulan ramadhan maka tak kena wajib zakat Fitrah, namun bila ia meninggal setelah adzan magrib di malam 1 syawal maka terkena wajib zakat, maka bila bayi itu lahir sebelum adzan magrib di malam satu syawal berarti ia bernafas di bulan ramadhan dan tidak wafat setelah adzan magrib di malam 1 syawal maka ia kena wajib zakat, bila ia wafat sebelum adzan magrib malam 1 syawal maka tak kena zakat, karena yg kena wajib zakat fitrah adalah yg hidup di bulan ramadhan walau sesaat dan usianya sampai pada hari terakhir bulan ramadhan di malam 1 syawal walau sesaat.

mengenai anak zina adalah anak yg lahir sebab hubungan diluar Nikah

Demikian saudaraku yg kumuliakan,

Wallahu a?lam

 

  1. sedekah

assalamualaikum.Wr Wb

habibana Mundzir yang saya hormati saya ingin bertanya. apakah sedekah yang baik itu banyak tapi jarang atau sedikit sering begitulah hal yang ingin saya tanyakan semoga habib dapat menjelaskannya.

wasalamualaikum Wr Wb

 

Habib Munzir Menjawab

 

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Keluhuran Nya semoga selalu menerangi hari hari anda.

mengenai sedekah yg afdhal tidak tergantung pada banyak atau seringnya, namun tergantung daripada keikhlasan niat kita, semakin tulus niat kita semakin besar pahalanya, juga tergantung kepada kesucian harta yg kita sedekahkan, semakin suci harta itu maka makin besar pahalanya, dan tergantung pada yg diberi sedekah, bagaimana keadaannya, semakin shalih si fakir maka semakin besar pahalanya, juga semakin fakir ia maka makin besar pahalanya,
mengenai banyak dan sedikitnya maka bisa dikaitkan dengan kebutuhan para fuqara, misalnya kita punya uang 10 juta, kita memilih menyedekahkan dg membagi bagikannya atau menyerahkannya pada satu orang, maka baiknya adalah menjadikan uang itu modal untuk keuntungannya terus berkesinambungan untuk fuqara, maka itu lebih afdhal, karena 10 jutanya akan menjadi ratusan juta yg tak henti hentinya mengalir pada fuqara.

wallahu a’lam

 

 

 

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *