cublak cublak suweng

“Pak Empo lirak lirik sapa ngguyu ndeloake”.begitulah sebagian lirik dari lagu cublak-cublak suweng. Saat itulah, yang jaga harus menebak siapa yang menyembunyikan suweng atau anting!
Cara main

Gambreng dan yang kalah menjadi Pak Empo. Dia berbaring telungkup di tengah, anak-anak lain duduk melingkar. Buka telapak tangan menghadap ke atas dan letakkan di punggung Pak Empo.

Salah satu anak memegang biji/ kerikil dan dipindah dari telapak tangan satu ke telapak tangan lainnya diiringi lagu Cublak-Cublek Suweng. ublak cublek suweng, suwenge ting gelenter, mambu ketundung gudel. Pak empo lirak-lirik, sapa mau sing delekke. Sir sir pong dele gosong, sir sir pong dele gosong

Pada kalimat apa mau sing delekke serahkan biji/ kerikil ke tangan seorang anak untuk disembunyikan dalam genggaman.

Di akhir lagu, semua anak menggenggam kedua tangan masing-masing, pura-pura menyembunyikan kerikil, sambil menggerak-gerakkan tangan.

Pak Empo bangun dan menebak di tangan siapa biji/ kerikil disembunyikan. Bila tebakannya benar, anak yang menggenggam biji/ kerikil gantian menjadi Pak Empo. Bila salah, Pak Empo kembali ke posisi semula dan permainan diulang lagi.

http://www.ide2gue.co.vu/2013/07/7-permainan-tradisional-yang-kurang.html

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *