Dimana pahala Puasa ramadhan kita?

ya Allah mendengar khutbah Mawlana Syekh Hisyam dalam khutbah ied melalui sufilive.com (sesuai keterbatasan bahasa inggris saya, beliau menjelaskan tentang fitnah, area ijtihad dan saling menghormati serta syafaat nabi untuk umat beliau)

terbersit dalam hati, dimanakah pahala puasa kita? ketika di akhir-akhir raomadhon kita mengkotori dengan menggosip mengenai bagaimana menentukan tanggal satu syawal, kapan hari raya? padahal kita telah diajari “apabila seseorang berbuat buruk pada orang lain, maka di hari perhitungan nanti maka pahala kita akan diberikan kepada orang yang telah kita sakiti, dan apabila pahala kita telah habis, maka dosa mereka akan ditanggungkan kepada kita, sebagai tebusan dan pembalasan”.

 

Sering sekali kita melakukannya, ngomong begini begitu, kelompok itu kelompok ini, orang ini orang itu, di sana dan di sini, semuanya. kita penuhi dengan menggosip.

 

jangan katakan bahwa ini adalah fakta dan sesungguhnya, bukan gosip. karena yang namanya gosip adalah membiacarakan sesuatu yang benar, sedamng bila bicara tidak benar maka ia berbohong dan itu lebih bahaya lagi.

 

Dimanakah pahala kita, padahal seberapa pahala kita dengan semua ketidaksempurnaan kita dalam beribadah?

Romadhon ya Romadhon.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *