huma hendak akan menggeser prosesor quad-core

Jika Anda adalah seorang yang sering bermain di dunia IT dan komputer, tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan perusahaan setenar AMD. Perusahaan yang berbasis di Sunnyvale, California, Amerika Serikat ini sedang gencarnya mengerjakan proyek yang akan mengubah teknologi komputer masa depan menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda dari sebelumnya.

Teknologi yang menjadi proyek besar dari perusahaan yang banyak bermain di dunia prosesor ini adalah teknologi hUMA. Adapun telepon konferens yang dilakukan oleh pihak AMD sudah dilakukan untuk mempresentasikan keunggulan dari aplikasi proyek super tersebut.

hUMA sendiri adalah singkatan dari Heterogenous Uniform Memory Access. Teknologi ini sendiri memiliki hubungan yang erat dengan rancangan teknologi HSA (Heterogenous System Architecture.) Adapun beragam pihak menyatakan bahwa penggunaan teknologi hUMA sendiri nantinya akan menggeser prosesor quad-core yang sudah digunakan sangat luas hingga saat ini.

Konsep Dasar Teknologi hUMA

Sebelum menapak lebih lanjut ke konsep basis dari hUMA, ada baiknya kita mengerti apakah HSA.HSA adalah sebuah arsitektur dari otak komputasi (secara konvensional berarti otak prosesor) yang menggabungkan CPU dengan GPU, beserta dengan prosesor lainnya, agar bekerja dengan harmonis. Dengan arsitektur HSA inilah nantinya yang akan diintegrasikan dengan APU (Accelerated Processing Unit.)

Teknologi hUMA sendiri adalah paduan HSA dan APU, membuatnya bekerja lebih efisien dan jauh lebih baik dibanding dengan prosesor yang digunakan saat ini. Ketika APU masih memisahkan antara memori yang digunakan oleh CPU dan GPU, teknologi hUMA akan menggabungkan kedua memori CPU dan GPU agar dapat dialokasikan lebih merata oleh kedua prosesor tersebut sesuai dengan kebutuhannya

Mengapa Teknologi hUMA?

Menilik perkembangan komputer sejak satu dekade lalu, inovasi di segmen prosesor memang paling banyak dilakukan. Evolusi di dalam HSA akan mampu membuat kesetimbangan yang baik di antara performa GPU dan CPU. Sebelumnya, terlihat sekali bahwa kemampuan komputasi GPU sangat superior, hingga sepuluh kali lipat performa yang ditunjukan oleh CPU.

Hal ini membuat pemetaan yang tidak merata antara kinerja GPU dan CPU yang membuatnya tidak cukup efisien. Fitur esensial dari teknologi hUMA nantinya akan mengubah hal ini agar menjadi lebih baik.

Apa saja fitur dari hUMA yang akan menjadi titik awal evolusi terbaru dunia prosesor? Tetap simak rubrik mengenai hUMA selanjutnya. (adv)

http://tekno.kompas.com/read/2013/11/18/1043487/Mengenal.Konsep.Dasar.Teknologi.Prosesor.Masa.Depan.hUMA.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *