Mengapa Orang kok bicaranya mutar-mutar?

terkadang ketika kita berbicara dengan seseorang, mereka tidak akan menjawab to the point. Terkadang ia akan berbicara berputar atau samar-samar. Mungkin hal tersebut juga kurang disadari oleh pembicara sendiri!
menurut saya, ada beberapa kemungkinan yang bisa saja melatar belakanginya

1. Ia tidak percaya dengan lawan bicaranya, sehingga ia berputar-putar untuk menyakinkan dirinya sendiri apakah akan memutuskan berbicara sejujurnya? hal ini dapat dimungkin sebab trauma ia sebelumnya, dimana ia berkata jujur, tetapi hasilnya tidak seperti yang ia harapkan. Ungkapan yang biasa dulu didengungkan “jujur mujur” menjadi “jujur hancur”.

2. Ia tidak paham dengan isi pembicaraan, sehingga ia berputar untuk menutupi kekeurangannya tersebut. Memang gengsi adalah hal yang ruwet, semua orang siapa saja terjangkit sifat egoisme ini walaupun dia tidak menyadarinya dan bahkan kebanyakn juga sadar tapi untuk mengakui itu persoalan lain.

Terjebak Trauma dan ego adalah hal yang sulit, bisa saja berkonsultasi sana dan sini, membaca ini dan itu. Dan menurut saya yang dibutuhkan adalah “teman” yang dapat dipercaya (dengan hati) dan mempunyai ilmu yang mendalam.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *