Menjelaskan konsep teknologi Web page : pengenalan

WORLD WIDE WEB (WWW)

World Wide Web (www) atau yeng lebih dikenal dengan sebutan web, merupakan salah satu layanan yang didapat oleh para pemakai komputer yang terhubung ke internet. Web adalah ruang informasi dengan menggunakan teknologi hyperlink untuk menghubungkan
tiap dokumen. Dengan teknologi ini pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti tautan (link) yang disediakan dalam halaman web yang ditampilkan lewat web browser.
Internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai interface pada layanan-layanan yang ada di Internet. Dimana yang pada awalnya web hanya sebagai penyedia informasi kini digunakan juga untuk berkomunikasi surat elektronik (email), chatting sampai dengan video conference.
Bagaimana WWW Bekerja ?
• Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman-halaman web (web pages)
• Web page adalah berkas-berkas yang disimpan dalam komputer yang disebut dengan server-server web (web server)
• Komputer-komputer yang mengakses web page disebut sebagai web client • Web client menampilkan web page dengan menggunakan program yang disebut dengan web browser

HTTP

HyperText Transfer Protocol (HTTP) merupakan protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam www. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja
yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas permintaan-permintaan yang lewat dalam protokol http.

Sebagai contoh, ketika kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada web browser, maka sebenarnya web browser akan mengirimkan permintaan http ke web server. Web server kemudian akan menerima permintaan ini dan melakukan proses sesuai dengan yang diminta oleh web browser (misalnya akses ke database, file, e-mail dan lain sebagainya). Hasil proses tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada pengguna.
HTTP bekerja diatas TCP (Transmission Control Protocol) yang menjamin sampainya data di tujuan dalam urutan yang benar. Bila suatu kesalahan terjadi selama proses pengiriman, pihak pengirim akan mendapat pemberitahuan bahwa telah terjadi ketidakberesan dan perlu mengirimkan permintaan ulang.

 

URL

Uniform Resource Locator (URL) merupakan alamat dari sebuah resource yang dapat diakses di internet. Resource yang dimaksud disini bisa berupa berkas halaman web, video, mp3, dll.

URL terdiri dari 3 bagian:
• Protokol (http:// atau https://)
• Alamat Server (lokasi data tersimpan)
• File Path (folder dan atau nama file)

Misalnya bila ada URL : http://www.galau.com/foto/wirasto.jpg
Berarti :
http:// adalah protokol
www.galau.com adalah alamat server
/foto/wirasto.jpg adalah folder dan nama file

 

DNS

Domain Name System (DNS) merupakan versi teks dari ip address. Dalam dunia jaringan komputer, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali ip address-nya.
Namun bagi manusia tidak mungkin menghafalkan ip address tersebut, manusia lebih mudah menghapalkan kata-kata seperti www.yahoo.com, www.google.com, atau www.facebook.com. DNS berfungsi untuk mengkonversi nama yang mudah diingat menjadi ip address dari komputer yang ingin dihubungi.

 

JENIS WEB

• Web Statis : dibentuk menggunakan client side scripting. Update dilakukan secara manual dengan melakukan perubahan terhadap script halaman tersebut.
• Web Dinamis : dibentuk menggunakan aplikasi tambahan (server side scripting dan database) sehingga data dapat diupdate tanpa harus mengubah script, namun cukup dengan mengubah data yang ada dalam database.

 

WEB PROGRAMING

1. Client Side Scripting
HTML
• Javascript
• CSS
2. Server Side Scripting
• PHP
• ASP
• Perl

 

sumber : Pemrograman Web – Wirasto S. Karim 1

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *