penjajahan dulu dan sekarang

beberapa waktu yang lalu, membaca sekilas tentang pelajaran sejarah indonesia k13 kelas xi. mengenai penjajahan, bagaimana negara asing mulai menemukan nusantara dan bagaimana mereka menjajah kita, misalkan VOC.

membaca lahirnya VOC, petkembangan sampai perkembangan, penjajahan dllx. mereka mula-mula hanya mengincar hasil pertanian kita, mereka berinvestasi, bernegoisasi hingga mulai ikut campur akan kebijakan-kebijakan karena menginginkan keuntungan yang lebih. Dan kemudia lebih memuncak lagi tanpa memperhatikan nilai kemanusiaan. Para penguasa yang menginginkan untung banyak dengan lebih mudah, mereka memberikan kekuasaan kepada para “investor/penjajah”. Penjajahan merajalela lebih dan lebih lagi dengan dukungan penguasa-penguasa lokal.

membaca sekilas alurnya, dan terfikir.

“apa kita tidak lagi di “ekspansi” seperti dulu?”

di berita-berita ekonomi, yang lebih banyak bahasan adalah inverstor-investor asing, sepertinya mereka segalanya, di sisi pemerintah juga kelihatannya begitu, lagi semangat mencari investor sana sini, bahkan mungkin beberapa kebijakan dibuat agar memuluskan hal tersebut.

dalam politik “uang” masih ada apa enggak ya??? orang asing bermodal besar, walau tidak memiliki hak suara, tapi ia dapat mengatur suara, yang kemudian mengatur kebijakan. (tidak semua investor itu jahat, saya hanya berfikir “nakal” setelah membaca buku mapel SI)

rakyat kita semakin susah, semakin miskin.

apakah ini penjajahan strategi baru?

gerakan “membeli Indonesia kembali” hehehe ada loh di internet, mereka menghimpun dana dari masyarakat (sebagai modal), kemudian dia gunakan beli tanah (atau yang lain) kemudian dijual kembali, keuntungannya sebagian dibagi kepada pemodal.

misal umr 3 jt, diambil saja sebulan 100rb, dalam setahun 1,2 jt x 2 jt orang (1% dari 200 jt jiwa) di Indonesia = 2.4 triliuan => bisa dibuat buka usahakan?? itu kalau mw mengumpulkan dan tidak dikorup. hanya 100rb padahal banyak orang yang lebih mampu lagi, gerakan “Membumikan Sedekah

maaf, maaf, curhatan orang pelit n suka uang, hehehe

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *