Penjelasan Kitab Risalatul Jami’ah, Sunah Wudhu 2

Ceramah Al habib Ahmad bin Novel Bin Salim bin Jindan
Di Masjid Al Munawar – Pancoran
Senin, 20 Januari 2014

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على سيدنا رسول الله محمد ابن عبد الله وعلى آله وصحبه ومن واله أما بعد ألحمد لله

Para habaib, para kiyai, para asatidzah, hadirin wal hadirat yang dimuliakan oleh Allah SWT…

Barusan kita mendengarkan dari awal, pertama-tama qosidah yang dilantuntan oleh tetamu kita yang datang dari kota Tarim As-Syeikh Ali bin Abi Bakar Bafadlol, kalo malam selasa yang lalu kita kedatangan Syeikh Umar bin husain Al Khatib, beliau adalah seperti yang saya katakan kemarin Syeikh Umar bin Husain Al Khatib adalah ketua Majelisul ifta’ di Daril Mustafa, kalo ini Syeikh Ali bin Abi Bakar Bafadlol adalah salah satu anggota Majlisul ifta’ di Darul Mustafa, alhamdulillah kita kedatangan tamu yang mulia disisi Allah SWT. Al Habib Abdullah bin Husain Balfaqih ketika membanggakan para Aulia yang ada dikota Tarim dari keluarga Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam dan menyebutkan tentang sifat mereka dan mengatakan :

لقد فاتني من خيار الناس كم رجل # ما فارق الذكر طول العمر و الكتبا

بكاء ليلته سجاد خلوته # من خوف مالكه يستعذب التعبا

Habib Abdullah bin Husen balfaqih bilang “Berapa banyak aku telah ditinggal pergi oleh para Aulia wasSholihi, meninggal dunia menghadap kepada Allah SWT yang mana sifat mereka, seumur hidup mereka, tidak pernah berpisah daripada Al-Qur’an dan membaca kitab-kitab yang mendekatkan mereka kepada Allah SWT, sifat mereka para Aulia Allah بكاء ليلته.. malam hari mereka adalah malam yang penuh tangisan kepada Allah SWT, سجاد خلوته selalu sujud didalam kesendirian mereka dengan Allah SWT, من خوف مالكه يستعظب التعبه mereka lakukan itu semua tiada lain karena dorongan rasa takut dan harapan mereka kepada Allah SWT. Kemudian beliau sebutkan sifat-sifat mulia dari mereka, terakhir diakhir daripada qosidah tersebut beliau katakan

من آل رسول الله أكثرهم # و ال أبي فضل الاخيار و الخطبا

mereka yang aku sebutkan sifat-sifat mulia mereka sebagian besar mereka adalah dari keturunan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam dan dari keluarga Al bafadlol dan Al Khatib yang mana malam ini dan minggu yang lalu ikut hadir bersama kita sekalian, mudah-mudahan Allah kasih keberkahan untuk kita sekalian..amiin

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT, barusan di dalam qosidah juga diungkapkan tentang sifat daripada kota Tarim, minggu lalu juga sudah saya sebutkan banyak hal, mudah-mudahan Allah kasih keberkahan bakal kita dari kota suci tersebut. Tadi kita dengar bagaimana Al Habib Munzir penghormatan beliau, ta’dzim beliau kepada apa-apa yang diagungkan oleh Allah SWT.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT, didalam Hadits yang barusan dibacakan oleh Al habib Zaki bin Syihab yang juga sama-sama kita lantunkan dari hadits Sayidina Abu Hurairah Radiallahu Ta’ala anhu wa ardloh, Rasulullahi Shalallahu alaihi Wassalam beliau bersabda didalam haditsnya :

اجتنبو ا السبع الموبقات الشرك بالله و السحر و قتل النفس الذي حرم الله الا بالحق و أكل الربا و أكل مال اليتيم و التولي يوم الزحف و قذف المحصنات الغافلات المؤمنات

Ini hadits diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah Radiallahu Ta’ala anhu wa ardloh, Abu hurairah adalah salah satu sahabat yang dicintai oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam. Beliau dikenal dengan panggilan Abu hurairah, tapi nama asli beliau siapa?, banyak orang hanya mengenal panggilannya saja Abu hurairah, nama asli beliau adalah Abdurrahman ibnu Shokhr, beliau datang dari yaman bersama rombongan Sayyidina Ja’far at Thoyyar, Ja’far bin Abi Thalib kakaknya Sayidina Ali ibn Abi Thalib, Sayiduna Ja’far bersama rombongan dari mekah dahulu zaman Nabi masih dimekah ketika kedzoliman dan kejahatan orang-orang kafir qurais merajalela, Nabi mengizinkan mereka untuk hijrah dan tinggal dihabasah sekian tahun, setelah itu mereka hijrah kembali kekota Madinah saat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam berhasil memenangkan peperangan di Khaibar melawan orang-orang yahudi. Dateng bersama Sayiduna Ja’far dan rombongannya, rombongan dari Yaman yaitu Al Imam Abu Musa Al Asy’ari dan diantaranya juga Sayiduna Abu Hurairoh dan rombongannya, sehingga ketika mereka datan, Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam betul-betul gembira, sampai Beliau mengatakan

لا ادري بايهما افرح بفتح خيبر ام بقدوم جعفر

Saya ngga tahu yang bikin saya gembira ini apa?, betul-betul gembira, apakah yang membuat saya gembira kemenangan di Khaibar melawan orang-orang yahudi atau kedatangan Ja’far dan rombongannya,” Ja’far bin Abi Thalib. Walhasil Nabi Muhammad gembira, diantara rombongannya adalah Abu Hurairoh Radiallahu Ta’ala anhu wa ardloh, saat itu Sayiduna Abu Hurairah Radiallahu Ta’ala anhu wa ardloh dateng dan dari sejak saat itu beliau bersimpuh dipintunya Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam. Sampai disebutkan Abu Hurairoh adalah orang yang paling banyak meriwayatkan hadits Nabi Besar Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam. Para sahabat banyak meriwayatkan hadits tapi dari semua, seluruh muhaditsin sepakat yang paling banyak dari kalangan sahabat yang meriwayatkan hadits adalah Abu Hurairoh Radiallahu Ta’ala anhu wa ardloh, namun yang luar biasa, itu sampai disebutkan hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairoh lebih daripada 5.300 hadits, tepatnya 5.374 hadits diriwayatkan oleh Abu Hurairoh, ini yang terbanyak. Setelah itu Sayidatuna Aisyah juga meriwayatkan banyak hadits, Sayiduna Abu Said Alkhudri dan yang lain-lainnya, cuma yang terbanyak diantara para sahabatnya adalah Abu Hurairoh. Padahal beliau mendampingi Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam hingga wafatnya Rasulullah hanya tiga tahun. Beliau masuk islam pada tahun ke tujuh hijriyah nabi Muhammad meninggal pada tahun ke sepuluh, tiga tahun,. Sehingga orang-orang bertanya “Ya Aba Hurairah…kok bisa Engkau menghapal hadits-hadits Nabi Muhammad sangat banyak ini padahal engkau mendampingi Nabi Muhammad hanya tiga tahun, apa jawab Abu Hurairah? Ketahuilah aku waktu datang dari Yaman, aku punya tujuan utama adalah Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam, itu tujuan utamaku, ketika aku sampai dikota Madinah aku tidak punya istri sehinga aku nyari nafkah, sibuk, tidak ada. Aku hanya sibuk untuk Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. Saudara-saudaraku kaum muhajirin banyak dari mereka yang sibuk dengan perdagangannya diwaktu kosong mereka diwaktu-waktu tertentu mereka belajar dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, demikian kaum Anshor sibuk dengan cocok tanam mereka, sedangkan aku…aku tidak punya dagangan aku tidak mempunyai tanah untuk bercocok tanam, sehingga aku tinggal di masjid mendampingi Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam, sehingga waktuku itu banyak untuk Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. Itu satu. Yang kedua pernah satu kali saat itu hanya segelintir orang yang duduk dihadapan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, Nabi bilang kepada kami saat kami duduk bersama Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, Nabi mengatakan kepada kami; “ Barang siapa yang saat ini (kata Rasulullah) membentangkan bajunya atau sorbannya sehingga aku mengucapkan haditsku (kata Rasulullah) setelah selesai aku mengucapkan haditsku dia lipat itu sorban dan diletakkan didalam dadanya maka sungguh sejak saat itu dia ngga bakalan lupa lagi daripada ucapan-ucapanku”. Maka saat itu juga kata Abu Hurairah, aku tidak mempunyai apa-apa melainkan baju yang aku pakai ini aku buka Nabi Muhammad membacakan haditsnya setelah itu aku lipat dan aku letakan didadaku dan sejak saat itu aku tidak pernah lupa lagi dari ucapan nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam. Ini yang dilakukan oleh Abu Hurairah sehingga hidup beliau, beliau habiskan untuk mendampingi Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam dan menyaksikan dan mendengan dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. Nah kita sekalian,.. dua minggu yang lalu saya bilang, kita hadir ngaji bawa ape, bawa buku tulis bawa balpoint, jadi kita datang kesini tidak cuma nguping, tapi kita belajar kita catat. Barusan Habib Muhammad bin Syihab bawain ucapan-ucapan yang indah yang belum pernah saya denger saya catet, manfaat bakal saya, Al Imam Ahmad bin Hambal dengan usia tua beliau kemana-mana masih bawa buku tulis masih bawa tempat tinta, sehingga ditanya “Ya Imam, sampai kapan engkau membawa ini mhbarah (Tempat tinta)…?, beliau menjawab

مع المحبرة الى المقبرة

aku akan selalu bersama tempat tintaku sampai aku masuk kedalam liang lahaatku” kata Imam ahmad bin Hambal. Imam Ahmad bin Hambal orang yang paling banyak menghapal hadits-hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. Al Imam AnNabhani menyebutkan tentang beliau hafal lebih dari satu juta haditsnya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam dengan sanadnya. Namun walau demikian, masih terus, jenggot sudah putih udah sampe kedada, jalan bongkok, tp masih tetap dia catat setiap ilmu yang dia dengar dari orang lain. Karena itu biar kita bisa mengambil manfaat, mengambil ilmu, ini contoh didepan kita Abu Hurairah, para ulama para sholihin, meraka menjadi orang-orang mulia dengan kesungguhan kepada Allah SWT, mudah-mudahan Allah berikan kesungguhan kepada kita.

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT, insyaallah pembahasan tentang hadits ini hanya sedikit. tentang Abu Hurairah doang, kalo kita mau bahas tentang haditsnya ni waktu tinggal sedikit lagi, tapi apa yang kita dengar dari para ulama-ulama kita ini cukup manfaat bakal kita sekalian, jadi saya pengen bicara sedikit tentang hadits ini insyaallah minggu depan, malam ini kita mau lanjutin tentang risalatul jami’ah. Tentang sunnah-sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam untuk dilakukan pada saat kita berwudlu.

Nah, kemarin beberapa waktu yang lalu kita bahas kewajiban yang musti kita lakukan saat kita berwudlu kemudian sunnah-sunnahnya. Diantara sunnah-sunahnya yang pertama kali adalah niat melakukan sunnah-sunnah wudlu, dan ini sebelum melakukan segala sesuatu dari perkara wudlu, kemudian setelah itu saya ingatkan tentang siwak, Alhamdulillah dua minggu lalu sms masuk ketelepon saya dari siapa tau? Dari para pedagang, semuanya bahagia gembira kenapa, siwak ludes abis, insyaallah ni malam lebih ludes lagi, yang saya mau tanya sudah diganti belum tuh rokok kita sama siwak, terus saya juga mau koreksi ucapan saya beberapa minggu yang lalu tentang rokok, ayo saya terus terang tidak tau, baru kemarin liat, ternyata iklan rokok sudah berubah, kalo minggu kemarin saya bilang kali diantara iklan rokok itu, hati-hati bisa menggangu gangguan kehamilan, kanker, inpoten, nauzubillah, ternyata sudah berubah itu iklan, baru tau, langsung tidak basa-basi, apa bunyi iklannya? Rokok membunuhmu,..Lailahaillah, sudah nyata ini racun,…racun, Cuma kita heran kok masih dijual ni racun, terus masih banyak yang beli, kita sudah diajarin tuh ganti rokok dengan siwak, sunnahnya Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam, nah tuh Habib Muhammad bilang;

”يخلق التنباك من بول الشيطان “

mau tau artinya? artinya“ Tembakau itu diciptain dari air seninya syaitan”.na’udzubillah Kemudian sunnah yang berikutnya setelah siwak adalah غسل الكفين mencuci kedua telapak tangan, bersamaan, yang kanan dan yang kiri sekaligus menjadi satu. Naam, dan ketika kita mencuci atau membasuh kedua telapak tangan itu ada do’anya, diantara do’a yang diajarkan sebagaimana disebutkan didalam ihya ulumuddin, didalam kitab bidayatul hidayah Al Imamul Ghazali, dan do’a-do’a ini adalah dianjukan, naam, beberapa do’a diriwayatkan didalam beberapa hadits –hadits yang dhoif, walaupun demikian namun itu do’a sangat dianjurkan untuk dibaca, diantaranya ketika membasuh kedua telapak tangan kita ada do’anya, sebelum kita baca do’a kita baca bismillahirrahmannirrahim…itu paling penting dimulai wudlunya kita dimulai dengan bismillahirrahmanirrahim..kemudian yang berikutnya ketika kita mencuci kedua telapak tangan kita, kita baca :

اللهم إني أسألك اليمن والبركة, وأعوذبك من الشؤم والهلكة.

Minta sama Allah SWT, “ Ya Allah saya memohon kepadamu kemudahan dan keberkahan, dan saya berlindung kepada-Mu dari kesialan dan kehancuran…” ketika membasuh ini kedua tangan kita wa insyaallah ini do’a antum bisa lihat didalam kitab Bidayatul Hidayah karangan Al Imamul Ghazali, kita majalah bisa beli, pulsa bisa beli, kitab juga harus kita beli..! lihat ada disitu, kalo emang gak ada kitab juga insyaallah allah kasih kemudahan ntar di web nya Majelis Rasulullah, bakal kita tuliskan disitu wa insyaallah yang buka web bisa menukil dari situ dan bisa mengamalkannya. Jadi ketika dia membasuh kedua telapak tangannya sambil dia berdo’a للهم إني أسألك اليمن والبركة, وأعوذبك من الشؤم والهلكة dan basuhnya tiga kali, kemudian seperti saya bilang diperhatikan tuh kotoran-kotoran yang ada ditangannya dibersihkan hingga bersih nah ini salah satu dari pada sunnah-sunnahnya Rasulullah Shalallahu alaihi Wassalam. Jadi, kembali saya ulangi lagi ketika berwudlu, pertama-tama niat melaksanakan segala sunnah-sunnah yang ada didalam berwudlu, kemudian siwak, dengan membaca do’anya, kemudian setelah itu membaca bismillahirrahmanirrahim, kemudian sambil membasuh kedua telapak tangan tiga kali dan membersihkan kotoran-kotoran yang ada ditangan kita baca ini do’a للهم إني أسألك اليمن والبركة, وأعوذبك من الشؤم والهلكة . selesai itu sunnah yang berikutnya, apa sunah tersebut? Ini ada tiga; al mad-madloh yang artinya berkumur-kumur, kemudian al istinsyaq artinya memasukan air kedalam hidung dan yang ketiga adalah al istintsar mengeluarkan air dari hidung, ini, tiga perkara ini, al mad-madlhoh, al istinsyaq, wal istintsar, adalah hal yang mustahab dan mustahaq disunahkan dan juga ada aturannya ada caranya, untuk mendapatkan pahala sunnah musti diikuti aturan mainnya. Insyaallah bakal disebutkan disini cara berkumur-kumur, memasukan air kedalam hidung dan mengeluarkannya ada caranya, itu ada Enam cara, lihat syariatnya Nabi Muhammad sangat luas, insyaallah dalam pertemuan kita yang akan datang bakal kita bahas satu persatu, ini saya bahas satu persatu dengan detail tunjuannya adalah agar kita bisa mengikuti sunnah-sunahnya Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam.

Kemudian lagi sebelum saya tutup tadi kita denger dari Syeikh Ali bin Abi Bakar Bafadlol tentang atta’dzim peng-agungan, atas perkara yang kita lakukan, ni kita wudlu seperti ini jangan sekedar wudlu begitu saja tapi bangkitkan dihati kita ini pernghormatan dan pengagungan yang kita lakukan ini apa , kita bukan mandi dan nyari dingin doang, tapi kita bersuci untuk Allah, ni ente ada acara perkawinan misalnya, pagi-pagi sudah mandi, mandi dengan semangat, trus yang biasanya mandi kucing, ini bersih bersih, malu di lihat orang, apalagi pengantennya, insya allah calon-calon penganten ini dimudahkan Allah SWT, dia mandi bersih dengan segala kerinduan didalam hatinya, dengan segala harapan, malu kalo ada sedikit kotoran. ni kita sama manusia, begitu juga kita sama allah, kita wudhu dengan penghormatan kita mau menghadap siapa? Makanya sayidina Ali Zainal Abidin kalau wudhu gemeteran, pucet, sampai berberapa orang bilang sama sayiduna Ali Zainal Abidin, katanya “ Wahai cucu Rasulullah kenapa sih setiap kali engakau berwudlu kami melihat engaku seperti ini, gemeteran, pucat, ketakutan, kenapa? Beliau menjawab keadaanku seperti ini memangnya kalian tidak sadar? Setelah aku berwudlu aku akan menghadap kepada siapa? Kata Sayiduna Ali Zainal Abidin, aku akan menhadap kepada Allah itu yang membuat aku gemeter, itu yang membuat aku pucat, itu yang membuat aku takut.

Sayiduna Al Imam Syafi’I berguru kepada banyak ulama, aulia as-sholihin, tapi ada satu guru yang membuat beliau menjadi orang hebat semacam ini, tau siapa? Yang menjadikan al imam Syafii seperti itu adalah salah satu keturunan Rasulullah Shalallahu alaihi Wassalam, ibaratnya itu emas sudah sempurna tinggal dipoles sedikit dan kesempurnaan tsb di peroleh dari satu orang gurunya al Imam Syafii, salah satu keturunan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam terus yang luar biasa ni gurunya Al Imam Safi’I cucunya Rasulullah Shalallahu alaihi Wassalam adalah seorang wanita yang sholehah, Allah.. tuh lihat dibalik setiap laki-laki yang mulia ada seorang wanita yang sempurna. Rasulullah Shalallahu alaihi Wassalam dibelakangnya siapa? Sayiduna Khodijah Radhiallahu taala anha wa ardloha, hadza al imam Syafii menjadi begitu berkat Sayidatina Nafisah, itu sampai Al Imam Syafii wasiat. itu, kadang kalau beliau lagi sakit parah beliau kirim orang kepada Sayidatina Nafisah minta didoain, Sayidatina nafisah ketika mendapati kabar Al Imam Syafii sakit dido’ain mudah-mudahan lekas sembuh, pulang ini orang menghadap Al Imam Syafii, Tanya Al Imam Syafii apa yang dilakukan Sayidatina Nafisah denger kabar? Dia doakan supaya engkau cepet sembuh..alhamdulillah, gak datang hari berikutnya melainkan sembuh dari sakitnya. Tiap sakit begitu, sampai satu kali Imam Syafii sakit, dan mengirim utusan lagi kepada Sayidatina Nafisah minta didoain lagi, saat itu Sayidatina Nafisah bilang mudah-mudahan Allah tutup usianya didalam keadaan khusnul khotimah. Pulang ini hamba Allah dan datang kepada Imam Syafii. Hah Saidatina Nafisah doa apa? Sayidatina Nafisah doain ente mudah-mudahan Allah tutup usia ente dengan khusnul khotimah, la ilaha illallah,… udah dating waktunya kata Imam Syafii, itu waktu juga dia tulis wasiat. Diantara wasiatnya kalo ana meninggal dunia nih, dia tahu deh doanya udah beda biasanya didoain supaya cepet sembuh, Cuma kali ini didoain supaya tutup usia khusnul khotimah, bawa jenazah ana kepada sayyidah nafisah kalo dia tidak bisa keluar bawa depan pintu rumahnya biar dia sholatin dari dalam pintu rumahnya hingga itu wasiat dijalannya dibawa itu jenazah Imam Syafii, manusia pada menunggu dimasjid itu waktu negeri penuh dengan umat untuk menshalatkan Al Imam Syafi’I mereka pada nunggu, jenazah Imam Syafi’I dibawa ke rumah Sayidatina Nafisah, untuk dishalatkan oleh Sayidatina Nafisah cucunya Rasulullah Shalallahu alaihi Wassalam, abis dishalatkan didoakan baru dibawa, itu yang diharapkan oleh imam syafi’i adapun yang lainnya cuma pelengkap, ini yang paliing penting. Habis itu keluar ucapan dari Sayidatina Nafisah;

“ Semoga Allah merahmati Syafi’I, (kata Sayidatina Nafisah) dulu dia waktu hidup kalo wudlu, wudlunya bagus dan sempurna. itu adalah kuncinya, hanya satu. Ngga dipuji ilmunya, ngga dipuji murid-muridnya yang banyak, pengikutnya yang banyak ngga dipuji itu semua, ibadahnya yang luar biasa ngga dipuji, yang dipuji Cuma satu, apa? Wudlunya yang bagus. Ulama yang denger begitu mereka semua menangis, kalo ngga ada managib yang menyebutkan tentang kemuliaan Syafi’I kecuali ini sudah cukup udah. Kenapa? Tadi kita dengar, Al Ghazali bilang orang kalo wudlunya bagus, sempurna, penuh dengan penghormatan dan peng-agungan kepada Allah dan sunnah-sunnahnya Nabi Muhammad dijalankan dengan benar. mau ngga mau terima ngga terima shalatnya pun bakal jadi bagus, terus kalo shalat sudah bagus semuanya juga bisa jadi bagus. kuncinya semua ini adalah shalat, dan kuncinya shalat adalah wudlu kalo kita baguskan. Makanya saya sebutkan dengan detail supaya dapat dijalankan dengan benar dengan sebenar-benarnya.

Insyaallah Allah bukakan hati kita, Allah bimbing kita kejalan yang Allah ridhoi Allah SWT, dan yang terakhir, kita biar bisa ngambil manfaat, ngambil ilmu dari siapapun juga, sebab tuh ilmu itu barang buruannya orang-orang mukmin. Dimana disitu ada ilmu maka patut untuk dikejar, dari siapapun juga, tadi kita dengarkan dari habib Muhammad ceramah yang enak nasehat yang enak beliau pengen ngundang kita sekalian, nah saya ajak juga hadirin ikut hadir ditempat beliau, beliau biasanya punya majlis banyak banget, habib Muhammad, majelis nya makmur, masyaallah, mudah-mudahan Allah berikan keberkahan, kesehatan bakal habib Muhammad, diantara majlis beliau yang beliau harapkan kehadiran kita adalah majlis taklim tiap rabu malam kamis jam 20.00 sampai jam 22.00 malam di masjid Salman Al farizi, salman min ahlilbait, di jl. Ten komp. Bulog kayu putih Jakarta Timur. Siapa yang punya kesempatan biar hadir ambil manfaat apalagi ni minggu depan ni kita bakal masukin, minggu depan ni saat-saat yang agung maulid besar dimana-mana, di habib ahmad bin alwy al haddad ( habib kuncung) samping makam guru kita alhabib Munzir terus dimana tempat, dihabib Abdullah bin Mukhsin Al Attas, dikwitang, ziarah, di Al Hawi dimana tempat diluar batang, ambil keberkahaan ambil manfaat. Ni yang bakal laki-laki, yang bakal perempuan juga ada tempat-tempatnya bisa kita hadiri smuanya, nasihat-nasihat dari para ulama kita catat kita bawa pulang jadikan pedoman didalam kehidupan kita, tuh yang bakal bawa keuntungan didunia dan akhirat kita. Insyaallah ni jadwal maulid-maulid besar biar kita hadiri, insyaallah sudah ada di webset Majelis Rasulullah tinggal di akses disana, siapa yang punya kesempatan biar hadir, sempetin, setahun sekali, ni yang angkat bala ni yang angkat musibah. Ya Allah mudah-mudahan Allah angkat bala dan musibah yang menimpa umat islam sekalian..ya Rabbal’alamin…

Terus juga terakhir saya juga ingin mengingatkan ni kita liat keadaan umat islam saat ini kesusahan, ada yang kebanjiran, Ya Allah mudah-mudahan Allah angkat ni musibah, Allah angkat ini kesulitan, kesusahan, Ya Rabbal ‘alamiin. nah diantara kita yang punya kemampuan yang punya kecukupan, ngga bisa dengan hartanya dengan pakaian bekasnya, ngga bisa dengan pakaian bekasnya minimal dengan tenaganya, ngga bisa juga tenaganya dengan do’anya, bantu mereka, kasih perhatian kepada mereka ni yang diajarkan oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam kalo kita ngga kasih perhatian kepada mereka kita khawatir orang-orang non muslim yang ambil kesempatan ini. Nauzubillah.. ini kewajiban kita. Orang-orang Anshar dipuji oleh Allah, mudah-mudahan kita masuk kedalam pujiannya Allah SWT, dipuji bagaimana? “mereka mendahulukan kebutuhan orang lain walaupun diri mereka lebih butuh dari yang lainya” begini sifat-sifat orang mukmin, ini sifat-sifat yang mencintai Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam. Ahlibaiturrasulillah dipuji oleh Allah SWT didalam Al qur’an, Sayiduna Ali ibn Abi Thalib, sayidatuna Fatimatuzzahra, Al Hasan wal Husain:

itu diceritakan oleh Allah satu surat penuh didalam Al Qur’an surat Al Insan menyebutkan sifat mereka yang mana mereka mendahulan kebutuhan orang lain gak pandang bulu, ngga cuma orang muslim doang yang mereka bantu, bahkan orang-orang non muslim tawanan-tawanan dan para tawanan tidak lain adalah orang kafir non muslim, mereka dahulukan kebutuhan non muslim daripada diri mereka sendiri. Sampai disebutkan didalam hadits shoheh oleh Nabi besar Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam ada seorang dari bani israil perhatikan ini kalo bukan kita yang jalin ama siapa lagi, Nabi ketika menyebutkan ni cerita bangga, salah seorang dari bani israil, kira-kira kalo itu itu dari bani israil nabi bangga bagaimana kalo kita umatnya yang bikin begini? Nabi bangga, Nabi cerita ada salah saorang bani Israil, penjahat, hidupnya cuma maksiat doang, sampai dibeberapa riwayat menyebutkan bahwa orang ini adalah pelacur, di tengah padang pasur kehausan, dia melihat sumur namun tidak ada timba, maka dia turun ke dasar sumur untuk meminum air, setelah minum dan sudah hilang dahaganya, dia naik ke atas begitu sampai diatas dia melihat ada anjing yang kehausan menjulurkan lidahnya sampai saking hausnya Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam bercerita ini anjing sampai makan tanah saking kehausannya, terlintas dibenaknya Ya Allah sebelum saya dapetin ini sumur keadaan saya ini sama seperti dia, saya bisa turun, kasian dia kalo turun gak bisa naik lagi, maka saat itu juga tergugah hatinya dia turun lagi kesumur pengen ambilin air bakal ni anjing, turun mau ambil air ngga ada timba, apa yang dia lakukan? Sepatunya dia buka diisi dengan air mo manjat, bagaimana? Tangan memegang sepatu yang isinya air, ngga bisa, Nabi bilang itu sepatu dia digigit kemudian dia memanjat, sampai diatas dia kasih minum tuh bakal anjing. Nabi bilang itu dosa-dosanya orang diampuni oleh Allah SWT karena apa? Karena ngasih minum bakal anjing yang kehausan, bagaimana kepada manusia, bagaimana kepada orang islam, yang beriman kepada Allah SWT, karena itu siapa yang mempunyai kemampuan diantara kita, sesuai kemampuannya insyaallah mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Cuma satu yang penting, biar kita belajar yang ikhlas..banyak tapi kalo ngga ikhlas ngga ada gunanya, sedikit tapi tulus dari dalam hati kita itu lebih dari segala-galanya. Kadang kita melihat dari orang lain ngambil kesempatan dalam kesempitan atau menari diatas penderitaan orang lain, mungkin niat mereka bagus, mudah-mudahan niat mereka bagus, Cuma kadang keadaan kayak begini sulit mereka kumpulkan bantuan pasang atribut supaya namanya naik. Kita lihat ini ngga bagus kan? Nah kita jangan kayak begitu..! yah kalo ingin menderma kita ingin berikan bantuan kita, lepas segala atribut, berharap kepada Allah, biar hanya Allah yang tau. Biar Allah yang tahu udah gak ada lagi yang lain, itu yang diharapkan, itu yang membawa keberkahan :

صدقة السر تطفئ غضب الرب

Sedekah yang dirahasiakan (kata Nabi Muhammad) itu yang akan memadamkan kemurkaan Allah SWT..”. Mudah-mudahan Allah ampuni segala dosa-dosa kita, diangkat ini musibah dan bala oleh Allah SWT. Mohon maaf apabila kepanjangan tapi ini malam ada tamu yang mulia dari Tarim mudah-mudahan bawa berkah buat kita sekalian…

wassalamu alaikum ……..

http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=452&Itemid=30

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *