Puasa nadzar digabung puasa sunnah

 

  1. 1.       Puasa bulanan…

Ass.. Bib & keluarga…Rahimakumullah…
langsung ya…
1. Ane ma temen2 biasanya puasa, 3 hari setiap awal, 3 hari di pertengahan dan 3 hari di akhir bulan hijriyah, terus kalo selain tanggal itu kita puasa senin-kamis jadi selama sebulan kita puasa kurang lebih 15 hari, puasa itu cuma kita niatin beroleh kebaikan dan ridho’Nya… nah kita puasa kaya gituh ga’ ada anjuran dari ustadz atau guru, mohon pendapatnya Bib..?
2. Ane ma temen2 khan mahasiswa neh.. kalo bisa minta amalan sehari2 untuk giat mencari ilmu yang berkah dan bermanfaat…?
3. Terakhir, minta doa dari habib buat ane ma temen2 biar kita jadi orang berguna bagi agama, keluarga dan bangsa, amin…!

 

HABIB MUNZIR MENJAWAB :

 

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Keindahan Anugerah Nya swt semoga selalu terlimpah pada hari hari anda dan keluarga,

Saudaraku yg kumuliakan,
saran saya puasa sampai 15 hari sebulan itu bukan untuk kawula muda, Rasul saw pernah melarang sahabat berbuat itu, beliau menyarankan 3 hari dalam sebulan saja dan itu menyamai puasa sepanjang tahun karena tentunya setiap ibadah dihitung 10X, namun sahabat itu memaksa Rasul saw, dan Rasul saw terus memberinya keringanan utk melebihi dan lagi dan lagi, sampai puasa daud as, yaitu sehari puasa dan sehari tidak, dan Rasul saw bersabda :”Tak ada lagi yg melebihi ini”, maksudnya itu sudah maksimal dan jangan lebih lagi, lalu berkata sahabat tsb yaitu Ibn Umar ra : “sungguh setelah kini kuingat kejadian itu, betapa ruginya aku tak menuruti saran beliau saw sejak pertama, yaitu puasa sebulan 3 hari saja.

maksudnya adalah Rasul saw telah mengajarkannya puasa sebulan 3 hari saja, namun ia melawan pendapat Rasul saw dengan pendapatnya, padahal jika ia turuti pendapat Rasul saw tsb maka niscaya itu lebih afdhal dari pendapatnya.

hal ini teriwayatkan pada shahih Bukhari, dan ini merupakan perbandingan saja, bahwa Rasul saw lebih senang para pemuda beramal dan banyak belajar ilmu, dan berdakwah, berfikir untuk maju, dan berusaha, daripada memperbanyak puasa dan qiyamullail,

kalau anda bertanya pendapat saya pribadi, bagi saya usia muda puasa senin kamis sudah paling tinggi, jika tidak maka sebulan 3 hari,

lebih dari itu tampaknya akan mengganggu aktifitas, saya pernah puasa daud selama beberapa lama, lalu saya rasakan semangat saya mulai padam, serba pesimis, dan tak mau berbuat apa apa, maka saya berhenti, karena tdk punya semangat dan daya juang.

namun ini pendapatr pribadi saya, dan anda lebih tahu sikon diri anda dan teman teman, dan jika anda melakukan hingga 15 hari sebulan tentunya ALlah tak akan menyia nyiakan pahala tsb.

2. perbanyak Subhanallahi wabihamdih, dzikir ini menerangkan jiwa dan mencerdaskan pemikiran, dan menghapus dosa, serta mengangkat dan menyingkirkan musibah, dalil dalilnya jelas dan shahih dalam hal ini.

dan perbanyak shalawat pada Nabi saw, inilah mahkota kebanggaan yg akan kita bawa kehadapan Rasul saw kelak.

3. doa pendosa ini menyertai perjuangan kalian

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a’lam

 

 

 

  1. 2.       Puasa nadzar digabung puasa sunnah

Assalammualaikum Wr.Wb

Habib munzir yang saya hormati, saya ingin menanyakan :

Jika kita mempunyai nazar untuk berpuasa, bolehkan kita melakukan puasa tsb digabung dengan niat puasa sunah seperti senin kamis.

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

Wassalammualaikum Wr.Wb.

 

HABIB MUNZIR MENJAWAB :

 

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kebahagiaan dan Cahaya Kelembutan Nya swt semoga selalu menaungi hari hari anda dan keluarga,

Saudaraku yg kumuliakan,
puasa Nadzar hukumnya wajib, namun boleh digabung dg puasa sunnah, yg tidak sah adalah menggabung puasa wajib dg puasa wajib pula.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a’lam

 

 

 

  1. 3.       bagaimana menahan amarah&ikhlas

assalamu’alaikum wr.wb
habib…bagaimana cara saya menghadapi suami yang tidak bekerja,,bagaimana saya harus bersabar dalam menghadapi suami yang sering berkata kasar,,,terkadang dengan suami yang kasar itulah saya jadi sering marah2…bagaimana cara sya menahan diri dari semua ini
terima kasih atas bimbingannya.
wassalam

 

HABIB MUNZIR MENJAWAB :

 

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Rahmat dan kelembutan Allah swt semoga selalu menerbitkan kebahagiaan pd hari hari anda,

saudariku yg kumuliakan,
suami tak wajib bekerja, namun yg wajib baginya adalah menafkahi,
nah.. jika dengan ia tak bekerja ia tak bisa menafkahi maka saudari berhak menuntut hal padanya untuk mencari nafkah, tak perlu dengan kekasaran namun dg lemah lembut dan penjelasan, jika tak bisa mengena maka bicaralah baik baik dengan ayah anda, atau kakak, atau perwakilan keluarga anda untuk kumpul dan musyawarah dg suami agar ia berubah.

mengenai kasarnya suami anda dapat melihat, apakah itu sudah sifatnya, atau memang karena stres pula dengan keadaan, jika karena keadaan maka pintar pintarnya anda menyabarkannya dan menenangkannya, karena dengan membuatnya tenang ia bisa lebih fokus pada tanggungjawabnya sebagai suami,

namun jika sifatnya demikian maka anda selaku istri berusahalah menghindari hal hal yg membangkitkan kemarahannya, dan lebih dari itu anda tak dituntut mesti berbuat lebih dari kemampuan,

jika suami berbuat kasar maka langkah istri adala bersabar, atau mengadukannya dg baik baik pada walinya (ayah anda atau lainnya) dan tak dibenarkan istri marah dan kasar pula pada suami,

demikian dalam islam, sebab jika istri membalas kemarahan suami maka bukanlah terjadi penyelesaian namun justru semakin keruh, namun jika Istri menyampaikan pada walinya hal itu lebih bisa diharapkan dapat menyelesaikan masalah.

saya berdoa semoga Allah swt segera menerbitkan kebahagiaan pada rumah tangga anda, amiin.

dan jangan lupa saudariku, Rasul saw bersabda bahwa semua kesedihan dan musibah adalah pengkikisan dosa bagi muslimin (shahih Bukhari). nah.. tenangkan diri anda, perbanyaklah istighfar, maka dengan itu Allah swt akan menyingkirkan musibah dan kesedihan.

Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a’lam

 

 

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

One response to “Puasa nadzar digabung puasa sunnah”

  1. tya says:

    suami saya slalu bilang orang lain cantik..tapi suami saya tidak pernah bilang kalau saya cantik…pdahal saya sudah berdandan spti yang suami saya maw…tpi kalau ada orang yang mendekati saya dia langsung marah” ….saya harus bagaimana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *