sedikit merubah cara berfikir, wow amazing

ketika kerja bakti, kerja bersama, kerja keroyoan, terkadang kita dihinggapi rasa iri “enaknya orang itu duduk-duduk istirahat gak seperti aku yang soro (kerja berat)” atau meilhat orang yang bagian lain “enake wong iku cuman ngambilin yang enteng-enteng” “enak tenan cuman bisa mfoto-foto doang, gak ngerti awak dewe seng west remek” dll, batin kita yang sedang protes gini gitu….

kemudian terfikir sejenak, “kita sama-sama beramal membantu, kenapa mesti iri?” pola fikir dirubah. melihat orang yang kerjanya lebih ringan dari kita atau lebih banyak istirahat. kenapa kita tidak berfikir “alhamdulillah, mereka datang membantu, saya gak bisa membayangkan bila mereka tidak membantu, saya yang harus melakukan semua, bisa-bisa tubuh ini lebih remuk dari yang sekarang, terima kasihku semua, sedikit apapun bantuanmu itu meringankan pekerjaanku” “alhamdulillah saya berkesempatan memperoleh pahala yang lebuh banyak karena membantu lebih” he3, tetapi yang permnyataan yang terakhir ini kelihatannya lebih susah karena lemahnya iman kita untuk mengejar balasan hanya dari Allah. berbeda bila bekerja karena gaji (uang) kita jarang iri terhadap bagian lain, karena fokus kita adalah imbalan yang kita terima setelahnya.

tetapi intinya dengan merubah cara berfikir kita maka keadaan hati juga akan berubah. mungkin kita tetap susuah, beban tubuh tidak berkurang, tetapi beban hati ini akan berkurang, dengan kita melakukan dengan bahagia, semua juga akan terasa indah.

mengapa kita kuat bangun malam untuk berangkat bekerja kepada manusia, tetapi kita akan sulit bangun untuk bekerja ke Allah (beribadah?)

uang satu milyar yang kita terima bisa jadi menyiksa kita, ketika kita mengharap dan membayangkan mendapat 10 milyar. dan sebaliknya uang satu milyar bisa bikin bahagia ketika kita bersyukur.

kejadian apapun yang menimpa kita, apakah dapat berubah dengan kita jengkel??? kejadian apapun dapat membuat hati kita tenang dengan memikirkan hikmah dibaliknya dan berbaik sangka terhadap siapapun terutama kepada Allah.

teringat salah satu pesan syekh mus “tanda orang mukmin itu ia tidak dapat meihat keburukan orang lain”

Aku cuman ngomong doang, hati masih diliputi drengki dan kawan-kawannya, semoga dengan irsyad para guru, syafaat rosulillah dan pertolongan Allah. saya, kita, menjadi lebih baik dan lebih baik

“ya Allah jadikanlah semua makhluk yang ada disekitarku membantuku untuk aku bahagia dunia akhirat” doa yang diajarkan p. faiz dan patut diamalkan

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

One response to “sedikit merubah cara berfikir, wow amazing”

  1. jos says:

    Terimakasih atas ilmunya, semoga dapat mengamalkan walaupun pesannya 1 kalimat, namun juga jos’e.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *