sunnah wudlu 8

Ceramah Al habib Ahmad bin Novel Bin Salim bin Jindan
Di Masjid Al Munawar – Pancoran
Senin, 3 Maret 2014

الحمد لله و الصلاة و السلام على سيدنا رسول لله محمد ابن عبد الله و على اله و صحبه و من ولاه

 

أمابعد.الحمد الله

 

Hadirin wal wadirat yang dimuliakan oleh Allah SWT mudah-mudahan kita yang hadir ditempat yang mulia ini mudah-mudahan dikasih keberkahan oleh Allah SWT khususnya yang bawa kitab yang bawa buku tulis yang bawa pulpen yang bawa siwak yang mengamalkan ini ilmu mudah-mudahan diberikan taufiq oleh Allah SWT, dibimbing oleh Allah Ta’ala, dijadikan sebagai ulama ‘amilin yang bertaqwa kepada Allah SWT yang dicintai oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam amin ya Rabbal ‘alamin…

Hadirin wal hadirat yang dimuliakan oleh Allah SWT dalam pertemuan yang lalu kita membahas tentang beberapa sunnah yang didisunnahkan saat kita membasuh kedua tangan kita sedikit kita mengulang ketika kita membasuh tangan kita saat berwudlu disunnahkan apabila kita menggayung itu air maka disunnahkan dimulai dari ujung jari tapi kalau kita berwudlu dengan menggunakan keran atau ada yang tuangkan bakal kita walaupun hukumnya makruh kalau ada yang tuangkan bakal kita, maka disunnahkan dimulai dengan siku dahulu, dari siku ke ujung jari, berbeda kalau kita gayung dengan tangan kita dimulai dengan ujung jari kita. Itu sudah kita bahas, kemudian juga kita bahas dalam pertemuan yang lalu disunnahkan memulainya dengan tangan kanan sebanyak tiga kali kemudian tangan kiri tiga kali. Dan dianjurkan juga disunnahkan untuk الدّلك menggosok, ini sunnah didalam madzhab Al Imam Syafi’i adapun didalam madzhab Al Imam Malik hukumnya wajib bagian dari rukun wudlu, naam.. kemudian juga disunnahkan dalam madzhab Al Imam Syafi’i التخليل yaitu sela-sela jari dipastikan air masuk sampai ke situ digosok, kemudian disunnahkan إطالة التحجيل membasuh sampai kepundak, sebab ini yang membedakan umat nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam dengan umat yang lain, kemudian juga cincin, cincin ditangan sudah kita bahas dalam pertemuan yang lalu yaitu kalau memang cincinnya sangat ketat dijari sehingga air tidak mungkin untuk masuk kebawah cincin maka hukumnya wajib itu cincin digerakan hingga dapat dipastikan air telah sampai kebawah cincin atau wajib dilepas, itu kalau memang cincinnya terlalu ketat sehingga air tidak mungkin sampai kebawah cincin wajib hukumnya, namun kalau memang cincinnya longgar maka sunnah untuk digerakkan sehingga air bisa masuk. Kemudian kita sudah bahas juga الموالاة yaitu membasuh kedua tangan sebelum wajah kering, kemuadian tiga kali-tiga kali dan ini sudah kita bahas mudah-mudahan sudah kita praktekkan dan kita amalkan, kemudian juga diajarkan ketika kita membasuh kedua tangan doanya:

 

اللهم اعطني كتابي بيميني وادخلني الجنة بغير حساب

 

Ya Allah berikan kepadaku kitab amal perbuatanku dengan tangan kananku dan masukkan aku kedalam surga tanpa dihisab. Sebab orang kalau sudah dihisab oleh Allah SWT berat urusannya ente liat orang yang kerja dikantor paling pusing kalau sudah akhir tahun, kenapa akhir tahun dia pada pusing? Sebab itung-itungan punya urusan setahun, itu urusan kerjaan punya setahun kerjaan dia yang sebatas itu, bagaimana urusan hidup kita? وكل كبير وصغير مستطر semua yang besar yang kecil dicatat oleh Allah SWT. Karena itu berapa banyak orang yang dihisabnya panjang. naudzubillah, mudah-mudahan jangan kita dihisab oleh Allah mudah-mudahan kita masuk surga tanpa hisab, kalo sudah dihisab oleh Allah SWT walaupun masuk surga tetap saja engga enak, terus terang berat, berat, berat, Ya Rabb kita cuma bisa berharap sama Allah SWT agar dimasukan kedalam surga tanpa dihisab oleh Allah SWT. Karena itu dalam wudlunya kita, kita minta hal yang demikian Ya Allah berikan kepadaku kitab amal perbuatanku dengan tanganku dan masukkan aku kedalam surga tanpa dihisab, minta dalam wudlunya kita, minta setiap saat kepada Allah dengan kesungguhan dari dalam hati kita, terus ketika membasuh tangan kiri kita kita berdoa kepada Allah SWT didalam doa yang diajarkan:

 

اللهم إني اعوذبك ان تؤتيني كتابي بشمالي او من وراء ظهري

 

Ya Allah aku berlindung kepadamu jangan Engkau berikan kepadaku kitab catatan amal perbuatannku dengan tangan kiriku atau dari belakang punggungku. Minta sama Allah sebab orang yang semacam itu dia yang bakal masuk kedalam neraka, naudzubillah

وأما من أوتي كتابه وراء ظهره, فسوف يدعوا ثبورا, ويصلى سعيرا, إنه كان في اهله مسرورا, إنه ظن ان لن يحور, بلى إن ربه كان به بصيرا

 

Allah bilang didalam Al Qur’an orang yang dikasih oleh Allah kitabnya dari belakang punggungnya dia bakal menjerit dihari kiamat jeritan penyesalan. dan penyesalan engga bakal bawa manfaat saat itu, kalau mau menyesal menyesallah saat didunia ketika masih hidup. Ya Rabb mudah-mudahan Allah selamatkan kita dari siksaan yang berat dihari qiamat, amiin. Kemudian sunnah yang disunnahkan saat kita membasuh kepala kita, dalam pertemuan yang lalu kita bahas bahwa membasuh kepala hukumnya salah satu rukun fardu min furudlil wudlu yang wajib dilakukan, nah berbeda dengan anggota wudlu yang sebelumnya wajah tangan dan kaki, air harus dialirkan sebab diwajah, ditangan dan dikaki disebutkan الغسل adalah air yang mengalir, berbeda dengan kepala cukup dengan المسح Allah nyatakan dalam Al Qur’an وامسحوا برءوسكم dan usaplah kepala kalian (kata Allah SWT), dan ulama mengatakan perbedaan ,المسح والغسل

 

:الغسلair mengalir, kalau المسحengga harus mengalir yang penting basahan ampe ke kepala, itu yang wajib, kemudian didalam madzhab Al Imam Syafi’i yang wajib dibasuh atau diusap dari kepala walaupun sedikit kulit kepala atau rambutnya tapi dengan catatan kalau ingin mengusap rambut, rambut yang diusap dengan air tesebut masih ada didalam batasan kepala, seperti yang kita sudah bahas orang yang rambutnya panjang seperti orang perempuan dia pengen ngusap ujungnya doang diusap, sah apa engga? Kemarin kita sudah bahas. Kenapa tidak sah? Rambut yang dia usap sudah keluar dari batasan kepala, engga sah. Mau ngusap rambut boleh tapi dengan catatan masih didalam batasan kepala, orang laki rambutnya tinggi ke atas panjang usap ujungnya doang sah apa engga? Turunin tuh rambut bagian depan turunin kedepan samping ke samping belakang kebelakang, kalau memang sudah diturunin tuh rambut bagian yang basah keluar dari batasan kepala maka tidak sah tapi kalau masih dalam batasan kepala maka sah, naam. ini didalam madzhab Al Imam Syafi’i walaupun sedikit, itu sudah kita bahas dalam pertemuan kita yang lalu, adapun sunnah-sunnahnya ketika membasuh kepala adalah membasuh seluruh bagian kepala, kalau yang wajib walaupun sedikit tapi sunnahnya membasuh kepala dari ujung sampai belakang, sebab beberapa madzhab menyatakan bahwasanya kepala diusap seluruhnya, maka keluar dari hilaf yang mewajibkan maka disunnahkan mengusap seluruh dari bagian kepala. Dan inilah yang dilakukkan oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam dan para sahabatnya, nabi Muhammad mengajarkan para sahabatnya berwudlu demikian, artinya apa? Diriwayatkan didalam hadits bahwasanya nabi besar Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam ketika beliau berwudlu beliau mengusap seluruh kepala dari ujung bagian depan kebelakang kemudian dikembalikan lagi, bagaimana caranya? Ini kedua jempol kita taro dipelipis kemudian jari-jari kita taro diatas jidat kita setelah kita basahi air, terus setelah itu kita kebelakannya kita usap ini usap ni rambut kita kepala kita kita gerakan ampe kebelakang ampe keleher sampai dibelakang kalau memang rambutnya terlalu pendek atau botak itu ulama bilang engga harus dikembalikan lagi itu tangannya kedepan, tapi kalau memang rambutnya standar ada sedikit rambutnya maka sunnah untuk dikembalikan lagi kekedepan, jadi bagian depannya kena air kena basuhan bagian belakangnya juga kena basuhan dari semua arah, ini yang disunnahkan. Perempuan yang rambutnya panjang bagaimana? Setelah apanamanya seperti tadi yang saya bilang , taro jempol dipelipis semua jari-jari dijidat kemudian digerakan tangannya sampe kebelakang, nah perempuan yang rambutnya panjang sunnah dikembalikan lagi gak tangannya kedepan? Didalam mengusap kepala? Kalau perempuan yang rambutnya panjang engga, cukup kebelakang aja. Hadza caranya seperti itu, itu yang diajarkan oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam. Kemudian itu salah satu sunnahnya saya kira bisa dimengerti. Kemudian diantara sunnahnya juga الموالاة apa artinya الموالاة kemarin kita sudah bahas, tadi juga sudah disebutkan الموالاة adalah mengusap kepala sebelum tangan kering, sebelumnya kita membasuh kedua tangan sebelum membasuh kedua tangan itu kering airnya kita sudah mengusap kepala lagi hadza namanya الموالاة kemudian juga disunnahkan ketika kita membasuh kepala, telinga juga dibasuh sedikit biar kena telinga bukan sedikit tapi telinga juga kena basuhan dari kepala, kenapa? Sebab ada beberapa ulama mengatakan bahwasanya telinga juga bagian dari kepala, karena itu sunnah untuk dibasuh. Ini beberapa sunnah yang disebutkan. Kemudian sunnah yang berikutnya. Mengusap kepala berapa kali? Kita membasuh muka tiga kali, membasuh tangan tiga kali yang lain-lainnya tiga kali, kepala tiga kali apa berapa kali? Tiga kali apa bukan? Disini ulama bebeda pendapat ada yang mengatakan bahwasanya mengusap kepala disunnahkan tiga kali dan ada lagi ulama mengatakan mengusap kepala satu kali. Sebab diriwayatkan juga dua riwayat didalam hadits diriwayatkan Sayidina Utsman ibnu Affan radiallahu ta’ala anhu wa ardlo ketika beliau memberikan pengajaran kepada beberapa orang tentang wudlu beliau memberikan contoh. Sayidina Utsman berwudlu beliau membasuh kedua telapak tangannya kemudian kumur-kumur, membasuh hidung mengeluarkan air dari hidung dan membasuh mukanya tiga kali-tiga kali, membasuh tangan kanannya tiga kali membasuh tangan kirinya tiga kali kemudian mengusap kepala engga disebut tiga kali, ثم مسح برأسهini riwayat. Kemudian setelah itu membasuh kaki kanannya tiga kali kemudian membasuh kaki kananya tiga kali kaki kirinya tiga kali setelah itu beliau bilang:

 

رأيت رسول الله صلى الله عليه وعلى اله وصحبه وسلم توضأ نحو وضوء هذا

 

saya telah melihat Rasulullah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam berwudlu dengan cara semacam ini yang aku contohnya seperti ini. Itu riwayat. Didalam riwayat yang lain Sayidina Utsman menceritakan juga bahwasanya mengusap kepala tiga kali-tiga kali, disana ada riwayat yang lain yang diriwayatkan oleh Sayidina Ali ibn Abi Thalib yang lebih jelas lagi lebih nyata lagi Sayidina Ali ibn Abi Thalib mengatakan ketika menjelaskan sifat wudlunya Rasulullah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam,

 

ومسح برأسه وحدة

 

Sayidina Ali ibn Abi Thalib mengatakan bahwasanya Rasululillah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam mengusap kepalanya satu kali, ni saya bawakan beberapa riwayat semacam ini yang intinya ini dalil-dalilnya semua bahwasanya saya bawakan beberpa dari hadits-hadits Rasulullah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam initinya bahwasanya apa yang diajarkan oleh fuqoha kita didalam fiqih semuanya ada dalilnya didalam Al qur’an dari sunnah-sunnahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam baik yang disunnahkan tiga kali maupun yang disunnahkan mengusap kepala satu kali semuanya ada dalilnya dari nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, habis yang harus kita lakukan bagaimana? Silahkan kalau ente pengen mengusap kepala tiga kali atau satu kali tidak ada masalah semuanya sunnahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, adapun yang biasa dilakukan Sayidina Imam Al Qutub Alhabib Abdullah bin Alwy haddad, habib Abdullah bin Alwy Haddad seorang ulama besar dizamannya بلغ درجة الإجتهاد beliau punya إختيارات, diantara ikhtiar beliau didalam wudlu didalam mengusap kepala lebih condong kepada pernyataan ulama yang menyatakan bahwasanya mengusap kepala satu kali bukan tiga kali, sehingga kebiasaan alhabib Abdullah Haddad ketika beliau berwudlu beliau mengusap kepalanya satu kali mengikuti sunnah yang mengatakan satu kali, naam walaupun ulama yang lain mengatakan sunnah mengusap kepala tiga kali, saya kira jelas tentang sunnah-sunnah tersebut, ini sunnah yang dianjurkan saat mengusap kepala. Tinggal yang terakhir adalah do’anya. Do’anya apa? Sebagaimana saat dari awal wudlu cara-cara wudlu kita dari mulai membasuh telapak tangan, kumur-kumur, mengeluarkan air dari hidung, muka, tangan, semuanya ada doanya begitu juga saat mengusap kepala Itu ada do’anya. Apa do’anya? Do’anya kita minta sama Allah saat mengusap kepala kita baik satu kali ataupun tiga kali, kita minta sama Allah :

 

اللهم غشني برحمتك وانزل علي من بركاتك واظلني تحت ظل عرشك يوم لا ظل الا ظلك, اللهم حرم شعري وبشري على النار

 

apa artinya? Kita minta sama Allah, Ya Rabb curahkan untukku ini rahmat dan kasih sayang Mu, Ya Allah turunkan untukku keberkahan dari-MU untukku, dan Naungi aku dihari kiamat dibawah naungan ars-Mu, dibawah naungan rahmat-Mu, dimana seseorang saat itu mereka tidak akan mendapati tempat bernaung melainkan dibawah Rahmat-Mu ya Allah. Kemudian yang berikutnya kita minta sama Allah:

 

اللهم حرم شعري وبشري على النار

 

Ya Allah haramkan rambutku dan kulitku untuk dibakar api neraka, minta begitu sama Allah. Minta sama Allah supaya rambut kita kulit kita tidak dibakar diapi neraka, terus terang kaggak enak kalau dibakar diapi neraka jangankan api neraka api dunia aja kagga enak, Ya Rabb mudah-mudahan kita dijaga dari siksa dan api neraka,

 

اللهم إنا نسألك رضاك والجنة ونعوذبك من سخطك والنار

 

kemudian pembahasan yang terakhir tentang مسح الرأس mengusap kepala. Saat mengusap kepala kita dianjurkan untuk membuka kopiahnya kita saat sebelum wudlu jadi kepala bisa diusap dengan sunnah-sunnahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam tapi kadang kita engga mau buka kopiahnya kita, gimana? Ana mau kasih tau ente. ArRasul Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam beberapa kali beliau itu ketika berwudlu ketika membasuh mengusap bagian kepala Rasul tidak membuka imamahnya atau sorban yang ada dikepala atau kopiahnya, beliau hanya sebagai mana yang dirwayatkan oleh Sayiduna Annas ibnu Malik beliau mengambil sedikit air dan mengusapkan dibagian kulit kepalanya yang wajib untuk menggugurkan kewajiban terkadang Rasul semacam itu, setelah itu beliau melakukan sunnah yang saya tadi saya ajarkan itu, naro jempol dipelipis tapi diusapkannya bukan dirambut tapi diatas imamahnya beliau dan dikembalikan lagi, hadza sebagai ganti untuk mengusap kepala, untuk mengambil sunnah mengusap kepala. Faham engga, pertama yang beliau lakukan adalah untuk menggugurkan kewajiban dulu, apa kewajiban yang musti dilakukan? musti ada air yang sampai kekepala walaupun sedikit, itu dulu gugurkan, kemudian itu kita pengen mengamalkan ini sunnah cuma imama atau kopiah atau mungkin orang perempuan kerudungannya kagga ingin dilepas tapi pengen juga ngamalin sunnah, boleh juga lakukan seperti mengusap kepala walaupun tidak dilepas itu imamahnya atau kopiahnya atau kerudungannya dan ini sangat bermanfaat bakal orang perempuan ketika dia wudlu dimasjid jadi engga harus buka kerudungannya sehingga dilihat itu rambutnya oleh semua orang, cukup gugurkan kewajiban sampaikan basah ke bagian kepala yang wajib kemudian setelah itu lakukan yang sunnah dengan mengusap kerudungan yang ada dikepala nah itu sunnahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, mudahan bisa kita praktekkan bisa kita amalkan. Tinggal berikutnya akan dibahas tentang mengusap kedua telinga. Mengusap kedua telinga hukumnya sunnah. Hukumnya sunnah. Terus caranya pun banyak, caranya pun itu yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, yang pertama ketika mengusap telinga berbeda dengan kedua tangan, kalau tangan kita disunnahkan untuk memulai dengan tangan kanan selesai tangan kanan baru tangan kiri, kalau telinga mengusapnya apakah dimulai dengan kanan baru kiri atau bagaimana? Kita katakan kalau telinga engga seperti itu tapi sekaligus dua-duanya bersamaan kanan dan kiri menjadi satu, itu yang disunnahkan seperti itu kecuali orang yang tangannya buntung tangannya cuma satu orang yang seperti ini disunnahkan ketika mengusap telinganya mulai dari yang kanan dulu kemudian yang kiri sebab tangannya dia cuma satu. Tapi kalau dia orangnya normal maka sekaligus bebarengan, kemudian caranya; basahi kita punya tangan, kemudian setelah kita basahkan kita punya tangan jari telunjuk kita masukan kedalam telinga kita dan biar lengkungan-lengkungan yang ada ditelinga kita biar digosok biar air masuk keseluruh lengkungan yang ada ditelinga kita, setelah selesai semuanya itu terus jempol kita untuk mengusap belakang telinga kita, dan hal yang semacam ini dilakukan tiga kali-tiga kali, setelah itu disunnahkan lagi basahin tangan kita khususnya jari telunjuk kita atau jari kelingking kita, apa yang kita lakukan? Tuh telunjuk dan kelingking tadi yang sudah basah gunakan untuk membersihkan lobang telinga kita. Sebanyak tiga kali. Selesai sampai disitu ntar dulu masih ada yang lain, basahin kedua telapak tangan sudah selesai basahin kedua telapak tangan ni kedua telapak tangan ditaro ditelinga tiga kali-tiga kali. Jadi totalnya berapa kali mengusap telinga? Berapa kali? Coba itung? Sembilan kali saat kita mengusap tapi ditambah ditambah sama mengusap kepala, jadi dua belas tambah lagi ama yang mengusap wajah, berapa jadinya? Lima belas kali Ini yang paling banyak ketika membasuh telinga, terus juga ada do’anya. Apa do’a yang disunnahkan, minta sama Allah SWT;

 

اللهم اسمعني منادي الجنة في الجنة مع الأبرار واجعلني من الذين يستمعون القول فيتبعون احسنه minta sama Allah SWT; Ya Allah perdengarkan untukku panggilan surga yang memanggil diriku nanti. surga memanggil-manggil penghuninya. Mudah-mudahan kita dijadikan oleh Allah sebagi orang yang mendengar tuh panggilan Ya Rabb mudah-mudahan, sebab yang kagak ngedenger berarti bukan penghuninya engga dipanggil, mudah-mudahan kita termasuk orang yang dipanggil oleh Allah SWT, paling enak perempuan nih ibu-ibu, perempuan yang pada diatas yang pada hadir dibelakang, paling enak masuk surganya gampang banget, mudah-mudahan ini perempuan-perempuan smuanya kita juga yang laki masuk surganya dengan mudah, amiin insyaallah. Bakal orang perempuan AnNabi Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam bilang didalam haditsnya, orang perempuan mau masuk surga mudah makanya kita heran ama orang zaman sekarang uh pengen persamaan sama orang laki, jadi orang laki kagga enak kewajibannya banyak, masuk surganya juga terus terang banyak tanggungan tapi orang perempuan enak masuk surganya dengan mudah, seorang wanita bisa masuk surga cuma dengan empat perkara saja.

 

قال النبي صلى الله عليه وسلم: إذا صلت المرءة خمسها وصامت شهرها وحفظت فرجها واطاعت زوجها قيل لها ادخلي من اي ابواب الجنة شئت

 

AnNabi Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam bilang; Seorang wanita apabila dia shalat lima waktu dengan bener, puasa bulan ramadhan bener, yang ketiga dia jaga kemaluanya dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT dan dia jaga kehormatannya dia tutup auratnya, jangan berhubungan dengan laki-laki yang tidak ada mahramnya tidak ada ikatan perkawinan, jaga kehormatan tutup aurat, nih nabi bilang shalat lima waktu puasa bulan ramadhan bener terus dia jaga kehormatannya dia jaga kemaluannya dari hal-hal yang diharomkan oleh Allah dia tutup auratnya itu yang ketiga, yang keempat taat sama suami, nih empat perkara, empat perkara doang, shalat lima waktu, puasa ramadhan, tutup aurat jaga kemaluan dari yang diharomkan Allah dan taat sama suami, ni empat perkara kalau dilakukan oleh wanita nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam mengatakan قيل لها itu akan dipanggil oleh surga, ni wanita bakal dipanggil saya bilang saya katakan ni kalau kita mau masuk ke ini masjid tuh pintu gede orang segede banyak, bisa sekaligus masuk? Ngantri desak-desakan umat nabi Muhammad engga cuma kita yang dimasjid almunawar saja, umat nabi Muhammad banyak banget kira-kira kalau kita masuk surga mudah-mudahan masuk surga, cuma kalau kita masuk surga antrian nomer berapa kita? Kalau masuk surga antrian nomer berapa? waduh panjang antriannya, itu kalau masuk surga umat nabi Muhammad banyak banget engga ke hitung, tapi jadi orang perempuan saya bilang udah paling enak. Engga pake ngantri, dipanggil, dipanggil…apa panggilannaya? ادخلي من اي ابوبا الجنة شئت wahai wanita yang sepert ini (yang disebutin ama nabi) yang jalanin empat perkara tadi, masuklah engkau kedalam surga melalui pintu yang mana aja. Surga ada delapan pintu neraka ada tujuh pintu, ada pintu dhuha ada pintu wudlu ada pintu sholat ada pintu jihad dan lain sebagainya, ada pintu jihad nih seorang wanita walaupun seorang wanita tidak berjihad dimedan perang tapi kalau dia melaksanakan empat perkara ini dia dipanggil oleh surga untuk masuk kedalam surga dari pintu yang mana saja termasuk pintu jihad fisabilillah tuh ada delapan pintu dipanggil hai ayo masuk dari sini, jangankan dari delapan pintu dari lotengnya dia boleh masuk, tuh surga punya dia. Ya Rabb mudah-mudahan Allah masukan kita kedalam surga. Amiin. Ini empat perkara bakal wanita biar masuk surga, shalat lima waktu bener puasa bener jaga kehormatan tutup auratnya jaga kemaluannya dari hal yang diharamkan Allah kemudian taat sama suami masuk surga dari mana saja. Dia mendengar panggilan surga makanya setiap wudlu kita minta sama Allah Ya Rabb perdengarkan kepadaku panggilan surga yang memanggil diriku dihari kiamat nanti. Ya Rabb mudah-mudahan kita diperdengarkan oleh Allah SWT, terus juga didalam do’a kita minta sama Allah SWT :

 

اللهم اجعلني من الذين يستمعون القول فيتبعون احسنه

 

Ya Allah jadikan aku ini sebagai orang yang mendengar ucapan bagus dan menjalankannya dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah ana ente semuanya disini kita sudah dipilih sama Allah untuk bisa ngedenger dari tadi sudah dibacain maulid, syair pujian yang indah untuk Rasulullah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, nasihat dalam syair-syair yang dilantunkan tadi habib Ali bin Muhammad Habsyi dalam syair lantunannya ngingetikan kita !

 

اقم شاهد التقصير منك مع الضعف – عسى واسع الألطاف يدرك باللطف

 

tuh nasihat dari habib Ali Habsyi bakal kita ni kita jangan sombong biar kita sadar tau diri kalau kita tuh banyak kurang sama Allah, sehebat apapun seseorang sama Allah jangankan dirinya malaikat miliaran tahun diciptain sama Allah sujud sampai hari kiamat engga bangun-bangun ketika dibangkitkan dihari kiamat dia mengucapkan sama Allah :

 

يا رب سبحانك ما عبدناك حق عبادتك ولا عرفناك حق معرفتك

 

Engga cukup sampai disitu harus dipraktekkan dan diamalkan. Mudah-mudahan Allah bimbing kita dijalan yang diridhoi Allah SWT. Nah ini beberapa hal-hal yang disunnahkan oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam saat berwudlu, saat mengusap kepala dan mengusap telinga insyaallah masih ada beberapa sunah-sunnah lagi, bukan beberapa sebenarnya banyak cuma mudah-mudahan kita bisa jalankan dan kita praktekakan.

 

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT sedikit saya pengen cerita beberapa hari lalu kita dan temen-temen termasuk guru kita alhabib Hud bin Muhammad Albaqir Al Attas, habib Abdurahman Basyurah, juga saya mewakili alhabib Muhsin dan para ulama yang lainnya hadir acara-acara maulid di Singapura, kita seneng ketika ngeliat kota Jakarta bulan maulid penuh dengan acara maulid, tapi ni karunia Allah bukan buat kita orang saja disingapura juga begitu, kalau kita lebih banyak tuh dari awal maulid sampai kalau maulid-maulid habaib diakhir bulan Rabiul Awal kalau disana diakhir bulan Rabiutsani itu tiap hari dari pagi, siang, sore ampe malam acara maulid engga berhenti, tiap hari terus yang hadir banyak banget kita hadir hari kamis acara haul dari pada seorang ulama besar Alhabib Muhammad bin Salim Al Attas dimasjid Ba’lawi. Muhammad bin Salim ibnil Imam Al Qutub Ahmad bin Hasan Al Attas terus hari sabtu kita hadir acara haul dari pada seorang wali besar dinegeri Singapura, Alhabib Nuh bin Muhammad Habsyi peminpin para aulia di itu negeri, hari ahadnya kita hadir dari pada haulnya seorang ulama besar meninggal sekitar delapan belas tahun yang lalu, tapi gurunya para habaib-habaib bahkan para habaib-habaib ulama hadramaut dikota tarim belajarnya sama ulama yang berada disingapura ini dia yang diadakan haulnya, AsSyaikh Umar bin Abdullah Al Khatib meninggal sekitar delapan belas tahun yang lalu hadza Syeikh Umar tiap hari wiridnya sembahyang baca Al Qur’an dari awal sampai akhir dalam shalatnya dia khatamin Al Qur’annya tiap hari. Dari sejak dia masih belasan tahun umurnya sampai meninggal dunia seperti ini terus ilmunya yang begitu luas hafalan Qur’an yang sangat kuat kalau kita sudah hafal qur’an kita belepotan hapalan kita tapi kalau dia saking kuatnya hafalan Al Qur’annya ente suru baca dari belakang ke depan dia bisa, kita tiap hari baca suratul fatehah dalam shalat siapa diantara kita dengan lancar bisa baca surat fatehah kebalik? Dari ولاالضالين baru keatas? Nah dia saking kuat hafalannya engga cuma fatehah al Qur’an tuh dari awal sampai akhir dia baca kebalik dari akhir ampe awal, wal hasil disitu kita hadir acara, yang hadir dalam haul habib Muhammad bin Salim Al Attas, haul Alhabib Nuh bin Muhammad Alhabsyi dan acara haul yang lain banyak ada sekitar sembilan ribu orang yang hadir tapi saya bilang untuk singapura itu sembilan ribu orang bukan banyak, banyak banget tambahin lagi nolnya dua kenapa kita disini yang hadir disini tdi Almunawar sekitar dua puluh lima ribu orang tapi bandingin dengan jumlah yang ada dikota jakarta doang jakartanya ada delapan juta penduduk, atau bisa sembilan atau sebelas juta disana penduduknya cuma tiga juta lebih yang hadir sembilan ribu orang masyaallah,. berapa persen dari umat islam yang hadir disitu? Umat islam jumlahnya sekitar tiga ratus ribu orang yang hadir sembilan ribu orang, masyaallah tuh lihat keberkahan bagaimana? Makanya anugrah Allah engga hanya sempit disatu kelompok atau disatu tempat saja ente pergi kemanapun tempat ente bakal dapetin bakal menyaksikan karunia Allah anugrah Allah bakal ini umatnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, terus ada satu hal kenapa saya cerita ini semua, ada satu hal yang istimewa dari ini semua yang saya saksikan sendiri yang saya kira para habib juga menyaksikan hal yang luar biasa, disana ada namanya maulid anak yatim, apa tuh namanya maulid anak yatim? Ni acara-acara maulid disemua tempat orang pada hadir tapi dimasjid Ba’lawiy yang dipimpin oleh habib Hasan bin Muhammad bin Salim Al Attas itu hari sabtu pagi beliau bikin maulid khusus untuk anak-anak yatim, kalau kita bikin santunan khusus anak-anak yatim, ni juga maulid tapi maulid khusus anak-anak yatim, jadi yang hadir disitu anak-anak yatim dia baca maulid ikut hadir, maulid anak yatim. Dan yang luar biasa anak-anak yatim yang ada disitu bukan orang islam aja tapi orang non muslim juga ikut hadir, terus dikasih santunan baik yang muslim ataupun yang non muslim terus disitu juga hadir orang-orang jompo orang-orang cacat abis gitu makan, makan itu sudah disiapin kedai-kedai makan gratis, disini kedai burger disitu lagi ada kedai spagety makanan yang mewah semua bakal dia orang yang ini lagi cokelat yang ini lagi es cream yang ini lagi mainan yang jelas mereka semuanya puas, ente kalau hadir itu waktu ente bakal lihat yang tua yang muda yang habaib yang ulama dan mereka yang hadir anak-anak yatim semua yang terlihat semua cuma senyuman dan kebahagiaan sama air mata terharu ketika melihat ini semua, terus juga yang saya suka dari situ ada orang-orang tua ada orang-orang cacat.. Teman teman di masjid ba’alawi disana di didik. Kalau kita ngelihat orang cacat kita manggilnya orang cacat disana engga boleh manggil dengan sebutan orang cacat, tau disana manggil apa? Dengan sebutan orang istimewa. Lihat perbedaannya orang cacat sama orang istimewa sampai bahasanya pun indah dan halus, orang-orang tua kita disini di panggil dengan sebutan orang tua orang jompo disana dimasjid Ba’lawi engga boleh memanggil dengan panggilan orang jompo, manggilnya tau dengan sebutan apa? Orang lama. Lihat adab bagaimana? Lihat tatakrama diajarkan, diperuntukan untuk yang sudah masuk umur, tua, tapi mereka tidak diperkenankan untuk memanggil orang tua, manggilnya apa? Orang lama. Saya kira cerita begini supaya jadi panutan bakal kita, contoh menarik yang bisa kita ikutin dan inilah bagian dari syariah nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam dan engga pandang bulu termasuk orang-orang non muslim dapat santunan dapat perhatian saat itu, dan ini yang dipuji oleh Allah untuk keluarga nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam didalam Al Qur’an Allah menyatakan :

 

ويطعمون الطعام على حبه مسكينا ويتيما واسيرا

 

Sifatnya keluarga nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam yang dibanggakan oleh Allah mereka selalu bagi-bagi makanan bakal anak-anak yatim bakal orang-orang miskin dan tawanan, dan tawanan engga bakal jadi tawanan melainkan kalau dia bukan non muslim, walaupun non muslim kebagian dan mendapat perhatian dan inilah yang dibawa nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam. Mudah-mudahan kita mendapat keberkahan dari Allah SWT, dibimbing oleh Allah kejalan yang diridloi Allah SWT, mudah-mudahan kita semua yang hadir disini dipanggil oleh Allah kedalam surganya Allah SWT, engga ngantri lagi, lewat jalur VIP insyaallah kita masuk kedalam surganya Allah bersama nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam…Amiin ya rabbal alamin

 

هذا الدعاء ومنك الإجابة …. هذا الدعاء ومنك الإجابة ….. هذا الدعاء ومنك الإجابة

 

يا رب العالمين ويااجود الأجودين ويا راحم المساكين ويا ذا القوة المتين وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين والحمد لله رب العالمين

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *