tahiyat

tentang Makna bacaan Tasyahhud (tahiyyatul awal)

Oleh :Sayyidil Habib Ali Aljufri

ketika engkau sedang dalam duduk bertahiyyat. Perhatikanlah bacaannya, Itu bukan bacaan sembarangan, itu kalimat yang terlontar dalam peristiwa agung yaitu pertemuan antara Allah dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa alaa aalihi wasallam (saat isra mi’raj) Dengan mendalami maknanya, kamu akan terbimbing dalam kehidupan orang orang shalih,
di saat Nabi berkata,

التحيات ألمباركات الصلوات الطيبات لله
“Attahiyyatul mubaarokaatush sholawaatut thoyyibaatu lillah –Segala penghormatan yang diberkahi dan segala rahmat yang teramat luhur adalah milik Allah semata”
Setelah Rasulullah mengatakan hal itu,Allah menyampaikan salam kepada beliau
السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته
Assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullahi wabarokatuh”
salam sejahatera semoga tercurah kepada mu, wahai Nabi Muhammad..semoga juga Rahmat Allah dan Berkah-Nya pun tercurah kepadamu wahai Nabii,
Nabipun menjawab:
السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين
semoga salam sejahtera tercurah kepada kami dan hamba-hamba-Mu yang sholeh.
Habib Ali menjelaskan, ‘Perhatikan lah, Dalam keluhuran dan ketinggian derajatnya, beliau tak melupakan ummatnya, terutama orang orang shalih agar mereka turut merasakan kebahagiaan sebagaimana yang beliau rasakan.

Allah mengabulkan doa Nabi dengan menyerahkan kunci pintu syurga bagi Rasulullah dan semua orang beriman..
Apakah kunci Surga? Kunci Untuk Memasuki Syurga Adalah Dengan Mengucap Dua Kalimah Syahadah dan Bertakwa Kepada Allah SUbhanahu WaTa’Ala.
أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله اللهم صل على سيد نا محمد
ASYHADU AN LA ILAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN RASULULLAH.
aku (bersaksi) bahwa tak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau ya Allah, dan aku (bersaksi) sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan-Mu Ya Allah. –

Rasulullah SAW bersabda :“Tidaklah seorang hamba yang bertemu Allah dengan dua kalimah ini tanpa sebarang syak melainkan akan masuk syurga.” (Hadis Riwayat Muslim), Sabda baginda lagi dalam hadits yang lain yang bermaksud :“Barangsiapa yang bersaksi bahawa tiada Tuhan melainkan Allah dan ba­hwa Muhammad adalah utusan Allah, nescaya Allah haramkan ke atasnya neraka.” (Hadis Riwayat Muslim)..
Dan sebagai penutup dibacalah sholawat..
الله اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد
Allahumma salli ‘ala Sayyidina Muhammad. Wa’ala a-li Sayyidina Muhammad.
Ya Allah, limpahkan shalawat-Mu kepada Nabi Muhammad dan limpahkan juga shalawat kepada keluarga Nabi Muhammad”

Shalawat adalah doa atau seruan kepada Allah. Membaca shalawat untuk Nabi, memiliki maksud mendoakan atau memohonkan berkah kepada Allah untuk Nabi. sholawat adalah salah satu bagian dari keimanan seorang muslim / muslimat. ALLAH berfirman:
إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا“
Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya.” (Al-Ahzab: 56)

Yang dimaksud dengan Allah bershalawat kepada Nabi adalah bahwa Allah memberinya rahmat. Dan rahmat itu adalah kasih sayang yang selalu mendampingi beliau.

Sedangkan makna para malaikat bershalawat kepada nabi adalah memintakan ampunan.
Sedangkan bila shalawat itu dari orang mukmin maka maknanya adalah doa supaya beliau diberi rahmat dan kasih sayang.yang nantinya rahmat, ampunan dan doa akan kembali ke si pengamal sholawat tersebut.

RASULALLAH Shallallahu alaihi wa alaa aalihi wasallam BERSABDA :“Bacalah kamu sekalian sholawat kepada-ku, maka sesungguhnya bacaan Sholawat kepada-ku itu menjadi penebus dosa dan pembersih bagi kamu sekalian dan barang siapa membaca Sholawat kepada-ku satu kali, Allah membalas kepadanya sepuluh kali (RIWAYAT IBNU ABI ‘ASHIM DARI ANAS bin’ MALIK)

Adalah sangat baik dan bermanfaat, jika dalam shalat, kita meresapi bacaan bacaan itu,

sumber : https://www.facebook.com/groups/ThoriqahSarkubiyah/permalink/1042139115813562/

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *