tanya jawab dengan habib munzir

59. Apa hukumnya adzan di telinga bayi saat dilahirkan?

Jawab : Hal itu sunnah, Rasul saw mengadzankan cucu beliau saw yaitu Sayyidina Husein ra ketika dilahirkan oleh Sayyidatuna Fatimah Azzahra ra. Demikian teriwayatkan pada Mustadrak ala Shahihain dan hadits ini shahih.

60. Bagaimana hukum bekerja di bank konvensional?

Jawab : Saudaraku yang kumuliakan, tentunya pekerjaan ini berkaitan langsung dengan hal yang tak dibenarkan dalam islam, yaitu riba (bunga), firman Allah swt : “mereka yang memakan riba tiadalah mereka bisa berdiri (dihari kiamat) kecuali seperti orang yang kesurupan syaitan, karena mereka mengatakan perdagangan riba sama dengan perdagangan biasa, dan Allah swt menghalalkan perdagangan dan mengharamkan riba, maka mereka yang mendengar peringatan Allah akan hal ini dan berhenti maka untuk dosa yang terdahulu atas mereka adalah urusan Allah (diampuni), namun mereka yang meneruskannya maka mereka kekal di neraka” (QS. Al Baqarah : 275)

Firman Allah swt : “Wahai orang orang yg beriman bertakwalah pada Allah dan tinggalkan riba yg telah kalian lakukan jika kalian beriman” (QS. Al Baqarah : 278).

Maka solusi kita adalah menghindarinya semampunya, jika kita terjebak kebutuhan primer maka teruslah bekerja namun terus berusaha mencari pekerjaan lain yang lebih baik, jauh berbeda antara orang yang tenang – tenang menikmati pekerjaan yang padanya banyak hal yang diingkari syariah, jauh beda dimata Allah dengan orang yang terjebak dan berusaha menyelamatkan diri walau belum berhasil, maka Allah swt akan memberikan bantuan dan maaf-Nya swt. Dan disarankan mereka untuk memperbanyak sedekah dan amal shalih demi mengharapkan Rahmat Allah swt, sambil terus berusaha mencari usaha lainnya walau ia masih terus bekerja di Bank konvensional tersebut.

Namun usahanya utk mencari pekerjaan lain itu dapat dijadikan hujjah yang menolongnya saat dihadapan Allah swt kelak. Namun sebagian besar para karyawan bank konvensional tak terlalu perduli akan hal ini, namun kita tentunya membangkitkan iman mereka, jika iman mereka bangkit maka mereka akan lebih mawas diri.

61. Apakah hukumnya mandi di tujuh sumur?, apakah itu syirik?

Jawab : Hal itu sunnah, diriwayatkan pada Shahih Bukhari bahwa Rasul saw ketika sakit minta ditumpahkan padanya air dari 7 qirbah (qirbah kantung air), dan berkata Hujjatul Islam Al Imam Ibn Hajar bahwa diriwayatkan pada riwayat Imam Tabrani bahwa Rasul saw meminta air dari 7 sumur, (Fathul Baari bisyarah shahih Bukhari Bab Wudhu Juz 1 hal 315 hadits No.191) maka hal ini sunnah, sungguh bukan syirik.

62. Saya selalu terkena musibah

Jawab : Tenangkan hati anda saudaraku tercinta, Allah swt Maha Mengatur keadaan, tiada musibah yang abadi, sebagaimana pergantian siang dan malam tak bisa dihindari, namun Allah swt ciptakan pepohonan agar kita bisa berteduh saat panas matahari, dan Allah ciptakan Api agar kita bisa punya penerangan dimalam hari, itulah rahmat Nya swt, pasti ada dalam setiap kekalutan.. kekalutan yang paling pekat sekalipun akan berubah menjadi penyelesaian yang menyenangkan.. sebagaimana gelap gulitanya malam yang mengerikan bisa jadi indah dengan adanya lentera, jangan putus asa saudaraku.

 

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *