Tingkatan IQ, IQ tidak menjamin keberhasilan

Tadi ngomong-ngomong masalah IQ apalagi setelah ada yang tanya ketika di kelas, pak kenapa IQ saya segini kok ndak bisa-bisa (he3, padahal IQnya diatas saya), maklumnya guru menang pengalaman, bukan begitu???

so cari2 info…..

 

IQ singkatan dari Intellegence Quotien yaitu ukuran kemampuan manusia dalam berfikir,menghitung,menghafal dan mempertimbangkan sesuatu. Ciri-ciri seseorang dengan tingkat IQ tinggi adalah cerdas,bereaksi cepat dan teliti.

1. Idiot (0-29).
Manusia dengan tingkat IQ idiot merupakan individu terbelakang paling rendah, perkembangan tingkat kecerdasannya sama seperti anak umur 2 tahun meskipun umurnya telah dewasa. Tidak dapat berbicara hanya beberapa kata saja,tidak bisa mengurus diri sendiri,tubuhnya rentan penyakit,sering tidak berumur panjang. Mereka tinggal ditempat tidur selamanya.
2. Imbecile (30-40).
Kemampuan kecerdasannya sama dengan anak-anak umur 3-7 tahun, bisa mandiri dan berkata-kata tetapi dengan pengawasan dan perlu sekolah khusus karena tetap bergantung ke orang lain.
3. Moron atau Debil (50-69).
Bisa membaca,menulis dan perhitungan sederhana, bisa diberikan tugas tanpa perencanaan dan pemecahan. Biasanya mereka sekolah di sekolah luar biasa.
4. Kelompok bodoh (70-79)
Mereka dengan susah payah untuk menyelesaikan pekerjaannya. Kelompok ini diatas terbelang dan dibawah kelompok normal, mereka biasanya bisa sampai SMP tetapi dengan susah payah menyelesaikan pelajaran kelas 3.
5.Normal rendah (80-89)
Kelompok ini termasuk normal sedang paling bawah. Mereka biasanya bisa lulus SMA tetapi agak kesulitan di SMA.
6. Normal sedang (90-109)
Kelompok ini merupakan kelompok normal rata-rata atau sedang. Kelompok ini paling besar dalam populasi penduduk.
7. Normal tinggi (110-119).
Kelompok ini merupakan kelompok individu yang normal tetapi berada pada tingkat yang tinggi.
8.Cerdas/Superior(120-129).
Kelompok ini  berhasil dalam prestasi akademik.
 
9.Sangat cerdas (130-139).
Kelompok ini lebih cakap dalam membaca dan mempunya pengetahuan sangat baik tentang bilangan, perbendaharaan kata yang banyak dan memahami hal yang abstrak.Faktor ketangkasan,kekuatan dan kesehatan lebih menonjol dari pada anak normal.
10.Genius ( >140).
Kelompok ini sangat luar biasa mereka mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan menemukan sesuatu yang baru meskipun tidak bersekolah. Mereka berada disemua ras dan bangsa dan disemua tingkatan baik ekonomi maupun jenis kelamin. Contoh kelompok ini adalah Einstein dan Thomas Alva Edison.(160).
Menurut Goldman ukuran IQ diatas hanya 20 % menentukan tingkat keberhasilan seseorang, 80 % ditentukan oleh tingkat kecerdasan emosi atau EQ ( Emotional Quotien) yaitu ukuran kemampuan seseorang dalam mengkoordinasikan pikiran,perasaan dan tindakan, atau disebut juga kecerdasan mengendalikan emosi diri.
Ciri seseorang dengan tingkat EQ yang tinggi adalah jujur,sopan dan bijaksana. Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan berinteraksi dengan orang lain misalnya bisa menempatkan diri, semangat tinggi, disiplin,rajin,bersikap empati yaitu merasakan apa yang orang lain rasakan, tidak pasif dan egois, tidak agresif,dsb.
Bagaimana membayangkan anak yang cerdas, pandai tetapi tidak jujur ? tidak sopan ? apakah mereka masih mempunyai masa depan ? instansi dan perusahaan yang mana yang bisa menerima mereka sebagai karyawan,jika mereka berwirausaha juga akan bermasalah.
Orang-orang yang berhasil di dunia menggunakan 2 kecerdasan diatas secara bersamaan dan dengan maksimal, jadi selain mereka tampil cerdas bisa menyelesaikan banyak masalah yang rumit, mereka juga tampil simpatik dengan sikap sopan dan bijaksana serta dengan visi yang tinggi. Hal demikian itu yang disebut sikap professional baik dalam bekerja maupun dalam bergaul.
sumber: http://www.updatenya.com/2013/08/cara-menghitung-tingkat-iq-anda.html
You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

2 responses to “Tingkatan IQ, IQ tidak menjamin keberhasilan”

  1. Abubakar A.S says:

    kalo EQ itu ada tingkatannya ga ya?

  2. SQ dan EQ bagaimana gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *