Tips Membeli Laptop Sesuai Kebutuhan

Jadi Anda memilih membeli Laptop daripada desktop PC, OK, berikut Panduan Memilih dan Membeli Laptop, diperuntukkan bagi anda yang sekarang lagi bingung menentukan mana yang harus dipilih diantara sekian banyak laptop yang ada di pasaran mulai dari dimensi layar, perbedaan spesifikasi dan banyaknya merek laptop seperti; Acer, Dell, Lenovo, HP, Apple, Toshiba dan beberapa merk lainnya. Panduan memilih dan membeli notebook ini akan membantu anda memahami beberapa hal yang perlu di pertimbangkan dalam memilih laptop yang ideal.

1. Memilih Sistem Operasi Laptop

Operating system (OS) adalah otak dan pusat syaraf  dari sebuah komputer. Tanpa OS, maka program aplikasi tidak dapat berjalan pada komputer. Hematnya, OS adalah program paling dasar yang mengatur kinerja perangkat keras (hardware) komputer anda.

Microsoft Windows – Merupakan OS paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Juga merupakan OS yang memiliki kompabilitas tinggi baik untuk digunakan di berbagai macam tipe / merk komputer, program-program maupun aksesoris yang umum dan sering digunakan. Laptop versi terbaru biasanya dilengkapi dengan Windows 8 atau 7.

Apple Mac OS – Terinstal secara eksklusif hanya untuk produk Apple seperti Macbook atau Imac. OS ini memiliki user interface ( tampilan) yang elegan dan mudah digunakan yang juga dirancang untuk mendukung daya tahan baterai laptop yang tahan lama. Kalangan menengah ke atas perlu mempertimbangkan merek Apple.

Linux –  Linux adalah open source software, artinya penggunaan, distribusi, modifikasi dapat dilakukan oleh siapa saja. Linux bisa didapatkan secara gratis, berbeda dengan Windows yang harganya software aslinya hampir 1,5 juta. Versi Linux yang paling populer adalah Ubuntu atau Fedora. Namun, kekurangan linux yaitu pilihan program dan game yang bisa dijalankan jauh lebih sedikit dibanding Windows.

DOS – Terminologi ini banyak digunakan di Indonesia. Dengan berbekal DOS mereka dapat menginstal sendiri untuk sistem operasi Windows ataupun LINUX. Bagi kebanyakan calon pembeli laptop yang ingin “terima jadi”, sebaiknya membeli notebook yang sudah terinstall OS untuk kemudahan anda. Toh juga nanti setelah dibeli akan di-install OS juga.

Dari ke-empat yang ada dipasaran. Anda dapat memilih OS yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jika anda sudah menggunakan beberapa produk Apple, maka Macbook merupakan pilihan yang baik. Meskipun memiliki harga yang tidak murah, Macbook mempunyai design, kualitas dan pelayanan after sales service yang sangat baik. Jika belum, dan sudah terbiasa dengan Windows maka pilihlah OS Windows, demikian juga untuk OS Linux.

2. Menentukan ukuran Layar laptop

Ukuran layar laptop bisa dibagi menjadi 3 kelompok:

10 inci s/d 13 inci laptop – Ultra portable dan ringan. Opsi spesifikasi terbatas karena banyak prosesor atau video card spesifikasi tinggi tidak yang tidak dapat dipasang. Juga dihilangkannya CD/DVD Room. Tipe ini, cocok bagi anda yang sering membawa laptop ke berbagai tempat untuk keperluan kerja atau sekolah.

14 inci s/d 16 inci laptop –Opsi yang sangat disarankan. Tipe ini mempunyai spesifikasi beragam untuk berbagai program dan pekerjaan. Jika tidak terlalu mementingkan berat, maka kategori ini adalah pilihan terbaik karena cukup ringan untuk dibawa namun cukup besar dan kuat untuk berbagai pekerjaan. Dan tentunya sudah ada CD/DVD Room.

17 inci s/d 18 inci laptop – Bisa disebut sebagai pengganti desktop PC. Ya, itu karena layarnya yang cukup lebar. Banyak produk dengan spesifikasi terbaru dan tercanggih sehingga cocok untuk hardcore gamer atau video editing. Untuk pekerjaan sehari-hari pun lebih mudah dan kenyamanan untuk penglihatan anda, karena layar yang besar.

3. Melihat Fitur dan Spesifikasi Laptop

Touch Screen – Banyak laptop Windows 8 yang dilengkapi dengan layar sentuh. Beberapa bahkan dapat digunakan sebagai tablet PC, disebut juga hybrid laptop, ultrabook, smartbook. Namu,  tentu saja harganya mahal sesuai dengan teknologi desain. Tetapi, jika anda tidak memerlukan layar sentuh, anda bisa menghemat cukup banyak untuk harga laptop jenis biasa.

Video Graphic Card (VGA) – Program rendering atau 3D seperti Autocad juga memerlukan sepesifikasi tinggi dari jenis VGA.  Game Facebook dan game kecil lainnya sudah cukup ditangani dengan laptop jenis standar. Untuk game seperti Warcraft, The Sim atau PES disarankan dedicated VGA. Dedicated VGA artinya memory khusus, terpisah dari RAM, untuk membantu proses olah video dan graphic. Pada kolom VGA akan tertulis ATI/AMD atau Nvidia, dua merk VGA paling populer.

Perlu dicatat, jika tertulis Integrated atau Shared maka pengolahan grafis menggunakan memory RAM, sehingga lebih lemah dibanding tercantumnya spesifikasi VGA tersendiri.

Terakhir, VGA pada laptop itu tidak bisa di-upgrade jadi kalau anda mungkin membutuhkan di kemudian hari untuk game menengah keatas, carilah laptop dengan dedicated VGA dengan versi keluaran terbaru, yang biasanya sudah support dengan game terbaru juga.

Optic Drive – Banyak laptop yang tidak mempunyai DVD atau Bluray Drive lagi, sehingga laptop menjadi lebih ringan. Dengan semakin cepat dan murah internet, banyak kalangan yang memilih untuk download atau streaming sehingga tidak memerlukan optic drive lagi. Selain itu anda dapat juga membeli eksternal DVD / Bluray jika membutuhkan di kemudian hari.

Namun perlu dicatat bagian ini, jika anda sangat sering dan bahkan sebagai hobi untuk menonton DVD, maka sebaiknya cari laptop dengan DVD atau Bluray drive.

Solid state drive (SSD) – SSD adalah salah satu tipe hard drive yang semakin populer karena jauh lebih cepat dibanding hard drive biasa. Namun secara harga masih jauh lebih mahal dibanding hard drive biasa. Jika anda punya budget ekstra, maka laptop dengan SSD dapat dipertimbangkan. Keunggulan SSD yang lebih cepat sangat disarankan bagi siapa saja yang mau nge-game berat ataupun untuk bekerja kelas expert design engineer.

USB, HDMI dan Konektivitas – Hitung berapa USB dan ports lainnya pada laptop yang ingin anda beli. USB ports digunakan untuk koneksi dengan mouse, smartphone, flash drive dan berbagai alat lainnya. Opsi HDMI sangat diperlukan untuk expand tampilan layar ke piranti lain semisal TV Digital, layar monitor. Adanya koneksi untuk proyektor itu juga musti diperiksa jika itu memang diperlukan. Namun biasanya laptop “hari ini”, sudah mempunyai konektivitas lengkap.

Baterai – Jika anda memiliki  mobilitas yang sangat tinggi dan banyak melakukan perkejaan out dor, maka cari laptop dengan daya tahan baterai yang baik. Laptop terbaru umumnya dapat bertahan 3 sampai 6 jam untuk pemakaian normal. Secara umum, semakin tinggi spesifikasi laptop maka akan semakin boros baterai-nya.

4. Merek dan Purna Jual Laptop

Laptop yang bermerk lebih diutamakan ketimbang yang tidak bermerk. Harga purna jual akan berpengaruh besar ketika Anda memilih merek yang tidak umum dan mungkin tidak ternama, sehingga ketika Anda membutuhkan tuntutan spesifikasi yang lebih, ketika dijual harga turun drastis. Ini juga masalah yang diluar dugaan.

Pentingnya memantau perkembangan paling tidak sehari saja di internet tentang MEREK harga bekas laptop yang akan anda beli, bandingkan selisih antara baru dan seken, atau bisa Anda cari di ashimima :-) Merk memang bukan segalanya tetapi merk akan menentukan kualitas dan tentu purna jual ketika Anda membutuhkan tuntutan spesifikasi yang lebih tinggi.

Setidaknya ada beberapa merk yang bisa direkomendasikan oleh ashimima, diantaranya; ASUS, Dell, Lenovo, Acer, HP dan Apple. Untuk game ada MSI dan Razer Blade. Ya, rekomendasi ini memang bersifat subjective, karena masih banyak vendor-vendor lain ternama seperti Samsung dan SONY. So, ini merupakan opini tersendiri dari ashimima.

5. Garansi dan After Sales

Umumnya garansi akan berlaku antara 1-2 tahun. Pentingnya mengajukan pertanyaan detail untuk garansi ini, itu akan menjamin anda bila terjadi sesuatu masalah pada laptop yang anda beli, baik karena cacat dalam proses produksi atau mungkin akibat kesalahan yang anda lakukan.

Jangan merusak segel garansi di laptop, karena ketika kerusakan atau masalah pada laptop, mereka melihat segel tersebut, jika segel rusak, biasanya tertolak alias tidak mau memperbaiki.

After sales umumnya sudah banyak diberbagai kota. Kuantitas dan kualitas servis resmi produk patut anda pertimbangkan. Semakin banyak tempat servis/bengkel resmi logikanya semakin banyak orang yang menggunakan produk tersebut, sehingga suku cadang umumnya akan relatif lebih mudah didapat.

 

sumber : http://ashimima.com/tips-membeli-laptop-sesuai-kebutuhan/

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *