Wajib Ain dan Wajib Kifayah

catatan di Kebraon, 28 Maret 2014

# Ada kewajiban personal (wajib ain) bagi orang yang berakal, contoh : mengetahui cara bersuci jasmani dan hati

# Ibadah dikupas dan di kupas maka akan ada yang namanya syarat dan rukun.

# selain kewajiban personal, ada kewajiban sosial (wajib kifayah), gambarannya : Jarak wajib sholat jum’at adalah 40 rumah ke segala arah dari masjid, maka itu juga adalah jarak tanggung jawab kita, Tanggung Jawab kita adalah hingga 40 rumah ke segala arah dari rumah kita, bila ada kesusahan, sakit, kebutuhan tetangga kita adalah tanggung jawab kita.

#  nanti di akhirat akan mengetahui sesungguhnya.

# Ada orang yag bernama Thomas Akuines dari perancis yang belajar ke siria, dengan kecerdasan luar biasa, ia dapat menghafal Al Qur’an walau katolik, kemudian keluar, ia mengaplikasikan ajaran Islam (tentang kewajiban sosial) sehingga ia mengajarkan doktrin distrik, distrik tersebut kalau ada kejadian apapun merupakan kewajiban uskup seperti sakit dll.

# Apabila berbicara dengan orang lain maka gunakanlah dengan kadar pemikiran orang tersebut.

# Tarekat itu adalah bagian dari tasawuf

# Tasawuf dapat dilakukan oleh setiap orang, agar benar maka harus bersumber dari nabi Muhammad saw.

# Naqsybandi itu sederhana, yaitu bagaimana kita yang hidup tidak bersama dengan nabi saw, dapat merasakan seperti sahabat bersama nabi Muhammad.

# Sayyidina fatimah pernah bertanya kepada nabi ” Aku ridlo atas semua dari Alloh, mengapa Sayyidina Ali sering tidak pulang 2-3 hari?

# Orang yang pertama masuk Islam, Khodijah (dari golongan wanita), Ali (dari golongan pemuda), dan Abu Bakar (dari golongan senior)

# Nabi pernah berdoa “ya Alloh bantulah aku dengan salah satu Umar itu”

# Suatu saat, ada orang badui yang datang ketika nabi sedang berkhutbah, ia bertanya kapan kiamat itu, nabi tidak menjawab karena sedang berkhutbah, setelah si badui mengulangi 3x, Malaikat Jibril datang dan meminta beliau agar menjawabnya, “apa persiapanmu?” ia pun menjawab ” saya tidak punya persiapan apa-apa, saya hanya cinta padamu”

# barang siapa ada adzan sedang dia dalam keadaan selontor (tiduran) maka mati hatinya

# barangsiapa tidak menjawab adzan maka ia akan bisu dalam menjawab pertanyaan qubur.

# adzan itu adalah suara Nabi Muhammad saw

# Tarekat itu bukan Wiridan tapi mencintai Nabi Muhammad saw.

# Dalam naqsybandi, cukup dengan amalan harian, Khatm Khwajagan, Sholat Najad, dan Infaq Qolbu.

# acara pahingan (i’tikaf rutinan) itu adalah bid’ah tapi isinya adalah sunnah

# Mbah Kholifah itu adalah tempat kyai kholil mendawuhi Kyai Siddiq

# jangan lihat kekurangan Orang lain, jangan lihat kelebihan diri

# Syekh Mustafa tidak punya cita-cita, hanya mengikuti maulana SYekh Nadzim

# Naqsybandi Haqqani (sekarang Nadzimiyah) masuk ke Indonesia di awali tahun 1996an, ketika anak-anak UI membuka situs Naqshbandi.com sebagai best website, kemudian kunjungan Syekh Hisyam ke Indonesia.

# suatu saat, ada yang ke rumah Syekh Mustafa dan menunjukkan suatu foto kepada beliau, kemudian beliau menunjukkan kepada istri beliau. Istri beliau bercerita, bahwa dahulu ketika ia berumroh, ia pernah dikawal oleh orang tua tidak dikenal, hingga sempurna, dan orang di Foto itulah Orang Tua tersebut. Itu adalah Foto maulana Syekh Nadzim.

# dalam kedatangan Syekh Hisyam yang pertama di Indonesia, beliau mengatakan “aku disuruh oleh Syekh nadzim, menunjuk Syekh Mustafa mas’ud menjadi pembantu dari Syekh Nadzim”

# Syekh Mustafa di kala muda pernah dilanda perasaan Skeptis karena ditinngal oleh Mbah beliau, dengan rasa ini beliau pergi ke Kyai Hamid Pasuruan, setelah Selesai Sholat, beliau duduk dipojokan melihat setiap orang mengambil barokah dari Kyai Hamid. Tiba-tiba Kyai Hamid berada di dekat beliau dan bercerita “pada waktu aku seusiamu, aku pernah datang ke habib ……. (maaf), beliau mengatakan bahwa semua ilmunya telah diberikan semua, dan kemudian menyuruhku ke Kyai Maksum Lasem, danbaliau juga mengatakan hal yang sama dan menyuruhku pulang, Engkau juga seperti aku dulu kan? beliau menjawab “njh” kemudian Kyai hamid menyuruh beliau untuk ke Sidogiri mengaji Al QUr’an dan Kitab dengan disemak oleh Kyai Hamid di Pasuruan.

# ada 9 penulis Al Qur’an dengan di komandani oleh Sayyidina Ali

# Pada Kunjungan Syekh Hisyam yang kedua, ketika ke pekalongan dengan naik kereta argobromo, saat itu ada Habib Lutfi yang berbicara kepada Syekh Mustafa, beliau bertanya “Siapa orang itu, aku mau berbaiat” dan kemudian Syekh Mustafa mengantarkan habib Lutfi kepada Syekh Hisyam.

# Gusdur itu buta tapi hatinya tidaklah buta, pernah suatu saat beliau menyuruh membawa sekop dan cangkul, di madura kemudian menggali di daerah tempat pelaut sering melihat cahaya, setelah digali ternyata disitu ada pesarean.

# rahmat itu dibayar dengan cinta dan patuh

# Nabi adalah nabi akhir Zaman, dan jarak antara kita dengan beliau itu sangat jauh, sehingga diperlukan perantara yaitu Wali Alloh. Wali adalah orang yang fana’ yaitu membunuh nafsunya.

# dalam suatu kitab suhbah oleh Syekh ABdul Qodir Al Jailani, 18 Sya’ban 555, “tekunilah oleh kamu, menata diri kamu sehingga terefleksi kebaikan dirimu hingga ke sekitar”

# hindari kata “katanya”

# Pernah suatu saat ada orang yang datang kepada seorang Kyai, ia meminta izin untuk mendirikan pesantren, tetapi ia dilarang, karena bisa jadi nanti orang yang kamu serahi mengurus pesantren hanya mencari uangmu saja, Maka carilah janda dan Yatim di daerahmu dan berikan secara langsung.

# secuil yang diberikan untuk Alloh maka akan diganti oleh Alloh”

# jangan kamu terbelit kepada dunia

# ada 1000 pesarean wali di tapanuli

# Suatu saat ada rombongan yang berkunjung kepada Syekh nadzim, beliau menyuruh rombongan 41 Orang untuk membaca yasin dan ketika membaca Salamun dibaca 7x

# Nabi pernah mengatakan “Demi Allah, aku cinta kepada Orang yang mencintai Khodijah”

# Gunakan setiap hari untuk memetik hikmah dari Syekh Nadzim dan Rosululloh saw

# Sunan Ampel adalah inovator yang mengubah isi dari “kuil-kuil” masa itu menjadi berisi Islam, sedang Oleh Anom Besari, casingnya diubah juga menjadi Islam. Dan inilah cikal bakal pesantren

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *