wanita sampai tato, habib Munzir menjawab

16. Sebatas mana dibolehkan hubungan pria dan wanita yang bukan muhrim?

Jawab : Smsan, telpon, kirim – kirim hadiah, ngobrol tidak menyendiri berduaan, hal ini dibolehkan dalam syariah, jika cinta sudah muncul maka berhati – hatilah, karena hubungan pria dan wanita non muhrim dibolehkan sebagaimana diatas, selama tidak bertentangan dengan adab kesopanan syariah, baiknya anda segera menikah dengannya saudaraku jika sudah siap, jika belum siap maka batasi hubungan dan selalu membahas keluhuran keluhuran Allah swt dan Rasul-Nya, maka hal itu menjadi pahala saudaraku, jumlah wanita semakin banyak melebihi pria, maka akan kemana saudari saudari kita itu? mereka pun butuh pendamping yang baik dan bertanggungjawab.

17. Saya mengurungkan niat bersalaman dengan habib karena desakan jamaah, apakah saya salah?

Jawab : Terimakasih saudaraku tercinta, saya senang bisa menyenangkan jamaah, jika jamaah tidak banyak saya akan datangi rumah mereka satu persatu tak perlu mereka yang datang menyalami saya, namun saya tidak mampu, biar Allah swt yang mendatangkan Rahmat-Nya swt pada mereka semua, dan anda tentunya, amiin

18. Bolehkah kaum wanita berboncengan dengan pria hadir ke masjid atau majelis?

Jawab : Saudaraku, jika secara syariah sebenarnya tidak dibenarkan, namun di masa kini, wanita bisa naik ojek dengan pria tak dikenal, atau naik angkot, berdesakan dengan pria non muhrim juga, jika dilarang kaum wanita ke majelis malam – malam, maka apa yang mereka lakukan dirumah?, menonton televisi, kabar – kabar artis, kabar zina mereka, kabar maksiat mereka, itu yang terus mengisi jiwa wanita masa kini. Maka alangkah baiknya jika hadir di majelis, apalagi diantar orang yang dipercaya oleh ayah ibunya, dan diizinkan oleh mereka, maka hal itu lebih baik.., di dalam kaidah fiqih dikenal istilah Akhaffu dhararain, yaitu jika seseorang atau masyarakat muslimin terjebak dalam dua hal yang bisa membawa mudharat, maka hendaknya memilih yang lebih aman atau lebih ringan muhdaratnya. Semoga Allah swt menjaga hati anda agar selalu dalam keluhuran, amiin, namun baiknya tidak berdua saja, wanita membawa beberapa temannya, dan boleh ditemani pria atau tidak.

19. Apakah faidah Ratib Haddad dan Ratib Attas?

Jawab : Kedua ratib itu mulia saudaraku dan banyak sekali faedahnya, ia merupakan kumpulan hadits hadits Rasul saw yang dipadu oleh shohiburratib dan diajarkan utk diamalkan, untuk faedah setiap satu satu dzikirnya saya belum sempat mensyarahkannya, namun banyak diantara bacaannya yang mirip dengan yang ada pada wirdullatif Imam Haddad, akan saya tampilkan di buku ini.

20. Apa hukumnya tatto?

Jawab : Diharamkan bagi setiap muslim memakai tatto, wudhu serta mandi junubnya tidak sah, wajib menghilangkannya, namun jika tobat, diharamkan pula jika menghilangkannya jika harus menyakiti tubuh, maka selama belum ada cara menghilangkannya kecuali menyakiti tubuh, maka dimaafkan, wudhu dan mandi junubnya sah, demikian saudaraku. 

21. Saya risau akan dosa saya, saya banyak sekali berbuat dosa besar, apakah dosa saya bisa diampuni?

Jawab : Bertobatlah saudaraku pada Allah swt, tobat adalah menyesal atas dosa, dan mohon ampunan pada Allah swt dan bersungguh – sungguh berusaha untuk tidak mengulangi perbuatan itu, Allah swt sangat Maha Lembut pada hamba-Nya yang bertobat, sebagaimana riwayat ketika Rasul saw berkata kepada para sahabat : bagaimana jika seorang mempunyai harta lalu kesemua hartanya hilang?, sahabat menjawab : tentu ia sangat sedih wahai Rasul.. (saw), maka Rasul saw bersabda : lalu ia mencari – cari hartanya itu dan rebah kelelahan dan sedih hingga tertidur, saat bangun semua hartanya sudah ada di hadapannya, bagaimana perasaannya?, para sahabat menjawab : tentu ia sangat teramat gembira wahai Rasul…!!, maka Rasul saw bersabda : Allah swt lebih gembira menyambut hamba-Nya yang bertobat dari kegembiraan orang itu. (Shahih Bukhari).

Allah swt berfirman dalam hadits Qudsiy : Wahai Keturunan Adam, ketika kau berharap dan berdoa kepada-Ku, Ku-hapuskan dosa – dosa kalian dan tidak Ku-pertanyakan lagi, wahai keturunan Adam, walau sampai dosamu memenuhi langit, dan kau mohon ampun pada-Ku, Ku-limpahkan pengampunan-Ku (HR Ahmad), demikian saudaraku yang kumuliakan.

22. banyak orang yang non muslim berbuat baik dan mulia, apakah mereka itu pasti masuk neraka?

Jawab : Mereka yang beragama lain telah diseru oleh Alqur’an untuk kembali pada kebenaran, namun kembali pada mereka sendiri apakah mau menerimanya atau tidak, banyak orang yang baik dalam masa hidupnya namun ia non muslim, maka Allah swt beri ia hidayah untuk masuk Islam sebelum wafatnya, atau pada detik – detik sebelum wafatnya, bisa saja ia dalam detik – detik sebelum wafatnya masuk Islam tanpa diketahui orang lain, maka ia dimakamkan secara non muslim, namun ruhnya bersama muslimin, demikian saudaraku.

23. Shalat saya belum mencapai khusyu, apakah shalat saya diterima?

Jawab : Semua shalat diterima oleh Allah swt kecuali yang rukunnya tidak terpenuhi (jika tidak tahu maka dimaafkan, dan bisa berdosa jika tak mau belajar padahal ada yang bisa mengajarinya), dan khusyu bukanlah rukun shalat, namun adalah dengan khusyu maka semakin besar pahala kita, untuk menambah kekhusyuan saat shalat, ingatlah kematian kita, ketika tangan – tangan para kekasih mengusung kita dan menurunkan tubuh kita ke dalam liang lahat dengan airmata kesedihan, tahukah keadaan kita?, seluruh tali pengikat kafan dibuka, lalu wajah dibuka dari kafan, tubuh ditaruh dalam posisi miring menghadap ke kanan yaitu kiblat, lalu punggung kita diganjal batu bata agar tubuh tidak terlentang lagi, yaitu tetap miring menghadap kiblat, dan wajah kita ditempelkan ke dinding kubur, agar terus wajah kita mencium tanah dinding kubur yang lembab itu, setelah itu kita sendiri disana, dalam kesempitan dan kegelapan.., panas.. gelap..sendiri.. bukan sebulan atau dua bulan, tapi bisa ratusan tahun tau ribuan tahun sendiri, yang ditunggu adalah sidang akbar pertanggungan jawab.. harap – harap cemas dan penyesalan.. Ketika mengingat ini maka leburlah segala kekerasan hati, ia pun mencair, dan jiwa terpanggil untuk sujud sambil menangis, mengadu pada Allah jika ingat akan hal itu karena hanya Dialah yang melihat keadaan kita saat itu.. Hanya Dialah yang ada saat itu.. untuk inilah kita shalat.. agar Dia swt tak melupakan kita saat itu dan mengasihani kita yang telah terbujur kaku di dalam tanah lembab ribuan tahun.. 

24. Kenapa wanita mesti memakai jilbab?

Jawab : Saudariku, karena wanita itu dijaga oleh Allah swt kehormatannya, Allah swt tidak bisa dilihat oleh siapapun, kecuali kelak orang – orang yang dekat pada-Nya swt, demikian Alah swt memuliakan wanita, agar jangan terlihat kecuali oleh orang – orang dari kerabat dekatnya, sebagaimana sesuatu perhiasan yang indah dan sangat berharga, mestilah tak bisa diobral untuk dilihat dan disentuh sembarang orang, dijaga kehormatannya. Demikian pula wanita, tidak sembarang pria bebas melihatnya, hingga harga diri wanita sangat terhormat dan termuliakan, demikian sadariku. Untuk dalilnya bisa dilihat pada QS. Annur : 31, diwajibkan setiap wanita muslimah memakai cadar, namun Imam Syafii memberi keringanan untuk wanita yang bekerja untuk boleh membuka wajah dan kedua telapak tangannya.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *