12 Perbedaan pria dan wanita

1. Perbedaan pria dan wanita ketika membaca peta
Bila seorang wanita kurang pandai membaca peta, itu bukan salahnya loh… Pada masa pertumbuhan, otak kanan pria berkembang lebih pesat dibandingkan otak kirinya, dan menyebabkan koneksi pada otak pria terfokus hanya pada sisi yang sama saja. Pada otak kanan inilah terdapat kemampuan spasial yang dibutuhkan untuk membaca peta.

2. Emosi Vs Logika
Seperti pada penjelasan sebelumnya, koneksi syaraf pada otak pria menghubungkan bagian depan otak ke bagian belakang otak di sisi yang sama. Sedangkan pada wanita, koneksi tersebut menghubungkan otak kanan dan otak kiri. Itulah sebabnya mengapa wanita lebih sering menggunakan emosi dan intuisi daripada logika. Otak kanan berkaitan dengan emosi dan intuisi, sedangkan otak kiri berkaitan dengan logika.

3. Pria sulit menemukan benda yang dicarinya
Tentu Anda sering kesal ketika meminta suami mengambilkan sesuatu di kulkas. Benda yang cukup besar dan berada di depan hidungnya pun, tidak dapat ia temukan! Jangan marah dulu Bu, karena mata wanita memiliki jangkauan pandang yang lebih luas dibandingkan dengan mata pria.
Mata wanita dapat melihat sekitar 45 derajat ke kiri, kanan, atas dan bawah, sedangkan mata pria bagaikan teropong yang dapat melihat dengan baik jika ia memandang lurus ke depan.
Itulah sebabnya menemukan benda di kulkas lebih sulit baginya, tetapi ia mampu melihat wanita cantik yang berada jauh di depan!

4. Wanita lebih baik dalam melihat warna
Pada mata wanita, sel-sel kerucut yang berfungsi untuk membedakan warna jumlahnya lebih banyak daripada mata pria. Itulah sebabnya buta warna hanya terjadi pada pria. Pria kurang ‘detail’ dalam mengungkapkan warna. Ia hanya menyebutkan merah, hijau, biru, sedangkan wanita dapat menyebutkan warna hingga detail, misalnya biru laut, hijau toska, merah jambu, dsb.

5. Pria lebih pandai menyetir mobil
Kemampuan spasial pada otak pria lebih baik dibandingkan pada wanita. Itulah sebabnya pria lebih pandai mengemudikan kendaraan dibandingkan dengan wanita. Jadi, bila istri Anda menabrak pagar melulu ketika memarkir kendaraan, Anda bisa maklum 😀
Walaupun demikian, wanita adalah pengemudi yang lebih berhati-hati. Wanita lebih sering melakukan klaim asuransi mobil, namun kerusakan parah lebih banyak dilakukan oleh pria.

6. Wanita lebih cerewet
Kemampuan verbal wanita lebih baik dibandingkan dengan pria. Jadi, sudah lumrah bila pria kalah bila berdebat dengan wanita. Sisi negatifnya, wanita lebih sering menggosip dibandingkan dengan pria!

7. Wanita seperti radar
Wanita bagaikan memiliki ‘indera keenam’. Ia memiliki perasaan yang lebih halus untuk mengetahui perubahan kondisi di sekitarnya. Kelebihan ini membuat bunda lebih dapat mengerti bayinya, dibandingkan dengan ayah. Bunda dapat membedakan arti tangisan bayinya, apakah si kecil lapar, sakit, atau mengantuk.

8. Anak laki-laki sering tidak mendengarkan pembicaraan
Pada masa puber, liang telinga anak laki-laki mengalami pertumbuhan yang pesat dan dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan pendengaran sementara. Anak laki-laki lebih baik dalam hal visual, sedangkan anak perempuan lebih baik dalam hal pendengaran. Hal ini dibuktikan dengan tes sederhana untuk menghitung jumlah ‘f’ pada kalimat ini:
“Finished files are the result of years of scientific research.”
Kalimat tersebut diperlihatkan kepada sejumlah anak laki-laki dan anak perempuan, dan nilai anak laki-laki lebih baik dibandingkan dengan anak perempuan. Bila kalimat tersebut dibacakan, sebaliknya, nilai anak perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan anak laki-laki.

9. Wanita lebih suka menyentuh dan disentuh
Dibandingkan dengan kulit pria, kulit wanita setidaknya 10 kali lebih sensitif terhadap sentuhan. Itulah sebabnya wanita lebih sering menyentuh pasangan, anak, serta temannya. Hormon oksitoksin membuat wanita senang disentuh.

10. Indera perasa
Indera perasa wanita lebih unggul dibandingkan dengan pria. Kita memiliki lebih dari 10.000 syaraf perasa yang terbagi menjadi 4 kelompok besar : perasa asin dan manis di ujung lidah, asam di tepi lidah, dan pahit di belakang lidah.
Pria lebih unggul dalam merasakan asin dan pahit, itulah sebabnya lebih banyak pria penikmat bir dibandingkan dengan wanita. Sebaliknya, wanita lebih unggul dalam merasakan manis dan asam, menyebabkan wanita lebih menyukai coklat dan makanan asam manis dibandingkan dengan pria.

11. Indera penciuman dan rasa tertarik pada lawan jenis
Penciuman wanita meningkat pada saat ovulasi sel telurnya. Bahkan, otak wanita dapat mendeteksi sistem imun pada tubuh pria tanpa disadari. Bila sistem imun (kekebalan tubuh) seorang pria lebih tinggi dibandingkan sistem imun dirinya, maka otak wanita menganggap pria tersebut dianggap menarik.

12. Wanita bisa multitasking
Wanita sering merasa heran mengapa pria berhenti di tepi jalan untuk membaca peta tetapi harus mengecilkan suara radio terlebih dahulu. Wanita dapat melakukannya, bahkan ia dapat berbicara sambil mendengar! Ya, otak pria hanya dapat fokus ke satu hal, sedangkan koneksi-koneksi syaraf pada otak wanita membuatnya dapat melakukan banyak hal sekaligus.

sumber : http://id.theasianparent.com/12-perbedaan-pria-dan-wanita/

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *