bacaan “lailahaillalloh” dimasjid kok ….

setelah sholat sudah menjadi tradisi melakukan dzikir bersama-sama. ketika mengikuti bazaan tahlil “lailahaillalloh” kok rasanya hati ini bisa bergetar ya…, dup dup dup, suatu perasaan yang gak bisa dilukiskan,  terasa begitu mantap, mereka semua membacanya sampai hati ini merasakannya. hebatt……

penasaran deh, kenapa  kok dulu nggak terasa gini, lah ni kok tambah mantap? ada pa? apa rahasianya?

difikir-fikir, kenapa-kenapa? ini yang teramati mata ini, kalau tidak salah perubahan ini terasa setelah setiap malam jum’at ba’da maghrib di masjid tersebut mengadakan tahlilan -> membaca Al Qur’an, Dzikir dan Sholawat yang pahalanya di hadiahkan kepada para pendiri Desa, juga ta’mir masjid, mudin, asatidz yang mengajar, sesepuh desa dan semua ahli kubur. Njh mungkin barokah dari situ.

sedekah 1 dibalas 10x sampai 700x bahkan sampai tidak terhingga menurut kehendak Allah. Bisa dibayangkan bila pahala kita hadiahkan kepada 10 orang atau 1000 orang, maka akan dikalikan 10-700x pahala awal kita sebagai balasan dari Allah. Subhanalloh, mungkin juga ini salah satu alasan para wali mengajarkan agar sering mendoakan ahli kubur kita.

Ditambah lagi tahlilan dimasjid rutinan, gak ada apa-apanya. sehingga juga meminimalisir fikiran-fikiran jama’ah yang hadir untuk ndak mbayangkan konsumsi yang akan diperoleh nanti, karena memang nggak ada konsumsinya, he3.

Ini jangan disamakan dengan tahlilan yang diundang orang loh ! karena tanggung jawab orang yang mengundang adalah melayani orang yang diundang, dan juga biasanya pengundang memberikan konsumsi kepada yang hadir sebagai sedekah atas nama ahli kubur mereka. Subhanalloh, ajaran para awliya ini, bagaimana mendidik anak-anak yang ditinggalkan menjadi ingat dan bersedekah serta berdoa kepada ahli kubur mereka, bahkan mengajak orang lain ikut berdzikir menyiarkan ajaran agama, inilah salah satu tanda anak sholeh yang mengalirkan pahala terus menerus kepada orang tua mereka.

Budaya mendoakan orang lain, mendoakan ahli kubur semua, patut dilestarikan ! pahala untuk mereka dan pahala bagi kita dari Alloh SWT.

Alloh A’lam

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *