Bagaimana Sahabat Menghafal AL Qur’an?

Imam Ahmad meriwayatkan dari Rasul ﷺ telah berkata mengenai “apa yang terjadi ketika ilmu hilang”. Salah satu sahabat bertanya “Wahai Rasul ﷺ, bagaimana bisa Ilmu akan hilang ketika kami telah mempelajari Qur’an dan dan kamipun mengajarkannya pula kepada anak-anak kami dan mereka akan terus mengajarkannya kepada keturunannya masing-masing?” Rasul ﷺ menjawab “Aku pikir engkau seorang yang terpelajar di Madinah. Tidakkah engkau lihat bahwa penganut agama lain pun tidak mendapat manfaat walaupun mereka mempunyai Kitab di sisi mereka?”

Hadist ini menjelaskan bahwa tanpa mengamalkan Qur’an, sekedar membacanya menjadi sia-sia. Jika kita mengetahui isi Al Qur’an tapi tidak mengamalkannya, itu bagaikan keledai mengangkut buku-buku sebagai beban yang tanpa manfaat.

Bagaimanakah para Sahabah mempelajari Al Qur’an? jika kita mengambil salah satu contoh adalah Abdullah ibnu Umar ra, Beliau membutuhkan waktu 14 tahun untuk menghafal Surat Al Baqarah saja. Beliau sangat berbahagia ketika selesai menghafalnya kemudian merayakan dengan memotong seekor unta dan mengundang orang-orang untuk merayakannya.

Abdullah bin Umar ra adalah termasuk Sahabah Rasul ﷺ dan Al Qur’an diturunkan dengan bahasa ibunya. Dan beliau juga adalah seorang ulama terkemuka. Lalu mengapa dibutuhkan waktu hingga 14 tahun untuk menghafal satu surat saja? sementara oleh banyak orang saat ini dengan mudah bisa dihafalkan dalam hitungan bulan saja.

Ternyata para Sahabah ketika mempelajari Al Qur’an, mereka hanya akan mengambil 10 ayat saja. Kemudian mereka akan menggali dari 10 ayat ini berbagai aspek ilmu, Iman, halal-haram di dalamnya. Mereka lalu menghafalkannya dan mempraktekannya dalam kehidupan mereka. Mereka tidak akan pindah ke 10 ayat berikut hingga cara hidup mereka selaras dengan 10 ayat pertama. Al Qur’an menjadi hidup dan bagian alami bagi diri mereka, inilah pengetahuan yang tidak akan hilang dan menjadi sia-sia.

~ Shaykh Prof. Dr. Gibril Fouad Hadad

SUMBER : https://www.facebook.com/groups/ThoriqahSarkubiyah/permalink/1186050064755799/

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *