serangan jantung

terkadang terasa nyeri di dada kiri, kira2 apa ya …
hasil lab darah, torax dan rekam jantung semua ok, hanya anemia saja, lucu juga sih, ada pak dokter mengatakan dengan sedikitnya hemoglobin maka fikiran akan kacau, dah 9/8 kebawah maka udah gak bisa mikir, gak bisa buat keputusan, udah fikirannya buruk aja yang ada … hemm ternyata tubuh bereaksi terhadap fikiran dan kondisi emosi ya …
tapi bukan itu yang ingin saya share hehehehe ….
diawali nulis nyeri dada kiri, dimana dada kiri adalah tempat bersemayamnya jantung, maka saya searching2 saja tentang penyakit jantung, moga ada manfaatnya, tapi jika salah yang jangan diprotes cos memang nggak kompeten, hanya modal copas doang (membaca adalah jendela dunia —- dunia yang sebelah mana yang terlihat?)
penyakit jantung
gejala  —-> yang mungkin muncul pada penderita serangan jantung.

  • Sesak napas.
  • Sakit atau nyeri di bagian dada.
  • Merasa lemah dan pusing.
  • Sangat gelisah atau cemas.

Penyebab utama terjadinya serangan jantung adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah utama yang memasok darah ke jantung (pembuluh koroner). Sumbatan ini disebabkan oleh timbunan kolesterol berupa plak yang menempel di dinding pembuluh darah.
Plak yang retak akan mengakibatkan terjadinya penggumpalan darah. Akhirnya, penggumpalan darah ini akan menghambat pasokan darah dan oksigen ke jantung melalui pembuluh koroner. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya serangan jantung. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, antara lain:

  • Merokok.
  • Diabetes.
  • Kolesterol tinggi.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak.
  • Berat badan berlebih atau obesitas.

Serangan jantung adalah kondisi medis darurat yang harus ditangani secepatnya. Segera ke rumah sakit terdekat jika Anda atau seseorang dicurigai mengalami serangan jantung.
Untuk penanganan pertama, segera konsumsi aspirin dengan dosis normal 300 mg, tapi sebelumnya pastikan bahwa penderita tidak alergi terhadap aspirin. Obat ini bisa membantu mengencerkan darah dan mengurangi risiko serangan jantung lebih lanjut.
Pengobatan yang diberikan pada penderita serangan jantung adalah obat-obatan untuk melarutkan gumpalan darah dan prosedur operasi untuk mengembalikan aliran darah menuju  jantung. Pengobatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi penderita serangan jantung.
Seseorang bisa kembali pulih dari serangan jantung tergantung kepada tingkat kerusakan otot jantung yang terjadi. Ada yang membutuhkan waktu beberapa bulan dan ada pula yang butuh waktu hanya beberapa minggu. Tujuan dari proses pemulihan yang dilakukan adalah:

  • Mengurangi risiko terulangnya serangan jantung. Hal ini bisa dilakukan dengan perubahan gaya hidup yang dilakukan pasien sendiri. Termasuk di antaranya perubahan menu makanan dan konsumsi obat-obatan.
  • Mengembalikan kebugaran fisik. Hal ini bertujuan agar Anda bisa kembali melakukan aktivitas sesuai kebutuhan Anda.

Jika dilihat secara spiritual ……

  • Sakit jantung. Disebabkan : sering emosi dan marah. Solusinya : lebih sabar dan jangan emosional.

Beberapa tanaman yang katanya baik untuk jantung ….. bawang putih, bunga sepatu, kunyit, cabai rawit, daun alfalfa, kelabat, teh hijau, kulit manggis, daun sirsak, daun sukun, wortel, buah mengkudu
tapi ya info diatas copas-copas dari http://www.alodokter.com/serangan-jantung, http://bengkel-hati-farday.blogspot.co.id/p/jantung.html, https://sehatly.com/6987
dan setidaknya … saya masih baca-baca, anda?

Tinggalkan Balasan