latihan uas ganjil fisika smk kls xii

  1. Diketahui muatan listrik Q1 positif dan Q2 negatif.
  • muatan Q1 menarik muatan Q2
  • gaya Coulomb sebanding dengan Q1 dan Q2
  • gaya Coulomb berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara Q1 dan Q2
  • kuat medan listrik di tengah – tengah antara Q1 dan Q2 adalah nol

Pernyataan di atas yang benar adalah … .

  1. Dua buah muatan 8 μC dan 16 μC terpisah sejauh 10 cm. Gaya Coulomb yang dihasilkan oleh dua muatan tersebut adalah … .
  2. Jelaskan yang dimaksud dengan fluks listrik, medan listrik dan hukum coulomb
  3. Mengapa Sebuah atom bermuatan positif i….
  4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut: (1) magnet menarik paku (2) mistar plastik dapat menarik potongan kertas kecil setelah digosok dengan rambut (3) menjelang hujan lebat turun banyak terjadi petir (4) jas hujan yang dijemur saling menempel kedua sisinya dengan erat. Peristiwa yang melibatkan gejala listrik statis adalah…
  5. Ada empat buah muatan A, B, C dan D. Bila A menarik B, A menarik C, C menolak D dan D bermuatan positif. Jenis muatan-muatan lainnya adalah ….
  1. Kaca yang digosokkan kain sutera akan bermuatan positif. Hal ini terjadi karena…
  2. Berapa kuat medan listrik pada titik P yang terletak 10 cm dari muatan q = 15 µC adalah… (1 µC = 10-6 C)
  3. Rumus Medan listrik statis ….
  4. Jika arus 6 ampere mengalir dalam kawat yang ujung-ujungnya mempunyai beda potensial 12 volt, maka besar muatan per menit yang mengalir melalui kawat sama dengan ..
  5. Gedung-gedung yang tinggi dilengkapi dengan penangkal petir, karena … .
  6. Seutas kawat penghantar mempunyai panjang 40 cm, luas penampang 2 mm2, ternyata hambatan listriknya 200 ohm. Dengan demikian hambatan jenis kawat itu sebesar
  7. Untuk memperbesar hambatan suatu penghantar dapat dilakukan dengan cara
  8. Tiga buah hambatan 2 ohm, 4 ohm dan 12 ohm dipasang paralel dan dihubungkan dengan tegangan listrik. Perbandingan arus yang mengalir pada masing-masing hambatan adalah ….
  9. Suatu pemanas listrik memiliki hambatan 20 ohm dihubungkan dengan sumber tegangan 220 volt dan bekerja selama 24 jam, tentukan kuat arus, daya dan jika tarif listrik Rp. 50,00/kWh, selama waktu tersebut biaya yang diperlukan
  10. Ohm meter dan voltmeter digunakan untuk mengukur
  11. Penjelasan hukum Kirchoff II
  12. Yang mengalir dalam kawat penghantar dari kutub positip batery ke kutub negatif batery ialah:
  13. Jika arus listrik sebesar 5 mA mengalir dalam kawat penghantar menimbulkan beda potensial 1 volt pada   ujung – ujung kawat, maka hambatan dari kawat ini … ( Ohm )
  14. Tiga buah hambatan yang besarnya sama dirangkai secara paralel kemudian dihubungkan dengan sumber     tegangan 135 V dan arus yang mengalir 5 A. Besarnya hambatan …. ohm
  15. Kuat medan magnetik pada jarak 6 cm dari seutas kawat lurus panjang adalah 3,5 x 10–5 Kuat arus yang mengalir pada kawat tersebut adalah ….
  16. Rumus Induksi magnetik di suatu titik yang berjarak a dari kawat lurus panjang berarus Listrik I adalah……..
  17. Sebuah toroida dengan jari-jari 20 cm dialiri arus sebesar 10 A, jika kuat medan magnet yang timbul pada sumbu toroida tersebut sebesar 3,6 x 10-4 T, banyak lilitan toroida tersebut adalah ….
  18. Perubahan medan listrik dapat menimbulkan medan magnet.Hipotesa ini. Dikemukakan oleh……
  19. Kawat lurus memanjang dari barat ke selatan, dialiri arus dari arah barat, maka arah Medan magnet pada tempat-tempat di atas kawat menuju ke……….
  20. Jika arah arus dalam kawat yang lurus dari barat ke timur dipengaruhi medan magnet dari timur ke barat, gaya Lorentz yang dialami oleh kawat itu ….
  21. Berikan contoh feromagnetik-paramagnetik-diamagnetik
  22. Suatu muatan positif dari 0,4 C bergerak dengan kecepatan 2 m/s dalam medan magnetik yang besarnya 5 Wb/m2. Arah kecepatan muatan itu tegak lurus dengan arah medan magnetik. Gaya yang dialami muatan tersebut adalah…
  23. Suatu kawat berarus listrik 10 A dengan arah ke atas berada dalam medan magnetik 0,5 T dengan membentuk sudut 30oterhadap kawat. Jika panjang kawat 10 meter, tentukan besarnya gaya Lorentz yang dialami kawat!
  24. Suatu kumparan bolak-balik mempunyai nilai maksimum 120 volt. Tegangan efektifnya adalah …. volt
  25. Induktor adalah ….
  26. Faktor yang berpengaruh terhadap reaktansi induksi suatu induktor adalah ….
  27. Sifat cermin cekung adalah …….
  28. Sebuah benda yang tingginya 10 cm diletakkan pada jarak 50 cm di depan sebuah lensa cekung yang jari-jarinya 25 cm. Tinggi bayangan adalah ……. cm.
  29. Bila melihat benda bayangan jatuh di depan retina, adalah cacat mata … .
  30. Sebuah lup dengan focus 15 cm digunakan oleh orang yang bermata normal, perbesaran anguler lup jika mata berakomodasi maksimum dalah … .
  31. Sebuah cermin cembung, jarak fokusnya 8 cm. Jika jarak bayagan ke cermin 3 cm, maka jarak benda ke cermin adalah ….
  32. Seorang yang matanya mengalami cacat mata miopi tidak dapat melihat dengan jelas benda yang jaraknya lebih dari 300 cm dari mata. Kuat lensa mata yang memungkinkan orang tersebut melihat dengan jelas adalah ….
  33. Pada kamera digital dikenal istilah optikal 200 m dan digital zoom. Untuk mendapatkan bagian kamera yang diatur adalah letak bayangan terhadap ….
  34. Berlian tampak berkilau. Peristiwa ini merupakan gejala ….

 

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *