mengatasi stress/ galau

Stres tidak boleh dianggap sepele. Sayangnya, banyak orang mengabaikan berbagai gejala stres sebab menganggap stres akan berakhir dengan sendirinya. Padahal, apa pun yang menyangkut kesehatan jiwa harus diberi perhatian khusus agar tak berlarut-larut.

Banyak hal yang bisa menyebabkan stres. Baik itu karena tekanan di lingkungan kerja atau masalah pribadi. Cara menghilangkan stres yang utama adalah mencari tahu adalah mencari tahu penyebab stres. Selain itu, coba cara menghilangkan stres berikut ini:

  • Banyak beraktivitas dan bergerak

Hidup yang dinamis akan membuat tubuh serta pikiran lebih fokus sehingga Anda bisa menjauhkan diri dari stres. Caranya adalah berolahraga supaya emosi lebih terkendali dan menjernihkan pikiran supaya Anda lebih tenang.

  • Ambil alih

Jangan membiarkan hidup Anda dikendalikan oleh stres. Misalnya dengan berpikir, “Tak ada yang bisa saya lakukan untuk menyelesaikan masalah ini.” Pemikiran semacam ini hanya akan membuat Anda merasa tidak berdaya. Padahal percaya bahwa diri sendiri mampu melakukan apa pun akan membantu Anda menemukan solusi masalah.

  • Jalin komunikasi

Jangan pernah menyimpan masalah sendiri. Cara menghilangkan stres adalah mendapatkan dukungan teman, keluarga, dan orang terdekat. Jadi, luangkan waktu untuk bertemu dan berkomunikasi dengan mereka supaya Anda merasa rileks. Lagi pula, memiliki kehidupan sosial yang positif akan membuat Anda lebih bahagia.

  • Me time!

Terlalu banyak berkutat dengan penyebab stres seperti pekerjaan akan membuat Anda tidak memiliki me time. Jadi, sisihkanlah waktu satu atau dua hari dalam seminggu untuk melakukan hobi atau sesuatu yang Anda sukai. Bila Anda bingung, coba buat janji di spa supaya Anda bisa dipijat. Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi akan membuat Anda lebih bahagia.

Menantang diri sendiri seperti belajar hal baru atau pergi ke tempat yang baru dapat membantu Anda percaya diri sehingga lebih tahan banting secara mental. Oleh karena itu, cara menghilangkan stres yang ampuh adalah tidak melakukan kegiatan pasif seperti hanya menonton televisi.

  • Hindari kebiasaan tidak sehat

Jangan biasakan meminum alkohol, merokok, hingga kafein sebagai pelarian Anda kapanpun Anda merasa tertekan. Selain tidak menyelesaikan masalah, kebiasaan ini akan menimbulkan penyakit di masa depan.

  • Bersikap positif

Usahakan untuk selalu melihat hal yang positif dalam hidup. Misalnya, bersyukur, bersikap optimis, dan yakin bahwa semua masalah pasti memiliki jalan keluar. (PA)

sumber : https://id.she.yahoo.com/7-cara-menghilangkan-stres-104511089.html

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *