Penjelasan Kitab Risalatul Jami’ah, Sunah Wudhu 3

Ceramah Al habib Ahmad bin Novel Bin Salim bin Jindan
Di Masjid Al Munawar – Pancoran
Senin, 27 Januari 2014

Para habaib, para kiyai wabil khusus addai ilallah al alim al amil al muhib bapak KH. Syukur Ya’kub yang mudah-mudahan dikasih panjang umur oleh Allah sehingga bisa selalu membagi ilmunya kepada kaum muslimin sekalian, beliau ini adalah seorang ulama besar ini dikota jakarta, walupun beliau bilang stok lama tapi ngga ada abisnya berkahnya banyak banget, beliau salah satu murid daripada saya punya kakek al alamah al habib salim bin ahmad bin jindan, murid dari alhabib ali bin abdurahman kwitang, murid daripada alhabib ali bin husen al attas, murid dari pada kakeknya habib hud yaitu al habib abdullah bin salim al attas, murid daripada hababib dan juga beliau menimba ilmu dari guru beliau bapak KH. Abdullah bin Nuh seorang ulama besar pakar hadits pakar tarikh seorang ulama besar disana, beliau usianya kelihatan masih muda tapi udah tua itu, hadza tiada lain seperti al imam abi suja’ al imam abi suja’ meninggal usia 140 tahun tidak ada satu gigi pun yang rontok, 140 tahun meninggal, dia ditanya ya imam umur 140 tahun gak ada satu gigi pun yang rontok seger sehat, apa sehat, kenapa bisa begini? Beliau menjawab, “………………………. kami menjaga anggota badan kami dari kemaksiatan ketika kami muda sehingga kami tua anggota badan kami dijaga Allah SWT.

Mudah-mudahan Allah kasih keberkahan kepada beliau dan Allah berikan kesehatan kepada Ulama-ulama kita, dan para kiyai kita, dan beliau rutin tiap hari ahad pagi hadir dimajlis al imam al qutub al habib Ali bin Abdurahman kwitang. Itu majlis berkah segala keberkahan yang ada di indonesia bersumber dari majlis itu, saya bisa jadi gini dari bayi tadi macam begitu dibawa sama orang tua saya ke kwitang. Alhamdulillah berkat mereka para aulia kita melihat ni islam tersebar di berbagai tempat, mudah-mudahan Allah kasih keberkahan bakal kita sekalian.

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT kemarin kita membahas belum selesai tentang hadits nabi Muhammad Shalallahu alaih wassalam, Abu Hurairah ni kita bahas walaupun sebenarnya kalo kita mau bahas abu hurairah ni panjang namun yang lebih detail lagi dia buka kitab lagi dia ngaji, alhamdulillah ulama-ulama dikota jakarta banyak macam beliau tadi Kiyai Muhammad Syukur Ya’kub disini juga disekitar sini banyak ulama-ulama besar para kiyai yang mana ilmu mereka sangat berkah

Terus juga ini malam saya gembira alhamdulullah tiap malam selasa kegembiraan ini terus bertambah, gembira kenapa? Saya lihat disini ada yang bawa buku tulis sama pulpen, disini ada disitu juga ada alhamdulillah ni banyak yang pada bawa buku tulis bawa pulpen dan insyaallah tanda kita semua dapet taufik dari Allah SWT, tapi walaupun demikian insyaallah minggu besok lebih banyak lagi mudah-mudahan Allah kasih taufik kepada kita sekalian, kemudian didalam hadits yang disabdakan nabi Muhammad Shalallahu alaihi walaihi wasalam beliau mengatakan “……………………….” jauhkan lah dari mu tujuh perkara Nabi mengatakannya “………….” tau ………..? yang dapat menjerumuskan seseorang kedalam api neraka, artinya ni kabair ni dosa-dosa besar yang tujuh. Ngga macam-macam ni perkara sama Allah yang namanya harom itu bukan perkara kecil, kita boleh bilang ada kecil ada dosa besar, tapi orang yang menyepelekan dosa besar memang nya dia melanggar perintah siapa? Perintah siapa yang dia langgar? Sekecil apapun daripada dosa bukan perkara kecil dimata Allah, berapa banyak orang terjerumus kedalam jurang api neraka karena dosa kecil yang diremehkan.

Ucapan terkadang, ucapan kita anggap sepele kita anggap abis puluhan tahun ampe kita mati kita lupa, tapi nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam mengatakan “ …………………………………………” Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam beliau bersabda; ada orang ucapkan satu kata, kata ucapan satu kalimat tapi membuat Allah murka, dia ngga ambil peduli, dia ucapkan begitu saja, kaya kita ngomong asal ngomong aja tapi ternyata gara-gara satu kalimat yang dia ngga ambil pusing yang membuat Allah murka dia itu dilemparkan oleh Allah kedalam jurang api neraka 70 tahun belum sampe kedasarnya dipanggang oleh Allah.. Naudzubillah, yang namanya perkara harom walaupun ulama membagi ini ada dosa besar ni ada dosa kecil tapi kita harus renungkan ini kemaksiatan kita melanggar perintah siapa? Bukan perkara kecil,. bukan perkara kecil,.. bukan perkara kecil,.. harus kita tanemkan didalam hati kita hal ini.

Terkadang kita ketika melakukan kesalahan kepada seseorang urusan dunia kita pusing tapi tak pernah kita pusing atas satu dosa yang kita lakukan, kita bisa menangis karena urusan hutang problem dunia tapi urusan dosa besar lakukan tidak ambil pusing. Ini tiada lain karena keimanan kita yang lemah dalam hati, mudah-mudahan Allah kuatkan keimanan kita,. Amiin.

Dan tujuh perkara yang bakal disebutkan sekarang bukan perkara yang main-main kalo saya bilang perkara dosa kecil siapa yang kita langgar. Ni perkara yang tujuh yang bakal disebutkan “…………..” yang akan membinasakan seseorang yang menghancurkan seseorang tujuh perkara; yang pertama nabi bilang “……………” syirik kepada Allah. Apasih artinya Syirik kepada Allah? …….mensekutukan Allah artinya besri’tiqod didalam hati bahwasanya ada tuhan bersama Allah selain dari pada Allah ato percaya ber’itiqod berkeyakinan ada sesuatu yang bersama Allah yang pantas dia sembah, dia menganggap Ada tuhan selain Allah, ada syirik mensekutukan Allah atau , menduakan Allah utau menganggap ada tuhan selain Allah ini perkara ngga sepele, ini perkara besar untuk menghapuskan ke syirikan semacam inilah Allah mengutu para nabi-nabi, dosa-dosa apapun diampuni ama Allah kalau seseorang mau bertobat dengan kesungguhan kepada Allah, tapi perkara syirik selama dia kagak mau beriman sama Allah ngga ada ampunan Allah bagi dia, Naudzubillah, ditutup udah sama Allah. Itu yang pertama.

Yang kedua “………….” mainan syihir, tau sihir? Dan diantara bentuk yang mirip dengan sihir ni dinegeri kita ada namanya santet, apalagi tau? teluh, macem-macam deh namanya tuh dosa besar. Berat tuh urusannya sama Allah main begituan dosa besar, percaya ama yang demikian juga dosa besar, dia percaya ada kekuatan dari begituan, dia ketakutan eh ente gak punya tuhan? Ente ngga punya Allah? itu semuanya tidak ngga ada artinya dihadapan Allah, dateng ketukang sihir untuk sihir orang dia benci ama orang dia kerjain orang, datengnya ketukang sihir itu merupakan dosa besar. Jadi tukang sihir tukang santet juga dosa besar sama Allah urusannya berat sama Allah. Itu yang kedua.

Yang ketiga “…………….” membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan haknya, apa artinya dengan haknya? Jiwa yang boleh dibunuh oleh Allah itu ada aturannya didalam syariat, diantaranya pertempuran dimedan perang melawan orang-orang kafir yang harbi setelah yang dinyatakan oleh pemerintah bahwa mereka adalah kafir harbi. Ngga sembaranga melihat orang kafir sembelih harom hukumnya, saya nyatakan semacam itu main ngebom sana ngebom sini, bingung ajaran dari mana? Nabi bikin begitu? La Wallah.. nabi bilang,”…………” barang siapa yang mengganggu seorang dimmi, tau dimmi adalah seorang kafir yang mempunyai perjanjian dengan pemerintah yang dibeikan keamanan, ni seperti orang orang kafir non muslim dinegeri kita.

Orang yang yang semacam ini ngga bakal masuk surga kata nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasalam, ngga bakal cium wanginya surga kat Rasulullah yang menggangu dimmi makanya jangan percaya sama orang yang mengatasnamakan jihad. Jihad darimana? Kita kenal islam ngga begini. Wali songo yang membawa islam ngga pernah ngebom orang. Oh zaman dulu ngga ada bom bib, ngga pernah nyembelih orang, ngga pernah kita mendengar beginian, darimana? Darimana asalnya? La ilaha illah.

Terus ngga cukup sampe disitu orang-orang yang beda aliran walaupun muslim dicap hadza musyrik kafir mubtadi darahnya halal. La ilaha illah,.. jihad apa? Darimana jihad semacam ini? Yang ada hanya kesesata, kesesatan, kesesatan. Dan setiap orang itu dikatakan didalam hadits nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasalam setiap orang bikin dosa apa-apa masih bisa diampuni oleh Allah SWT, tapi kalo udah ngebunuh nyawa yang tidak dihalalkan oleh Allah SWT, waduh urusannya berat ngga diharapkan matinya khusnulkhotimah tuh orang, sampe ulama bilang diantaranya Sayiduna Abdullah ibnu Abbas bahwasanya membunuh satu jiwa itu ulama merekka ada yang mengatakan bahwasanya dosanya seperti syirik billah dosanya ngga diampuni Allah, makanya hati-hati ni bukan hal sepele, jangan percaya ama seruan-seruan yang mengatas namakan islam oh perangi ini jihad, jihad dari mana? Jihad dari mana? Teriak Allahu Akbar..Allahu Akbar anak bininya ngga pake jilbab didalam rumahnya, teriak Allahu akbar.. Allahu Akbar anak bininya buka kotoran didalam handphonnya, Allahu akbar apa? Allahu Akbar..Allahu Akbar dunia lebih besar dimatanya, nafsunya lebih dia dahulukan daripada Allahu Akbar, sandiwara, Nabi bilang bahkan didalam haditsnya dinyatakan; “…………………………….” Rasul Shalallahu alaihi wasalam mengatakan didalam haditsusshohih, apabila dua orang muslim satu sama lain saling mengangkat pedang untuk saling bunuh, lawannya satu sama lain untuk membunuh maka nabi Muhammad bilang mengatakan maka yang membunuh dan yang dibunuh dineraka tempatnya! Rasul mensabdakan semacam ini. Teriak jihad teriak jihad silahkan mau teriak apapun, nabi menyatakan ini. Ini fatwanya Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam, siapa pun mau bawa omongan apa pun ngga ada gunanya. Rasul bilang “…………………………..” selama yang berselisih dua muslim ngga ada tempat buat dia disurga, nabi yang bilang begitu. Yang namanya darah ngga sembarangan hati-hati ni dosa sangat besar.

Alhabib Abu Bakar Al Masyhur guru kami beliau pernah bilang terkadang dia ngga bunuh orang, tapi kasian-kasian karena ngga dapet didikan, dia ngga bunuh orang tapi dia dirumah nonton televisi liat ada sekelompok orang disana sedang dibunuh, dia bilang syukurin mampus tuh kalimat itu membuat dia sama seperti yang membunuh, Naudzubillah. Dia dirumahnya ngga ke mana-mana Cuma keluar tuh kalimat itu dosanya dia ama yang ngebunuh sama. Makanya ni perkara ngga sembarangan, kita melihat ada orang celaka ada yang dibunuh urusan polisi urusan siapa…diam tutup mulut! Itu kalimat bisa membinasakan kita didalam nerakanya Allah SWT. Ni yang terjadi saat ini diberbagai negeri mengatanamakan islam untuk membunuh orang islam. Dan ambil kabar yang pasti dibalik semua ini adalah musuh-musuh islam yang mengatas namakan islam. La ilaha illah….

Kemudian diantara dosa besar makan duit riba. Bukan saya yang bilang, Annabi yang bilang. Tuh makan duit riba tuh api dalam perut kita, orang yang bermuamalah muamalah riba, orang yang bermuamalah mualah riba bertransaksi riba yang punya urusan ama riba itu dilaknat oleh Allah SWT, bukan yang cuma makan duit tapi semua yang ikut andil didalam urusan riba kena laknat oleh Allah SWT, walaupun yang nyodorin kertas doang. Didalam hadits begitu nabi bilang, sama seperti minuman keras, ngga cuma yang minum kena dosa yang ikut bawa nampannya kena dosa, kena dilaknat oleh Allah. Wa riba juga sama jauhin sejauh jauhnya.

Kemudian yang berikutnya makan makan anak yatim, la ilaha ilallah, ada saya mau cerita di hadramaut ada satu orang minasholihin meninggal dunia, baru meninggal beberapa ulama dateng kerumahnya untuk melayat, begitu masuk kerumahnya itu waktu malam hari dia melihat dirumah simayit ini zaman dulu belum pake lampu beginian, masih pake lampu minyak ditarim,lampu minyak dinyalakan sebagai penerangan begitu si ‘alim ngelayat melihat didalam tuh rumah simayit ini lampu nyala saat itu pake lampu dari minyak dia bialang matikan sekarang juga! Kenapa? Udah jangan banyak tanya matikan, begitu dimatikan dia keluarin duitnya beli minyak beli lampunya pake duit ana,! Kenapa? Dia bilang ini mayit sahabat saya meninggal dunia ninggalin anak keturunan, anak keluarga, anak bini, meraka ahli waris semuanya, Cuma masalahnya salah satu dari anaknya ada yang belum baligh artinya apa? Itu anak anak yatim, ini lampu minyak dulunya milik siapa? Milik simayit, begitu dia mati jadi milik siapa? Milik ahli waris, salah satu ahli warisnya siapa? Anak yatim, berarti kita pake ini tanpa seizin dia tuh anak yatim, dan walopun tuh anak yatim ngasih izinpun belum diterima, belum waktunya dia ngasih izin. Belum baligh. Terus gimana? Matiin kita gantiin yang lain, sampai segitu ni perkara bukan perkara sepele ni dosa besar. Dia bilang matiin tuh lampu, pake lampunya ana. Kita ngga mau makan walaupun penerangan dari duitnya anak yatim, harom, dosa besar “………………” kata Allah. Yang mereka makan didalam perutnya mereka adalah api kata Allah. La ilaha illah..

Terus berikutnya “…………………..” adalah berpaling saat pertempuran, waktunya dia bertempur dia kabur, ni salah satu dosa besar. Tapi biar kita fahami hadits ya jangan kita ini terpengaruh ama omongan-omongan yang kadang, sedih kalo ngelihat seperti ini, mencatut hadits kaya tadi KH. Syukur Ya’kub bilang, mencatut hadits untuk kepentingan dia, nabi bilang diantara dosa besar adalah “kabur disaat peperangan” jelas ini omongan Rasul dibawa ini potongan hadits bagi orang-orang yang demo, yang kagak ikut demo ni haditsnya dilarang oleh Rasulullah, demo ama perang melawan orang kapir beda. Orang yang kagak ikut demo ni penakut, hadza hadits Rasulullah..! jangan kita catut yang demikian Rasulullah bilang “…………………” yang berdusta atas nama Ku (kata Rasulullah) siapin aja kasih kabar buat dia kursinya sudah disiapin didalam api neraka oleh Allah. Karena itu kita tempatkan hadits tempatnya. Pertempuran dimedan perang melawan kafir kita dilarang kalau udah terjun didalam perang untuk kabur. Walaupun nyawa taruhannya, pertempuran melawan orang kafir jangan disamakan dengan yang lain beberapa orang haus darah, kaya pampir drakula mo cari dalil-dalil dia catut apa yang dia catut dari haditsnya nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wasalam.

Dan yang terakhir disini dari yang tujuh Nabi bilang “…………………..” ………..artinya wanita-wanita suci, maksudnya suci bersih dari kotoran-kotoran ngga kenal lelaki dia tutup aurat, ……….itu terjaga, terlindungi, tertutup, perempuan-perempuan dirumah ngga kenal laki-laki, bersih, orang bae-bae, ……………ngga tau lingkungan yang ada diluar rumah, sibuk ama keimanannya sibuk ama Allah, perempuan bae-bae dirumah, terus ada satu orang main tuduh, menuduhkan suatu tuduhan main tuduh tuh perempuan, perempuan lacur, namanya “…….” itu adalah menuduhkan perbuatan lacur kepada seseorang nabi menggaris bawahi, yang namanya “……….” tuh dosa besar, dan yang semacam ini musti dijatuhi hukuman islam, apa? Dia punya orang kalo udah mengatakan fulan pelacur, itu jangan anggap sepele Cuma kita kadang denger dari infotaiment main mulut kita terpengaruh nyebarin omongan, fulan begini..fulan begini, tuh hati-hati.

Tujuan kita ngakunya tujuan bagus tapi tujuan bagus ngga begini, hati-hati ma dia ni ana kasih tau ana nasihatin ente supaya ente tidak terjerumus ama dia, dia ini pelacur. Hati-hati ni kalimat namanya “…………” artinya menuduhkan perbuatan lacur kepada seseorang. Orang yang melakukan ini pertama dia telah memikul suatu dosa besar, yang kedua itu hukumannya dia dengan mengucapkan kalimat itu maka wajib baginya untuk membawa empat saksi, uh tv sudah menyiarkan.. ngga cukup! Saksi yang gimana? Empat saksi orang-orang yang bersih dari kemaksiatan yang melihat (apa ya bahasanya , ente tau sifat mata, sifa mata tuh ada tempatnya) yang melihat tuh jarum masuk kedalam tempatnya dengan matanya empat orang, bawa saksi seperti itu baru dia dikasih hukuman pelacur. Tapi kalo ente tidak membawa empat saksi yang melihat jarum masuk kedalam lobangnya, maka ente yang dicambuk delapan puluh cambukan dan sejak itu ucapan ente ngga bakalan diterima oleh syariat agama.hadza hukum agama islam berat ini urusan apalagi kalo ini urusan tuduhan kepada orang umum secara khusus kepada wanita yang sifatnya seperti ini wanita bae-bae, dituduh macam itu, duh berat urusannya ni termasuk dari dosa besar dari tujuh dosa besar. Ini didalam hadits yang disebutkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam. Yang kemarin luput kita bahas insyaallah hadits yang berikutnya hadits yang baru insyaallah malam selasa yang akan datang.

Kemudian tentang risalatul jami’ah, kemarin kita membahas tentang sunnah-sunnahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasohbihi wasalam, diantaranya kita mulai dengan niat melaksanakan sunnah-sunnah Rasulullah didalam wudlu, kemudian kita bersiwak, mana siwaknya pada bawa ngga? Pada bawa? Ni 100 % pada bawa apa ngga? Alhamdulillah mudah-mudahan. Terus kalo ente pengen kasih hadiah bakal temen ente, ente kasih siwak. Pedagang siapin lagi, naam, ni siwak jadikan sebaik-baiknya hadiah bakal temen temen yang kita sayang. Terus lain itu daripada siwak membaca basmalah, kemudian kemarin juga diajarin do’anya, ketika membasuh kedua telapak tangan, setelah baca basmalah:………………………….. Ni udah kita bahas dalam pertemuan kita yang lalu, kemudian yang berikutnya diantara sunnahnya adalah “……………” ada tiga perkara, yang kemarin saya sudah bicara apa itu “……..” artinya berkumur-kumur, yg kedua “…….’ memasukan air kedalam hidung, yang ketiga namanya “………….” mengeluarkan air dari dalam hidung setelah dimasukan kedalam hidung, ni tiga perkara dan ada aturannya untuk mendapatkan pahala sunnah, aturannya apa? Musti teratur.

Ngga boleh ente main imtisak dulu baru kumur-kumur, ngga..! itu ada tiga berturut-turut cuci tangan membasuh telapak tangan, kumur-kumur, istimsak dan imtisar ini musti teratur ngga boleh ente imtisak dulu terus kumur-kumur terus kemudian cuci tangan,. Ngga bakalan mendapatkan pahala sunnah. Hadza dinamakan “………………” artinya sunnah terus harus mengikuti aturan mainnya. Terus dalam pertemuan yang lalu saya mengatakan bahwasanya ada sembilam macam cara berkumur-kumur dan memasukan air kedalam hidung, saya pengen koreksi saya lupa itu waktu luput sebenarnya bukan sembilan tapi ada enam macam, bagaimana macamnya? Mau disebutin semua apa ngga? Dicatet apa ngga? Insyaallah.. dipraktekin gak? Insyaallah,..

Yang pertama, dia ada dua kelompok namanya “………….” digabung. “……” dipisah. yang digabung dia ada tiga cara, sedangkan yang dipisah juga ada tida cara, jadi totalnya berapa? Enam. “……………” yang digabung, maksudnya digabug ngambil satu kali air ya, itu air digunakan untuk kumur-kumur dan memasukkan air ke hidung nama bahasa arabnya “……………”ya itu namanya wasel digabung, air untuk kumur-kumur dan hidung. “………….” yang dipisah air bakal kumur-kumur sendiri, dan bakal hidung air yang lain sendiri, jelas hadza perbedaannya. Ada tiga cara untuk yang digabung, cara yang pertama dan ini yang paling afdhol adalah tiga kali raupan air, tiga kali gayungan dengan tangan kita. Pertama kita gayung caranya gini, ya kita gayung itu air terus udah kita gayung pertama kita gunakan untuk kumur-kumur tapi jangan dihabisin semua, kumur-kumur buang airnya, terus tu air yang masih ditangan kita gunakan untuk hidung, masuk ke hidung dan keluarkan satu kali, ya kan paham. Terus ambil lagi yang kedua gunakan untuk kumur-kumur buang airnya kemudian masukin kehidung dan buang airnnya itu yang kedua. Kemudian yang ketiga kali juga begitu, faham gak? Jelas caranya? Ambil air sekali lagi yang ketiga masukin kemulut buang dari mulut masukin kehidung keluarin dari hidung ni cara yang pertama dan ini yang paling afdol.

Cara yang kedua, ( ni insyaallah kalo emang ngga nyatet insyallah dua harian lagi ada di web tulisannya bisa diakses diweb ) cara yang kedua; sama, Cuma bedanya airnya bukan tiga kali melainkan satu kali saja, bagaimana tuh ambil air gunakan sedikit bakal kumur-kumur, buang naikin ke hidung buang sekali kan tuh tapi airnya tetap satu. Kumur-kumur lagi yang kedua kali, buang naikin lagi kehidung buang dari hidung itu yang kedua airnya tetep satu yang itu juga gunakan untuk kumur-kumur yang ketiga buang kemudian masukan kehidung untuk yang ketiga kali terus buang. nah itu caranya, airnya satu kali untuk sekaligus enam kan, kumur-kumur hidung, kumur-kumur hidung, kumur-kumur hidung, jelas? Itu cara yang kedua.

Cara yang ketiga juga begitu satu kali air cuma bedanya kumur-kumur kalo tadi kan ke hidung langsung, kumur kumur buang ni kumur-kumur lagi yang kedua buang terus kumur-kumur yang ketiga buang terus masuk kehidung yang pertama buang, hidung yang kedua buang, hidung yang ke tiga buang, nah itu tiga cara gabungan, yah ini ente sudah catat kalo ente ngga bisa ngga sempet entebisa dapetin di webset, ya ente amalin kadang bisa pake yang ini bisa pake yang itu bisa pake yang lain-lain dan yang paling afdol yang pertama yang seperti saya bilang tadi, tiga gayungan air setiap gayungan untuk mulut dan hidung. Itu yang namanya wasel.

Adalagi yang namanya qotl dipisah carakumur-kumur dan hidung, apa caranya? Yang pertama dua gayungan air gayungan air yang pertama digunakan untuk kumur-kumu, gimana caranya ambil gayungan pertama kumur-kumur buang , kumur-kumur buang, kumur-kumur buang selesai tiga kali. Ambil gayungan yang kedua gunakan untuk hidung hidung sekali buang hidung kedua kali buang hidung ketiga kali buang selesai cara pertama. Dipisahkan? Bisa apa ngga tuh? Nyambung ngga nih ama omongan ana? Toyyib. Tuh yang pertama.

Yang kedua “………………….” ini enam gayungan air. Bagaimana caranya? Ambil gayungan pertama gunakan untuk kumur-kumur itu selesai. Gayungan kedua gunakan untuk hidung, ya sekali- sekali, gayungan yang ketiga untuk kumur-kumur yang kedua. Ya, kemudian gayungan yang ke empat untuk hidung ke dua, gayungan kelima untuk kumur-kumur ke tiga, dan gayungan yang ke enam untuk hidung yang ke tiga. Jelas? Toyyib. Jadi enam kali Cuma begitu; mulut idung, mulutidung dan seterusnya. Yang terakhir, cara yang terakhir juga begitu enam gayungan cuma bedanya ama yang sebelumnya kalo yang sebelumnya kan mulut hidung mulut hidung, kalo yang ini ngga, mulut tiga kali gayungan mulut buang, gayungan yang kedua mulut lagi buang, gayungan yang ketiga mulut lagi yang ketiga buang, terus ambiI lagi gayungan untuk hidung pertama kedua dan begitu seterusnya selesai, na’am.

Ini enam macam cara semuanya sunnah dari pada sunnahnya nabi besar Muhammad shalallahu’alaihi wassalam kalo kita amalkan dapet pahala yang besar dari Allah SWT, terus yang terakhir ni masih ada sedikit lagi, “……………..” ketika kumur-kumur itu dianjurkan airnya untuk sampai ke dalam, jangan Cuma di ujung bibir saja, tapi kumur-kumur ampe kedalam terus kita gerakan itu airnya didalam mulut kita baru kita buang. Dan sunnah ngga Cuma didalam mulut ampe kedalam ini baru keluarin tuh sunnah kecuali pada saat berpuasa, saat berpuasa ngga boleh yang namanya “…………..” sebab dapat membatalkan puasa kalau airnya masuk kedalam lagi, karena itu yang namanya “…………..” artinya masukin air kedalam sini nih pada saat puasa dilarang, ngga boleh. Sebab kalo udah keterlanjuran batal puasanya dan dosa dia sehingga untuk puasan yang namanya “………” yakni menyampaikan air sampai ke tenggorokan,itu tidak disunnahkan dan tidak dianjurkan. Ini sunnah hanya selain untuk puasa, selain puasa boleh. Jelas?

Yang terakhir adalah “………………….” itu tiga kali – tiga kali, ni semuanya dilakukan tiga kali –tiga kali dari yang siwak, dari yang namanya cuci tangan madmadoh, istimsak dan yang lainnya ini dilakukan tiga kali- tiga kali. Nah ini kalo kita sudah tau semuanya nah ini yang selama ini kita bahas adalah sunnah-sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan pada saat pertama kita wudlu sampai saat sebelum membasuh muka, nih kita belum membasuh muka kan? Nah kita punya kewajiban yang musti kita lakukan didalam wudlu membasuh muka. Kapan membasuh muka? Nah abis ini semua baru membasuh muka dengan kewajiban niat. Nah itu membasuh muka ada macam-macam sunahnya insyaallah akan kita bahas dalm pertemuan kita yang akan datang. Wallahu’alam bisowab…

Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan bisa difahami dan bisa dijadikan sebagai pedoman kehidupan kita dan bisa kita ajarkan kepada anak keluarga dirumah kita wa mudah-mudahan apa yang kita dengar ini bawa manfaat sekalian. Terus saya mau ingatkan bentar lagi ni hari hari senin, besok rabu hari rabu pagi haul diempang bogor daripada Al Imam Al qutub Sulthonin Aulia Alhabib Abdullah bin Muhsin Al Attas. hari rabu pagi yang punya kesempatan untuk hadir biar pada hadir,.

Na’am wa kemudian sorenya jam lima rouhah dikwitang dan magribnya ziaroh Alhabib Ali bin Abdurahman Al Habsyi dikwitang, kemudian kamis sore hadza maulid akhir khamis sore yang paling berkah tuh noh dia tuh tuh awal segalanya dari situ dari zaman Alhabib Ali bin Muhammad Alhabsyi disewun ampe dateng kemari tuh maulid tuh berkah, yang pada punya kesempatan untuk hadir pada hadir..

pada hadir, jangan sia-siakan perkumpulan macam itu. Terus juga juga lepas itu ada juga acara-acara yang lain ditempat habib Ali bin Abdurahman AsSeggaf hari jum’at subuh terus sabtu pagi juga di Alhawi juga kemudian dibeberapa tempat, kemudian setelah alhawi nah ditempatnya habib Muhsin malam minggu besok pada hadir insyaallah bersama Syeikh Abu Bakar bin Salim kemudian hari ahad diluar batang Habib Husain bin Abu Bakar Al aydrus kemudian dikampung bandan kemudian harin senin saya undang antum sekalian acara Haul dan Maulid saya punya kakek Al habib Salim bin Jindan kemudian setelah itu kita ketemu hari sabtu bukan kita nih orang perempuan khusus perempuan ditempat saya di Al fachriyah ciledug, orang-orang perempuan yang bisa hadir insyaallah berkah hari sabtu yang akan datang tanggal 8 februari sampe setengah dua belas khusus untuk perempuan, yang bakal kita insyaallah ahri Ahadnya tanggal 9 februari untuk laki laki dan peerempua juga bisa hadir. Jadi di Al fachriyah kita bikin dua kali sabtu untuk perempuan khusus dan Ahad untuk laki-laki dan perempuan jam 9 pagi, kemudian yang punya kesempatan bisa ambil keberkahan untuk hadir haul Al Habib Ali Habsyi disolo insyaallah dapet berkahnya banyak dunia dan akhirat siapa tau jadi penyebab masuk surganya Allah SWT..

Mudah-mudahan Allah kasih bimbingan kepada kita sekalian memberikan taufiq kepada kita sekalian, kurang lebihnya minta maaf wassalamu alaikum…………

http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=454&Itemid=30

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *