suluk

Risalah Islam adalah risalah rahmat untuk orang lain, karena kita baik atau tidak itu sangat terkait dengan orang lain.

Sedang yang dinamakan ibadah adalah bertemali dengan Allah.

Allah sendiri meminta Nabi Muhammad SAW untuk menyentuh semua makhluk.

tarekat adalah penyelamatan pada diri kita.

Risalah adalah mengolah kebebasan kepada kebaikan.

Nabi Muhammad adalah pokok dari substansi yang bersama Allah sebelum semua wujud.

Seluruh makhluk bersengaja kurang ajar dengan Allah, tapi rahmat Allah tetap meliputi semua semua dengan diorganisasikan oleh nabi Muhammad SAW.

AKhirat adalah pertanggung jawaban terhadap rahmat Allah.

Suluk seharusnya dilakukan selama 40 hari bahkan syekh nadzim dapat melakukan suluk hingga 2 tahun. dan Suluk adalah fokus kepada akhirat.

Selamat datang wahai nabi Muhammad SAW, hati kami selalu fokus kepadamu, jika kami tidak membawa apapun menghadap Allah, perkenankanlah kami membawa fokusku kepada nabi.

Suluk adalah prosesi mengendalikan ego.

Naqsybandi adalah setiap nafas diperhitungkan, apakah mengukir Allah di hati?

Orang selalu bersama dengan yang dikatakan juga yang dicintainya.

bila kamu ingin mengetahui siapa dirimu, maka lihatlah tanggapan orang lain padamu.

tarekat adalah pengkondisian ego agar selalu lurus.. dan Seorang wali adalah orang yang selesai melawan egonya untuk menghadirkan nabi untuk orang lain.

jadi tarekat adalah menghadirkan nabi.

Suluk adalah segala yang tersisa dari pejalan kepada Allah.

Tarekat adalah berjalan ke akhirat dengan bimbingan dengan harus bersungguh-sungguh, rendah hati dan semua termaktub dalam adab dan yang terberat adalah adab terhadap syekh.

Nabi Adam tergoda oleh iblis karena terlepas dari nabi Muhammad SAW, 200 tahun beliau berdiri diatas satu kaki dan beristighfar dan tidak direspon. tapi kemudian beliau memohon ampun dengan nabi Muhammad, maka diampuni.

Suatu ketika nabi Muhammad bertemu dengan iblis, iblispun berkata, “aku disuruh Allah untuk menghadap dan menjawab dengan jujur” tak berani menentang, bagaimana dengan kita? dan orang yang paling tidak disukai iblis adalah nabi Muhammad.

Suluk adalah jangan mengizinkan ego salah.

Semua orang akan mendapat apa yang dijanjikan Allah walau melalui petaka orang lain yang tidak menahan egonya.

Suatu saat nabi Musa sangat sulit terhubung dengan Allah, kemudian nabi Musa tidur bermimpi bertemu dengan imam ghozali, nabi Musa pun bertanya nama dari orang yang ditemuinya itu, siapakah namamu? imam ghozali menjawab “abu hamid, muhammad bin muhammad bin muhammad bin muhammad bin muhammad bin muhammad bin muhammad” mengapa kamu nama orang tuamu, aku kan hanya tanya namamu saja? cukup kamu mengatakan abu hamid, imam ghozali balik bertanya “apakah yang kamu pegang itu?” ini adalah tongkat dari Allah bla bla bla”loh siapa yang tidak tahu itu? mengapa juga kamu tidak cukup mengatakan tongkat? aku menyebut nama nabi Muhammad SAW 7x agar selalu bertemali dengan beliau” Nabi Musapun bangun dan beristighfar dengan baterai full terhubung dengan nabi Muhammad dan Allah.

Suluk adalah untuk orang yang terbangun hasrat untuk bertemali dengan nabi

Suluk besok, terdiri atas 10 hari persiapan, kemudian 10 hari dilaksanakan dengan total dan puncaknya 23 sya’ban haul mbah mualim yang dengan seenaknya bersama dengan nabi khidir.

Suluk adalah memori di shutdown karena orang itu sesuai yang masuk pada memorinya.

Dulu ketika Syekh nadzim ke Indonesia, berkunjung ke Kyai Taufiq pekalongan, beliau memamnggil syekh musthofa dan syekh hisyam, beginilah adab ketika bersama syekh, seperti mereka santri-santri kyai taufiq yang bahkan tidak berani mengangkat wajahnya, mereka hanya melihat jempol kakinya. dan syekh nadzim memerintahkan syekh musthofa membuat murid melihat jempol kakinya

Suluk adalah arus berkah dari Syekh Nadzim.

Suluk adalah mengkoordinasikan nafas dan langkah kaki.

Nabi pernah sujud lama karena leher beliau diduduki sayyidina husein.

Sayyidina Alipun pernah dicabut panah dalam punggung dan tidak terasa ketika sedang sholat.

Nabi suatu saat berkata bahwa semua hal sudah disampaikan, maka tidak mau ada tanggungan dengan makhluk, maka ada sahabat yang bilang, “wahai rosululooh, engkau pernah bersalah, salah cambuk pada perang badar” mendengar itu para sahabat tidak tega, sayyidina huseinpun maju hendak menanggungnya, tetapi tidak diizinkan nabi, dan ketika nabi membuka baju beliau, akasah “sahabat tersebut” langsung mencium punggung nabi yang ada cap kenabiannya, karena itulah ada doa akasah.

Tarekat adalah dibimbing oleh mursyid, dengan niat, himma dan mujahadah.

Syekh musthofa suatu kali menunggu bis eka, kemudian didatangi gembel (miftah), ia bilang bahwa ia diangkat oleh mbah mu’alim dari comberan, iapun berkali-kali mengagungkan Allah, kemudian ia mencium tangan syekh musthofa dan syekhpun memberinya uang 50 ribu secara tidak terasa, “suka-suka yang kita remehkan itu adalah kiriman dari Allah untuk mengingatkan kita kepada Allah, hal tersebut adalah irsyad dari mursyid  untuk terhubung dengan Allah”

Suluk, tidak akan ada yang mampu melakukan suluk, maka mintalah dukungan Allah, Nabi, wali, guru

Suatu waktu Sahabat Ali ra. pernah meminta kepada nabi “ajari aku ya Rosululloh bagaimana cara berdzikir” nabi pun memerintahkan sahabat Ali untuk tutup telinga, tutup mata, tempelkan lidah di cetak (langit-langit mulut dekat gusi depan) dan nabipun memasukkan dzikir ke hati sayyidina Ali, kemudian dari hati sayyidina Ali keluarlah dzikir.

dzikir itu naik turun, keluar masuk seperti piston mesin yang bergerak, bila ALfatihah dibaca dengan hati naik turun (piston) maka Allah akan menjawabnya.

Syekh Hisyam berkata, barang siapa membaca sholawat Nuroniyah maka sama dengan 800.000 dalailul khoirot.

bayar dengan hati ! dibaca 7x memastikan tempat disurga kelak.

Kiamat adalah hilangnya kesadaran tentang rahmat Allah, lupa Allah, lupa Nabi.

Suluk adalah jalan ke kuburan,

tidak menganggap Rosululloh maka kamu akan menjadi pecundang.

Zawiyah bukan tempat menggugurkan kewajiban kita, tapi tempat mempertaruhkan kehangatan, kebersamaan.

 

Catatan  di Graha Adi Kebraon tanggal 3 mei 2012

Maaf tidak teratur, karena hanya sedikit, sedikit dan sepotong-sepotong saja yang dapat saya serap walau belum juga dapat memahaminya

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *