video bumper

apa ya pengertian video bumper?

mendengar pertanyaan gitu, kok jadi ikut mikir ….

so search dari Internet dan wal hasil ….

opening sequence (bumper) biasanya berdurasi 15-25 detik, sebagai pembuka acara yang isinya memperlihatkan kepada pemirsa tentang kareakter program yang akan disuguhkan”.

melanie Goux dalam buku “on screen in time, transition in motion graphic design for television and new media” bumper in and out adalah  “bumper is short clips in animation which are broadcast at the end of program segment, but before a commercial, or beginning of a program bumper betwaeen programs and commercial spots” bumper adalah animasi pendek yang berapa pada akhir sebuah program, sebelum masuk sebuah iklan, atau bagian awal pada sebuah program saat pergantian dari iklan menuju program”.

atau disimpulkan bumper adalah animasi pembuka atau penutup dalam sebuah program video yang merupakan animasi pendek yang menggambarkan identitas sebuah acara atau instansi. Dengan adanya bumper tersebut acara atau instansi tersebut akan mudah dipahami oleh pemirsa tanpa perlu penjelasan yang panjang lebar.

 

Bumper dibagi menjadi 2 kategori. Bumper in yaitu signature untuk mmasuk ke segmen dalam program video. dan bumper out yaitu signature tanda segmen itu berakhir. atau lebih jelasnya dalam setap acara TV berlangsung selalu diselingi oleh beberapa iklan, jeda antara acara TV dan iklan itulah bumper muncul.

Bumper biasanya menampilkan kesan dan pesan terhadap acara yang sedang berlangsung, tipografi, warna, efek-efek yang digunakan, maupun objek-objek visual, sampai musik (backsound) yang mendukug atau menghidupkan suasana.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *